crossorigin="anonymous">
<strong>10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dan Ampuh</strong>

10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dan Ampuh

<strong>10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dan Ampuh</strong>
10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dan Ampuh

Cara mengobati gigi berlubang yang sakit ada beberapa penanganan yang bisa anda lakukan di rumah. Berbagai cara tersebut bisa anda terapkan sebagai pengobatan alternatif selain ke dokter yang cukup hemat biaya.

Kendati demikian cara mengobati gigi berlubang yang sakit  secara alami adalah pengobatan sementara, jika sakit gigi yang anda alami makin menjadi-jadi, disarankan untuk berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan perawatan.

Namun beberapa cara yang akan kami bagikan disinyalir akan manjur Ketika sakit gigi menyerang tiba-tiba dan belum sempat berkunjung ke dokter. Yuk simak 6 cara dari kami agar sakit gigi anda bisa teratasi!

Cara mengobat gigi berlubang yang sakit tanpa ke dokter

1. Menggunakan Kompresan Es

Cara mengobati gigi berlubang yang pertama ini sangat sederhana dan simpel untuk anda lakukan dimana saja. Anda cukup membungkus beberapa bongkahan es batu ke dalam kain.

Setelah itu cukup tempelkan bongkahan es tersebut ke bagian pipi yang terasa sakit. Dengan rasa dingin yang ditimbulkan dari es batu membuat bagian saraf yang jadi pemicu nyeri gigi bisa mereda untuk sementara.

Untuk pemakaian sehari-hari, anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari tergantung seberapa sering nyeri itu menyerang.

Selain kompresan es, anda juga bisa menggunakan air dingin yang kemudian digunakan untuk berkumur-kumur.

2. Menggunakan cengkeh

Cara mengobati gigi berlubang yang kedua adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkih tersendiri sudah dikenal lama bisa mengatasi sakit karena mengandung eugenol yang terbukti bisa mengatasi nyeri karena gigi berlubang.

Sederhana saja mengobati sakit gigi menggunakan cengkeh, anda cukup menggigit bagian batang cengkeh yang masih utuh selama beberapa detik ke bagian gigi yang sakit. Selain itu bisa juga menggunakan minyak cengkeh yang ditempelkan ke bagian gigi yang sakit menggunakan kapas.

BACA JUGA :  Jokowi Teken PP Baru, Direksi BUMN Dilarang jadi Pengurus Parpol

Namun penggunaanya harus pas karena mempunyai efek samping iritasi dan pendarahan. Minyak cengkeh juga berbahaya jika tertelan sehingga harus hati-hati dalam pemakaiannya.

3. Berkumur-kumur menggunakan air garam

Cara mengobati gigi berlubang yang ketiga adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Berkumur-kumur menggunakan air garam memang sudah terkenal bisa mengobati sakit karena gigi berlubang sejak zaman dulu.

Penggunaanya juga sangat mudah, cukup larutkan satu sendok garam ke segelas air hangat dan berkumur menggunakan air tersebut 2-3 kali hingga sakit yang anda rasakan bisa mereda.

Berkumur menggunakan air garam memang sangat bermanfaat untuk Kesehatan mulut dan gigi karena dapat membunuh bakteri jahat yang ada dalam mulut.

4. Rajin Sikat Gigi

Cara mengobati gigi berlubang yang selanjutnya adalah dengan rajin sikat gigi. Lubang yang muncul pada gigi bisa jadi disebabkan karena jarang menyikat gigi secara teratur.

Namun jika sudah terlanjur mengalami gigi berlubang, anda bisa memperbaikinya dengan rajin sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride.

Kandungan Fluoride pada pasta gigi dapat mengobati gigi berlubang dan membantu meredakan nyeri pada bagian gigi. Cukup dengan 2 kali sehari, nyeri akibat gigi berlubang bisa teratasi.

Namun dalam penggunaan sikat gigi juga perlu diperhatikan, jika gigi sudah berlubang disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan menggunakan air hangat.

5. Menghindari makanan manis

Makanan yang manis bisa jadi penyebab adanya lubang pada gigi hal ini karena bakteri yang semakin meradang karena menyukai makanan manis. Untuk itu, dengan menghindari makanan yang manis bisa membantu timbulnya sakit yang berkelanjutan.

