Pelajar Harus Tahu Inilah Tips Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi 2021

  • Bagikan
Pelajar HaruLOGIN cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu yang Cair Bulan Juli 2021 s Tahu Inilah Tips Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi
Pelajar Harus LOGIN cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu yang Cair Bulan Juli 2021 Tahu Inilah Tips Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi


Proses belajar mengajar secara online atau daring telah berlangsung lebih dari setahun. Tak jarang banyak sekali yang mengeluhkan proses pembelajaran ini. Katanya, belajar secara online di rumah sungguh tidak efektif. Bahkan, proses pembelajaran di rumah hanya membuang kuota tanpa adanya ilmu yang masuk. Apakah benar begitu? Mungkin Anda perlu mengetahui cara belajar efektif selama pandemi.


Memang, pandemi membawa banyak dampak bagi kehidupan, utamanya proses pendidikan. Namun, kita juga tidak boleh menyerah dengan keadaan. Kita harus berani untuk mencari solusi agar semua masalah bisa terpecahkan. Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk belajar efektif selama pandemi.

Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut tipsnya:


Tetapkan Ruang Belajar dan Percantiklah


Mungkin ketika di sekolah Anda memiliki tempat tetap untuk belajar. Namun, hal itu lain lagi jika berada di rumah. Ketika di rumah, ruang belajar sering kali bisa di mana saja, kadang di ruang tamu, kadang di depan televisi, kadang di dapur, bahkan di kamar sekalipun. Inilah yang membuat para pelajar tidak efektif menerima materi karena gampang terdistraksi oleh suasana rumah. Baca Juga: (Bimtek) Guru Belajar Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi


Maka dari itu, tetapkan satu ruangan khusus untuk Anda belajar di sana. Jangan masukkan hal-hal yang bakal mengganggu konstentrasi Anda. Anggaplah saja ruangan itu sebagai pengganti sekolah. Jika perlu, buatlah aturan di sana.


Hindari Multitasking


Tak dapat dipungkiri, belajar secara online membuat kita lebih leluasa mengerjakan banyak hal sekaligus. Tapi ingat, manusia tidak didesain untuk bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Oleh karena itu, hindari bertindak multitasking karena hal itu justru akan membuat Anda hilang konsentrasi. Cobalah untuk mengerjakan segala sesuatu satu per satu dengan tertib. Tentukan prioritas dan kerjakan yang mudah terlebih dahulu.
Buatlah jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Jangan biarkan satu tugas menumpuk menjadi banyak. Sebab, hal seperti itulah yang akan membuat Anda stress dan tidak efektif dalam belajar.


Jaga Kondisi Kesehatan


Cara belajar efektif selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan. Ya, meskipun Anda di rumah saja, tetapi terkadang kebanyakan di rumah justru tidak bagus untuk kesehatan. Hindari diri untuk mengurung diri di rumah terus, sesekali keluarlah berolahraga dan menghirup udara segar. Dengan begitu, pikiran Anda akan tetap fresh dan terhindar dari stres.

Baca Juga: Guru Yang Bisa Ikut Seleksi Kompetensi 1 Seleksi PPPK Guru 2021 (permenpan rb no 28 tahun 2021)


Selain berolahraga, jaga pula pola makan Anda. Jangan terbiasa untuk memakan makanan yang mengandung lemak tinggi atau junk food. Hiduplah dengan mengikuti pola hidup sehat dan jangan terbiasa untuk begadang.


Bersosialisasi


Tak dapat dipungkiri, karakteristik asli manusia adalah makhluk sosial. Meski kita dianjurkan untuk di rumah saja. Sesekali keluarlah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bersosialisasilah secukupnya agar kebutuhan mental Anda terpenuhi. Sesekali keluar refreshing di alam terbuka juga dapat menyejukkan pikiran hingga bisa kembali belajar efektif.


Jika Anda tidak ada kesempatan untuk keluar, manfaatkanlah teknologi yang ada. Anda bisa memanfaatkan video conference untuk mengobrol dengan teman kelas atau sahabat. Bersosialisasi terbukti efektif untuk kembali membuat Anda bersemangat menjalani hari.

Baca Juga; Senandung Chord & Lirik lagu


Nah demikianlah deretan tips untuk Anda agar bisa kembali belajar efektif meski di tengah pandemi Covid-19. Tetaplah semangat belajar demi meraih cita-cita yang cemerlang. Selain itu, tetap jaga kondisi kesehatan Anda. Sebab, apa gunanya pintar dalam hal ilmu tapi tidak bisa menjaga kesehatan.

Pelajar Harus Tahu Inilah Tips Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.