10 Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan bahan mudah

10 Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan bahan mudah

Webazril.com – Cara mengobati sakit gigi secara alami perlu dipelajari bagi anda yang mempunyai permasalahan gigi namun enggan untuk ke dokter. Gigi tersendiri merupakan salah satu organ vital yang berguna untuk mengunyah makanan.

Cara mengobati sakit gigi memang idealnya dengan mengunjungi ke dokter gigi, namun biasanya ketika anda berkunjung ke dokter gigi biasanya anda akan diberikan obat pereda nyeri yang dikonsumsi setiap sakit gigi kambuh.

Namun jika dalam keadaan darurat anda bisa menggunakan cara mengobati sakit gigi secara alami dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh dari rumah. Yuk simak tata cara mengobati sakit gigi secara alami pada artikel di bawah ini

Cara mengobati sakit gigi secara alami

Ada beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Sakit gigi yang biasa anda alami mungkin saja karena gigi berlubang, infeksi, gusi bengkak dan lain-lain.

Hal tersebut tentu sebaiknya diperiksa ke dokter, namun anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini sebelum memutuskan pergi ke dokter.

1. Berkumur menggunakan air garam

Cara mengobati sakit gigi secara alami yang pertama adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Langkah ini dipercaya bisa menjadi pertolongan pertama anda ketika mengalami sakit gigi.

Dengan berkumur menggunakan air garam, segala sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi bisa teratasi. Selain itu larutan garam juga berfungsi untuk menyeimnangkan Ph dalam mulut hingga membuat bakteri kesulitan untuk hidup di dalam mulut.

Caranya sangat mudah, anda cukup melarutkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat kemudian air tersebut bisa anda pakai untuk berkumur-kumur. Untuk hasil yang optimal, anda bisa melakukannya sehari dua kali sampai hingga nyeri pada gigi mereda.

BACA JUGA :  Foto : Ekspresi Anthony Ginting Gagal Melaju ke Final Indonesia Masters

2. Menggunakan cengkeh

Cara mengobati sakit gigi yang kedua adalah dengan menggunakan cengkeh. Menurut penelitian dari Journal of Dentistry mengungkapkan sekitar 78-95 persen senyawa eugenol dalam cengkeh dapat meredakan rasa nyeri secara alami.

Bahkan beberapa dokter gigi juga menerapkan perawatan menggunakan eugenol untuk meredakan rasa nyeri. Ada beberapa macam cara penggunaan cengkeh dalam mengobati sakit gigi, ada yang menggunakan dengan cara mengigit batang cengkeh, ada juga yang menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke minyak cengkeh.

Namun anda harus hati-hati saat menggunakan cengkeh karena bisa membuat gusi anda terasa terbakar hingga kerusakan jaringan saraf di sekitar gigi.

3. Daun Jambu

Selanjutnya, daun jambu juga bisa mengobati sakit gigi loh. Hal ini karena ada karena daun jambu mempunyai sifat anti radang serta antimikroba yang bisa mengobati rasa nyeri saat sakit gigi.

Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun jambu dapat merasakan rasa sakit akibat penyakit periodontitis penyebab gigi sakit.

Ada dua cara pemakaiannya, pertama anda bisa mengunyah 1-2 lembar daun hingga sari-sarinya keluar yang kemudian bisa dioleskan ke bagian gigi yang sakit menggunakan lidah. Kedua, anda bisa merebus 4-5 lembar daun yang kemudian airnya disaring dalam gelar, biarkan hingga hangat dan tambahkan garam yang kemudian air tersebut bisa digunakan sebagai obat kumur.

4. Bawang Putih

Selanjutnya, ada bawang putih yang bisa membantu meredakan sakit gigi karena terbukti bisa membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Bahkan penggunaan bawang putih memang sudah sejak dulu bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. 

Anda cukup mengunyah bawang putih utuh dalam beberapa menit pada sisi mulut yang nyeri. Selain itu anda juga bisa mengiris tipis bawang dan menempatkannya ke bagian gigi yang sakit. 

BACA JUGA :  Jokowi Teken PP Baru, Direksi BUMN Dilarang jadi Pengurus Parpol

Namun karena mempunyai sifat seakan terbakar, anda disarankan untuk tidak membiarkan lama bawang putih tersebut di mulut anda. 

5. Kompresan Es Batu

Cara mengobati sakit gigi secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kompresan es baru. Efek dingin yang dihasilkan dari kompresan es batu bisa menarik saraf yang membuat gigi terasa sakit. 

Kompresan es baru juga bisa membuat pembuluh darah di wajah menyempit sehingga aliran darah menuju area nyeri bisa terhambat sehingga peradangan dan bengkak bisa berkurang. 

Caranya sangat sederhana, anda bisa memasukan bongkahan es batu kecil ke dalam plastik dan dilapisi oleh kain. Lalu tempelkan es batu tersebut ke bagian yang mengalami rasa nyeri. 

6. Kunyit

Kunyit memang umumnya digunakan untuk menyedapkan masakan, namun bisa juga sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini karena terdapat senyawa cucumin yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan peradangan. 

Ada dua cara mengobati sakit gigi menggunakan kunyit. Pertama, anda bisa memarut setengah ruas kunyit dan meletakkannya pada bagian gigi yang nyeri. Kedua, anda bisa mengolahnya menjadi pasta gigi dengan mencampurkan parutan kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa sehingga membentuk krim kental. 

7. Air Madu

Madu terkenal mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini dijelaskan pada penelitian dari The Saudi Dental Journal yang mengungkapkan madu berguna untuk mencegah gigi berlubang dan radang gusi. 

Caranya juga sederhana, anda cukup mencampurkan satu sendok madu dengan segelas air, kemudian air tersebut bisa digunakan sebagai obat kumur. 

8. Peppermint

Saat ini banyak pasta gigi yang beredar dengan kandungan peppermint di dalamnya. Hal ini karena peppermint mempunyai kandungan yang dapat mematikan bakteri dalam mulut sehingga dapat meredakan sakit gigi. 

BACA JUGA :  Jenazah Eril Lewat Terminal Kargo Bandara Soetta, Polisi Pastikan Lalu Lintas Lancar

Peppermint juga mengandung menthol yang terkenal sebagai antibakteri. Untuk menggunakannya sederhana, anda merendam daun peppermint ke air panas selama 20 menit. Jika sudah anda hangat anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur-kumur atau bisa juga diminum. 

9. Cuka

Obat sakit gigi selanjutnya adalah cuka. Anda bisa menggunakan cuka dapur dan cuka apel karena mempunyai kandungan antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. 

Ada dua cara mengobati sakit gigi menggunakan cuka. Pertama anda bisa menjadikannya sebagai obat kumur dengan melarutkan 1/2 sendok cuka ke dalam segelas air hangat kemudian digunakan untuk berkumur selama 30 detik dan buang

Selanjutnya anda bisa meneteskan cuka ke kapas dan menempelkannya ke bagian gigi yang sakit, setelah itu anda bisa berkumur atau sikat gigi untuk menghilangkan rasa masam serta membersihkan mulut. 

10. Ekstrak Vanila

Pada ekstrak vanila terdapat kandungan alkohol yang bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada pada bagian gigi yang sakit. Selain itu ekstrak vanilla mempunyai sifat antioksidan yang bisa menjadi bahan pembunuh yang ampuh. 

Namun anda harus menggunakan ekstrak vanilla asli bukan yang imitasi. Caranya cukup sederhana, anda bisa langsung mengoleskan ekstrak vanilla ke area gigi yang mengalami kesakitan.

Demikian penjelasan kami tentang cara mengobati sakit gigi secara alami yang dapat menyembuhkan sakit gigi tanpa harus pergi ke dokter. Semoga dengan beberapa cara tersebut, sakit gigi anda dapat terobati dengan baik. 

About Bangkit Sri lugina

10 Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan bahan mudah

Check Also

Jenazah Eril Lewat Terminal Kargo Bandara Soetta, Polisi Pastikan Lalu Lintas Lancar

Webazril.com – Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, diperkirakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.