Selain menghindari makanan manis, pengidap gigi berlubang juga harus menghindari makanan dan minuman yang mempunyai suhu panas dan dingin.

BACA JUGA :  Download Apk aplikasi MyPertamina di Android untuk pembelian Pertalite

6. Minum obat Pereda sakit gigi

Cara mengobati gigi berlubang yang terakhir adalah dengan meminum obat Pereda sakit gigi. Obat Pereda sakit gigi banyak menjadi solusi dalam permasalahan nyeri karena gigi berlubang.

Dengan adanya obat Pereda sakit gigi yang beredar di apotek, pengobatan menjadi lebih mudah karena terbukti bisa meredakan nyeri tanpa bantuan dokter gigi.

Kendati demikian perlu diperhatikan mengenai peraturan pemakaian, pastikan anda membaca terlebih dahulu agar tidak melebihi dosis yang sudah ditentukan.

Banyak orang yang percaya bahwa obat Pereda nyeri ini bisa langsung ditempelkan pada bagian gigi dan gusi agar lebih manjur. Namun cara tersebut salah karena dapat menimbulkan rasa terbakar pada gigi dan gusi.

Cara mengobati gigi berlubang dengan ke dokter

Jika beberapa cara mengobati gigi berlubang tanpa bantuan dokter belum bisa membuat nyeri mereda, anda harus melakukan pengobatan ke dokter.

Biasanya dokter akan mengobati dengan beberapa cara seperti yang akan kami bahas di bawah ini

1. Menambal Gigi

Cara mengobati gigi berlubang yang umumnya dilakukan oleh dokter adalah dengan menambal gigi yang berlubang sehingga rasa sakit pada bagian tersebut bisa mereda. Pengobatan ini dilakukan dengan menutupi bagian gigi berlubang dengan bahan khusus yang bisa meredakan nyeri gigi.

Dengan menutupi bagian tersebut, pembusukan dalam gigi akibat bakteri bisa tercegah sehingga meminimalisir resiko sakit yang berkelanjutan.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan dokter untuk menambal gigi berlubang, mulai dari emas kuning, porselen, komposit resin hingga amalgam.

2. Memasang mahkota gigi tiruan atau Crown

Tidak semua lubang pada gigi bisa ditambal, terlebih jika lubang tersebut cukup besar. Namun untuk  mengobati lubang yang besar itu, dokter biasanya memasang mahkota gigi tiruan atau sering disebut Crown.

Mahkota gigi tiruan tersebut bisa menutupi seluruh bagian gigi yang berada di atas gusi sehingga bagian lubang bisa tertutup dengan baik.

BACA JUGA :  10 Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan bahan mudah

Menariknya, pemasangan crown bisa membuat gigi lebih indah karena dapat memperbaiki struktur gigi.

3. Root canal

Pengobatan sakit gigi oleh dokter yang selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan pada saluran akar atau root canal. Cara ini dapat mengatasi pembusukan pada bagian tengah gigi menyerupai akar.

Pengobatan root canal dilakukan pada gigi yang berlubang besar dan memiliki infeksi pada saluran pulpa. Maka dari itu dokter akan mengangkat pulpa dan saluran saraf yang terinfeksi dan menambal bagian tersebut dengan semen khusus.

4. Mencabut gigi

Mencabut gigi adalah Langkah terakhir yang bisa dilakukan dokter untuk menyembuhkan gigi berlubang. Pengobatan ini dilakukan jika infeksi pada gigi berlubang terlalu parah dan tidak bisa dilakukan pengobatan root canal.

Alhasil tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain mencabut gigi tersebut agar tidak mengalami sakit berkelanjutan.

Dalam proses pencabutan gigi biasanya dilakukan pembiusan terlebih dahulu agar selama proses pencabutan, pasien tidak akan merasakan sakit sama sekali karena jaringan gusi sudah mati rasa.

Itulah beberapa cara mengobati gigi berlubang tanpa bantuan dokter dan dengan penanganan dokter. Gigi berlubang bukanlah sakit yang sepele, maka dari itu, anda harus menjaga Kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi dan menjaga asupan makanan.

About Bangkit Sri lugina

<strong>10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Sakit Dan Ampuh</strong>

Check Also

Foto : Tangis Greysia Polii Saat Pamit

Pebulu tangkis ganda putri, Greysia Polii berkeliling lapangan dan menyapa suporter usai mengumumkan pengunduran dirinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *