Wajib Tau! Pendidikan Seni Tari Sebagai Sarana Ekspresi Anak 2021

  • Bagikan
Pendidikan Seni Tari Sebagai Sarana Ekspresi Anak
Pendidikan Seni Tari Sebagai Sarana Ekspresi Anak

Pendidikan Seni Tari Sebagai Sarana Ekspresi Anak, Proses tumbuh kembang anak adalah masa emas bagi orang tua. Anak usia dini memiliki berbagai sifat yang bisa mengantarkan mereka pada apa yang hendak dilakukan di masa depan.

Bentuk ekspresi dan juga olah gerak anak yang aktif dapat disalurkan salah satunya pada seni tari. Anak tidak hanya diajarkan mengenai gerakan tubuh yang indah, halus, dan lembut saja. Melainkan anak juga bisa belajar bagaimana bergerak dengan alunan musik yang memiliki iramanya sendiri seperti kuat, tegas, patah-patah dan lainnya.


Ada berbagai macam gerak tari yang dapat dikenalkan pada anak untuk melatih perkembangan motorik sejak dini.  Orang tua sepatutnya memahami bahwa anak membutuhkan ruang ekspresi diri yang tepat. Gerak dan lagu adalah hal yang tidak bisa lepas dari tari. Apabila anak dikenalkan pada dunia seni tari sejak dini, maka ruang ekspresi itu akan terbangun dengan sendirinya. Selain itu belajar menari tidak hanya soal teori seperti halnya di sekolah. Rutinitas sekolah yang monoton tentu mudah membuat anak menjadi jenuh.


Terutama di masa pandemi seperti ini. Ruang gerak anak menjadi terbatas dan hanya duduk terpaku di depan laptop saja. Anak tidak didorong untuk bergerak secara aktif. Padahal pada usia dini tubuh dan juga tulang serta kecerdasan sedang berkembang begitu pesat. Namun, hal ini tidak didukung dengan sarana yang baik karena berbagai keterbatasan yang ada. Anak menjadi lebih pasif dan sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.


Maka dari itu ada banyak para orang tua untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak lebih dekat lagi. Belajar tidak hanya semata-mata soal nilai tinggi dan pelajaran di sekolah. Namun, setiap anak memiliki perasaan dan pikirannya masing-masing. Ruang ekspresi anak harus tersalurkan pada tempat yang tepat. Karena sering kali ambisi orang tua untuk menjadi anaknya sebagai yang terbaik di sekolah justru bertolak belakang dengan apa yang menjadi keinginan terpendam si anak.


Selain menjadi wadah ekspresi, seni tari dapat menjadi tempat pembelajaran untuk menumbuhkan kepekaan terhadap tubuh, ruang, irama dan sekitarnya. Anak akan lebih memahami bagaimana gerak olah tubuh itu bergerak dengan berbagai macam gerakan, irama dan juga masuk yang mengalun.

Anak juga dapat mengembangkan skill sosialisainya dengan bertemu berbagai macam teman ketika sedang latihan atau pentas seni. Sehingga tidak hanya mengetahui soal gerak tarian secara individu namun anak juga didorong untk bisa menjalin hubungan dengan sesamanya.

Tiga langkah pembuatan seni tari pada anak

Tiga langkah pembuatan seni tari pada anak


Terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan untuk pembuatan seni tari pada anak, Antara Lain

Eksplorasi

Pada tahap ini anak akan diajak untuk mengamati lingkungan sekitar dengan tujuan agar ia bisa mendapat pengalaman, pengetahuan dan juga pemahaman terhadap suatu hal di luar dirinya. Eksplorasi ini dapat dari apa saja, baik itu lingkungan alam, binatang, atau buku cerita.

Improvisasi.

Anak akan diajak untuk mengikuti gerakan objek yang ia mati. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan properti dan akan lebih maksimal jika anak sudah menemukan rangsangan pada musik.

Composing

Setelah mengamati kemudian mengikuti gerakan pada objek yang mereka lihat. Anak diajak untuk mulai merangkai tiap gerakan dari awal sampai akhir. Penggabungan ini yang akan menjadi suatu karya pada seni tari. Selain itu ada berbagai macam komponen tari lainnya uang bisa menjadi penunjang untuk menampilkan pentas yang lebih baik.

Itulah tadi informasi terkait Pendidikan Seni Tari Sebagai Sarana Ekspresi untuk Anak pada tahun 2021 dimana pandemi Virus Corona masih belum berakhir. Semoga dapat memberikan wawasan bagi para pembaca.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.