crossorigin="anonymous">
<strong>10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat Dan Ampuh</strong>

10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat Dan Ampuh

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat menjadi ilmu yang sangat penting. Terlebih gejala mata bintitan itu sangat menyebalkan dan mendapatkan stigma negatif dari orang lain. 

<strong>10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat Dan Ampuh</strong>
10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat Dan Ampuh

Yaps, orang yang mengalami gejala mata bintitan banyak orang yang menganggap telah mengintip orang. Padahal tidak demikian, secara penjelasan ilmiah, mata bintitan disebabkan karena kulit mati atau minyak berlebih yang membuat kelenjar minyak tersumbat.

Bakteri akan tumbuh pada kelenjar yang tersumbat sehingga menyebabkan munculnya bintit pada bagian kelopak mata. Kendati demikian, mata bintitan adalah bukan penyakit yang menular.

Munculnya benjolan pada bagian mata tersebut akan menimbulkan efek nyeri pada bagian kelopak mata, mudah berair, dan mata menjadi gatal. Tak hanya itu, mata bintitan juga membuat pengidapnya merasa tidak pede.

Untuk itu, pada artikel ini kita akan bahas cara mengobati mata bintitan dengan cepat dan tanpa bantuan dokter, yuk simak selengkapnya!

10 Cara mengobati mata bintitan dengan cepat dan ampuh

1. Obati dengan kompresan air hangat

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat yang pertama adalah dengan menggunakan kompresan air hangat. Langkah paling sederhana ini bisa anda terapkan saat pertama kali muncul gejala mata bintitan. 

Kompresan air air hangat secara efektif bisa meredakan mata bintitan karena efek hangatnya bisa membantu melahirkan nanah serta minyak sehingga benjolan bisa mengempis perlahan-lahan. 

Namun perlu anda perhatikan, suhu air kompresan tersebut jangan terlalu panas. Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam air hangat dan menempelkannya secara lembut ke bagian mata bintitan. 

Anda bisa melakukan terapi kompresan air hangat ini sebanyak 3-4 kali sehari sampai benjolan pada mata bisa mengempis. 

2. Membersihkan dengan sabun 

Salah satu penyebab mata bintitan adalah karena terdapatkan bakteri pada kelopak mata, untuk itu anda harus membersihkannya menggunakan sabun. Namun tidak semua sabun bisa anda gunakan untuk mengatasi mata bintitan.

BACA JUGA :  Jokowi Teken PP Baru, Direksi BUMN Dilarang jadi Pengurus Parpol

Sabun yang aman untuk membersihkan bakteri di kelopak mata berjenis hipoalergenik sehingga tidak menimbulkan efek iritasi. Anda bisa membelinya di apotik dan meminta untuk membeli sabun hipoantrialergenik agar lebih aman. 

3. Menggunakan kantong teh

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh. Cara ini bisa menjadi alternatif selain mengompres dengan air hangat. 

Teh memang dikenal mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan salah satunya karena ada sifat antibakteri. Sifat tersebut memungkinkan benjolan pada kelopak mata  bisa mengempis dan bakteri perlahan bisa menghilang. 

Cara pengobatannya juga sangat mudah, anda cukup menyeduh teh panas seperti biasanya lalu kantong teh tersebut anda gunakan untuk mengompres bagian mata yang sakit. 

Lakukan terapi tersebut selama 10 menit dalam 1 hingga 2 kali sehari sampai mata bintitan anda mereda. Namun anda harus mengganti kantong teh tersebut setiap selesai menggunakannya. 

4. Menggunakan obat

Selanjutnya anda bisa menggunakan obat untuk mengobati mata bintitan. Dengan obat, rasa sakit yang timbul akibat mata bintitan bisa teratasi dan perlahan mengempis. 

Obat mata bintitan biasanya berbentuk obat dan anda harus membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebelum  menggunakannya agar sesuai dengan dosisi pemakaian

Namun apabila setelah obat tersebut anda gunakan dalam beberapa hari tidak ada perubahan, anda harus mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan menerima penanganan. 

5. Hindari memakai riasan dan lensa kontak

Ketika mengidap mata bintitan, anda harus menghindari riasan dan lensa agar gejala tidak semakin parah.

Hal ini karena riasan bisa membuat mata semakin iritasi sehingga proses penyembuhan bisa terhambat. 

Bukan hanya dari bahan yang terdapat pada produk riasan, namun peralatan yang dikenakan dalam menggunakan riasan tersebut tak bisa terhindar dari bakteri lain sehingga infeksi bisa menyebar lebih luas. 

BACA JUGA :  Sedih Berpisah dengan Madinah, Bahagia Segera Bertemu Makkah

Sedangkan jika anda biasa menggunakan lensa mata, alangkah lebih baik melepaskannya terlebih dahulu karena bakteri penyebab mata bintitan bisa menyebar melalui lensa mata. 

6. Gunakan antibiotik dari dokter

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan antibiotik yang diberikan oleh dokter. 

Hal ini bisa dilakukan apabila anda sudah melakukan pengobatan ke dokter dimana biasanya dokter akan memberikan obat untuk mata bintitan yang mengandung antibiotik.

Ada dua jenis obat mata bintitan, ada yang berbentuk obat tetes, ada juga yang berbentuk salep. Namun secara fungsi, keduanya sama-sama untuk meredakan rasa sakit dan benjolan mengempis. 

Selain itu, dokter juga bisa memberikan suntikan steroid agar pembengkakan yang dialami bisa mengempis. 

7. Memijat benjolan saat sudah pecah

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan memijat bagian benjolan apabila sudah pecah. Namun untuk menghindari infeksi, anda harus memijatnya dengan cara yang perlahan dengan menggunakan tisu. 

Selain itu, anda harus pastikan tangan anda sudah bersih dan tisu yang anda kenakan baru. Namun apabila benjolan yang anda pijat terasa sakit, jangan teruskan. 

Biasanya mata bintitan mempunyai masa penyembuhan dari 7-10 hari, selama masa penyembuhan anda harus menjaga kebersihan mata agar terhindar dari bakteri dan infeksi. 

8. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengobati mata bintitan dengan cepat  yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian sekitar mata. Minyak kelapa memang terkenal bisa mengobati berbagai masalah kulit seperti bintitan karena mengandung sifat antijamur, antibakteri hingga anti-inflamasi. 

Cukup mudah mengobati mata bintitan menggunakan minyak kelapa, anda cukup tuangkan minyak kelapa ke wadah bersih lalu oleskan pada aren bintitan. Biarkan minyak tersebut meresap ke kulit anda dan ulangi setelah kulit tersebut kering. 

BACA JUGA :  Download Apk aplikasi MyPertamina di Android untuk pembelian Pertalite

Namun pastikan minyak kelapa, wadah dan tangan anda dalam keadaan bersih agar tidak menimbulkan iritasi. 

9. Menggunakan lidah buaya

Selanjutnya, anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meredakan mata bintitan. Tanaman yang mempunyai banyak manfaat ini mempunyai sifat antibakteri sehingga bisa mengatasi pembengkakan dan luka pada gejala  mata bintitan. 

Cara penggunaannya juga mudah, anda bisa menggunakan gel langsung dari lidah buaya dan bisa juga menggunakan gel lidah buaya dalam kemasan namun lebih disarankan menggunakan langsung dari lidah buaya. 

Caranya cukup mudah, anda cukup mengoleskan gel yang didapat dari daun lidah buaya dan mengoleskannya pada area bintitan. Pastikan tangan anda dalam keadaan bersih ketika mengolesnya dan bisa diulangi hingga 4 kali sehari.

10. Menggunakan larutan cuka apel

Cara mengobati mata bintitan yang terakhir adalah dengan menggunakan larutan cuka apel. Cuka apel dikenal mempunyai sifat anti inflamasi, antibakteri dan antiseptik sehingga dapat membantu meredakan mata bintitan. 

Caranya cukup mudah, anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air matang dengan perbandingan ⅓ (lebih banyak air), setelah itu letakkan dalam kulkas selama 3 jam. Setelah itu, anda bisa mengoleskannya ke bagian mata bintitan menggunakan kain bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa mengulangi pengolesan menggunakan cuka apel ini hingga 5 kali sehari.

About Bangkit Sri lugina

<strong>10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat Dan Ampuh</strong>

Check Also

Foto : Tangis Greysia Polii Saat Pamit

Pebulu tangkis ganda putri, Greysia Polii berkeliling lapangan dan menyapa suporter usai mengumumkan pengunduran dirinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *