crossorigin="anonymous">
<strong>10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Di Usia Remaja, Manjur!</strong>

10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Di Usia Remaja, Manjur!

<strong>10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Di Usia Remaja, Manjur!</strong>
10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Di Usia Remaja, Manjur!

Bagaimana cara mengobati sakit pinggang di usia remaja? yuk simak rangkumannya di artikel ini!

Sakit pinggang memang identik dialami oleh orang yang sudah berumur dewasa atau manula. Kendati demikian, saat memasuki usia remaja juga bisa mengalami sakit pinggang loh, mengapa demikian?

Menurut dr Adhi Pasha  Dwitama yang dilansir dari laman sehatq, sakit pinggang bisa dialami oleh siapapun dan tidak memandang usia. Hal ini karena penyebab utama dari sakit pinggang adalah gangguan otot, cedera, gangguan tulang belakang dan kurangnya olahraga, penyebab tersebut bisa terjadi saat usia remaja.

Namun memang seiring bertambahnya umur akan merubah kondisi fisik yang kerap menjadi pemicu sakit pinggang. Hal ini karena ada pengurangan isi cairan di tulang belaakang. 

Berangkat dari kesimpulan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui cara mengobati sakit pinggang di usia remaja. Beberapa cara tersebut tidak perlu bantuan dokter loh, yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

10 Cara mengobati sakit pinggang di usia remaja

1. Mengompres dengan air dingin

Cara mengobati sakit pinggang di usia remaja yang pertama adalah dengan menggunakan kompresan air dingin. Yaps hanya dengan kompresan air dingin, sakit pinggang bisa mereda loh.

Hal ini diungkapkan oleh E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor terapi fisik dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland. Ia mengungkapkan kompresan air dingin dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan yang bisa jadi obat sakit pinggang yang murah dan mudah. 

Anda bisa lakukan pengompresan air dingin selama 2-3 hari dan setelahnya lanjut dengan kompresan air hangat. Langkah pengompresan air hangat ini berguna untuk mengalirkan darah dan melemaskan otot.

2. Rajin berolahraga

Cara mengobati sakit pinggang di usia remaja yang kedua adalah dengan rajin berolahraga. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga memang penting anda lakukan secara teratur. 

Jika tulang belakang jarang mendapatkan pergerakan, akan membuat badan mudah kurang sehat dan rentan sakit pinggang.

Nah untuk menghindari sakit pinggang menyerang di usia muda, anda harus lakukan olahraga secara rutin. Namun jika sudah terlanjur mengalami sakit, anda bisa tetap melanjutkan berolahraga agar tulang belakang menjadi bugar kembali. 

Namun lakukan olahraga yang tak terlalu memberatkan ya seperti jogging atau bahkan berenang santai. Hindari olahraga berat seperti lari marathon atau gym yang ekstrim karena dapat memperparah sakit pinggang. 

Setelah sakit pinggang reda, cobalah untuk membangun kebiasaan olahraga meskipun ringan. Anda bisa bersepeda atau berjalan kaki santai agar tulang belakang mendapatkan pergerakan yang sehat. 

3. Menjaga berat badan

Cara mengobati sakit pinggang di usia remaja selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Salah satu penyebab sakit pinggang adalah kelebihan berat badan yang membuat pinggang harus bekerja lebih ekstra dalam kegiatan sehari-hari.

Tekanan akan lebih tinggi apabila berat badan terlalu besar dan ini sangat tidak sehat untuk kesehatan fisik kita. Seiring dengan cara sebelumnya, anda bisa rutin berolahraga untuk menjaga berat badan dan menjaga asupan makanan.

4. Stretching 20 menit sehari

Berolahraga terlalu berat? kamu bisa melakukan stretching sekitar 20 menit sehari agar otot-otot lebih lentur. 

Anda bisa melakukan stretching setelah tubuh tidak melakukan banyak pergerakan seperti setelah bangun tidur atau duduk seharian di depan laptop. 

Faktanya, ketika seseorang duduk di depan komputer, mereka akan membungkukan badan yang menimbulkan tekanan yang besar pada area pinggang. 

Tekanan besar yang terus berlangsung lama itu akan membuat pinggang menjadi sakit, itulah yang membuat ketika selesai bekerja atau mengerjakan tugas pinggang menjadi sakit. 

Lakukan stretching sembari melakukan yoga untuk membuat peredaran darah berjalan lebih lancar.

5. Duduk dengan postur tubuh yang tegap dan lurus

Cara mengobati sakit pinggang yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Duduk dengan postur tubuh yang salah bisa berakibat fatal loh, hal ini bahkan bisa berdampak jangka panjang tubuh sering merasa pegal. 

Untuk anda yang mempunyai kebiasaan duduk dengan tubuh membungkuk atau berdiri dengan tidak tegap, coba ubah perlahan-lahan yuk. 

Anda bisa mencoba duduk dengan posisi menegakan badan dan lakukan hal yang sama ketika berdiri. 

Tak hanya itu, hilangkan kebiasaan mengambil barang berat dengan membungkuk lebih dari pinggang, cobalah untuk berjongkok untuk mengangkat barang berat. 

6. Hindari menggunakan sepatu berhak tinggi

Cara mengobati sakit pinggang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sepatu dengan hak rendah. Hal ini karena ketika menggunakan sepatu high heels, tekanan akan lebih berat pada area pinggang. 

Hindari menggunakan sepatu dengan hak lebih dari 2,5 cm agar beban pada area pinggang lebih ringan.

7. Mengubah gaya hidup

Cara mengobati sakit pinggang yang selanjutnya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satu gaya hidup yang harus dirubah adalah dengan berhenti merokok 

Selain merusak paru-paru, kandungan nikotin juga bisa membuat rasa sakit pada pinggang lebih parah loh. 

Meskipun sudah melakukan beberapa terapi penyembuhan sakit pinggang, hal itu tak akan optimal jika gaya hidup tetap buruk. 

Selain itu, alangkah baiknya untuk menghilangkan kebiasaan begadang agar kondisi fisik tubuh lebih bugar. Kurangnya jam tidur akan memicu sakit pinggang karena tekanan pada tubuh yang terus tertekan dengan besar.

8. Melakukan terapi tubuh

Cara mengobati sakit pinggang di usia muda selanjutnya adalah dengan melakukan terapi tubuh. Terapi ini tidak perlu ke dokter loh, anda bisa melakukannya di rumah dengan mudah. 

Terapi fisik ini bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh saat duduk berdiri dan kegiatan lainnya. Pengobatan ini berguna untuk mensejajarkan tulang belakang dan mengurangi tegangan pada area pinggang.

Namun anda jangan melakukan terapi tubuh  dengan asal-asalan ya. Cobalah mencari materi terapi tubuh yang baik untuk menyembuhkan sakit pinggang dari buku dan youtube. 

9. Menggunakan krim pereda nyeri

Pengobatan menggunakan krim pereda nyeri banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Selain karena simpel, penggunaan krim pereda nyeri juga dianggap efektif untuk menyembuhkan sakit pinggang.

Krim pereda sakit pinggang juga banyak beredar di Indonesia yang bisa anda dapatkan di minimarket dan apotik terdekat. Harga krim pereda sakit pinggang juga cukup terjangkau dan awet penggunaannya. 

10. Terapi menggunakan gulungan handuk handuk

Pengobatan terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan gulungan handuk. Bagaimana caranya? anda cukup meletakan gulungan handuk tersebut di bawah pinggang saat sedang berbaring. 

Biarkan tubuh anda beristirahat dengan ganjalan gulungan handuk dan lakukan hingga sakit punggung yang anda alami mereda. Namun jika dalam waktu 2-3 minggu sakit punggung tidak kunjung mereda, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Itulah beberapa cara mengobati sakit pinggang di usia remaja yang bisa anda terapkan dengan sederhana. Namun apabila beberapa cara yang kami ulas belum menyembuhkan sakit pinggang, anda bisa berkunjung ke dokter. 

About Bangkit Sri lugina

<strong>10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Di Usia Remaja, Manjur!</strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *