Cara Mengecilkan file PDF dengan Mudah dan cepat

  • Bagikan
Cara Mengecilkan file PDF dengan Mudah dan cepat
Cara Mengecilkan file PDF dengan Mudah dan cepat

webazril.comCara Mengecilkan file PDF dengan Mudah dan cepat. Salah satu format file yang sering digunakan untuk berbagai macam keperluan adalah PDF. Apakah itu dalam kepentingan kuliah atau pekerjaan. Hal ini karena kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya membaca file yang dalam format PDF jauh lebih menyenangkan daripada yang berbentuk word. Hanya saja, format file yang PDF tentu akan lebih rumit jika ingin diubah isinya, sebab biasanya, file pdf ini sudah mempunyai fitur proteksi demi keamanannya.

Cara Mengecilkan file PDF dengan Mudah dan cepat

Banyaknya keunggulan PDF akhirnya berimbas pada ukurannya yang sudah pasti lebih besar dibandingkan dengan word. Sehingga, akan sangat menyulitkan Anda ketika memang sedang membutuhkan banyak file dalam bentuk PDF. Tapi tenang saja, karena masalah tersebut sudah bisa Anda atasi dengan mudah. Yakni dengan mengecilkan file PDF nya saja.


Cara mengecilkan file PDF


Hingga kini, sudah banyak sekali situs-situs yang akan membantu Anda dalam mengecilkan file PDF dengan cara mengkompresnya. Menariknya, nyaris semua situs menyediakan cara yang mudah dan simple. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ada yang bisa mengecilkan file PDF hingga 98% dari ukuran awalnya. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa situs yang siap membantu Anda dalam mengompres file PDF yang ukurannya terlampau gede.

Dengan Microsoft Word

Cara satu ini terbilang asing bagi sebagian orang. Pasalnya, masih banyak yang tidak mengetahui, bahwa ternyata, Microsoft Word bisa Anda manfaatkan untuk mengkompres ukuran PDF.  Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot-repot download aplikasi, atau bahkan mengunjungi situs. Cukup manfaatkan saja microsoft yang ada. Tapi, hanya microsoft word 2010 ke atas saja yang bisa menggunakan cara ini. Kalau kebetulan Anda menggunakannya, nggak salahnya buat nyoba ya.

Baca Juga: Kumpulan wisata terbaik

Langkah awal, Anda bisa membuka file PDF nya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memakai opsi open yang ada pada menu file. Anda juga dapat men-drag filenya ke lembar kerja word agar bisa membukanya.

Next simpan file

Dalam menyimpannya, Anda bisa melakukan penyimpanan seperti biasanya. Yaitu dengan mengklik tulisan save as.


Klik PDF

Begitu mengklik ‘save as’, Anda akan menemukan berbagai macam pilihan. Maka silahkan klik saja yang PDF.

Jika sudah, pilih opsi optimize for dan pilih minimum size.

Pilih tulisan save. Sekarang ukuran file PDF Anda yang tadi sudah berubah lebih kecil

Dengan Situs Ilovepdf


Cara mengecilkan file PDF yang selanjutnya adalah dengan menggunakan situs. Nama situsnya itu Ilovepdf. Situs satu ini terbilang luar biasa ya. Karena ia bisa menjadi solusi semua permasalahan file Anda. Mulai dari mengecilkan file PDF, menggabungkannya, mengubah ke format word, gambar, dan lain sebagainya. Tidak heran jika akhirnya situs satu ini menjadi salah satu situs kompres file yang paling populer se-Indonesia. Bahkan, Anda bisa menemukan sendiri bagaimana kemudahan mengakses fitur yang ditawarkan. Sementara untuk cara mengecilkan file PDF nya sendiri tergolong cukup mudah dan tidak begitu berbeda jauh dengan situs lainnya.


Anda hanya perlu membuka situs mereka, kemudian klik saja pilihan kompres PDF, lalu masukkan file yang akan Anda kecilkan ukurannya, dan pilih jenisnya. Apakah extreme, recommended, atau less. Anda bisa menyelesaikannya dengan ukuran atau size yang Anda kehendaki.

Baca Juga: tempat pembuatan website terpercaya


Selain dua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan situs yang lain, seperti smallpdf, freepdfconvert, atau bahkan dengan menggunakan adobe acrobat. Perlu Anda ketahui, bahwasanya, tiap-tiap situs memberikan ukuran maksimal file yang bisa Anda kecilkan. Dan jika ukurannya melebihi kapasitas yang ada, Anda akan diminta untuk menggunakan versi yang berbayar. Demikian, semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.