PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI SEJAK DINI

  • Bagikan

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI SEJAK DINI 

Pada saat  ini Indonesia tengah dihadapkan pada posisi dilematis seputar permasalahan moral yang tidak kunjung sirna, yaitu korupsi. Korupsi ini  merupakan penyelewengan terhadap wewenang publik yang timbul karena kurangnya kontrol terhadap kekuasaan yang dimiliki dan terbukanya kesempatan lebar  untuk menyelewengkan kekuasaan tersebut. Hal semacam ini perlu diatasi secara tepat sebagai tanda wujud kesadaran kita sebagai masyarakat yang masih rindu dengan  kemakmuran bangsa. Lembaga pendidikanlah  menjadi salah satu jalan  strategis dalam rangka menyuarakan kebaikan serta membekali generasi muda yang bebas dari korupsi.

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI SEJAK DINI

Di negara kita lembaga yang mengawasi hal suap menyuap atau korupsi yaitu KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) Telah banyak mengungkap kasus korupsi di negri ini namun pada saat ini  melihat semakin beratnya tugas KPK yang saat ini sedang ada pada zona terpuruk dan besarnya akibat yang disebabkan oleh kasus korupsi tersebut, maka dari itu  diperlukan suatu sistem yang mampu menyadarkan semua elemen bangsa untuk sama-sama bangkit bergerak memberantas korupsi yang juga perlu didukung penuh oleh semua pihak dalam jajaran pemerintah. Cara yang paling efektif untuk memulai mencegah kurupsi dimasa mendatang adalah melalui media pendidikan. Diperlukan sebuah sistem pendidikan antikorupsi yang berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, cara pencegahan dan pelaporan serta pengawasan terhadap tindak pidana korupsi. Pendidikan anti korupsi  seperti ini harus ditanamkan secara terpadu mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

jika negara memulai hal baru di dunia pendidikan maka penerapan Pendidikan antikorupsi ini sangat penting bagi perkembangan psikologis siswa. Pola pendidikan yang sistematik akan mampu membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi temasuk sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Dengan demikian , akan tercipta generasi baru yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi dan tahu akan sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Hal ini juga dapat memudahkan masyarakat akan mengawasi setiap tindak korupsi yang terjadi dan secara bersama memberikan sanksi moral bagi koruptor.

Pendidikan antikorupsi  yang ditanamkan pada siswa pelajar merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi. Mentalitas antikorupsi ini akan terwujud jika kita secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk mampu mengidentifkasi berbagai kelemahan dari sistem nilai yang mereka warisi dan memperbaharui sistem nilai warisan dengan situasi-situasi yang baru.

Terbentuknya Pendidikan antikorupsi melalui jalur pendidikan lebih efektif, karena pendidikan merupakan suatu  proses perubahan sikap mental yang terjadi pada diri seseorang, dan melalui jalur ini lebih tersistem serta mudah terukur, yaitu perubahan perilaku antikorupsi. Perubahan dari sikap membiarkan dan memaafkan para koruptor ke sikap menolak secara tegas tindakan korupsi, tidak pernah terjadi jika kita tidak secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk memperbaharui sistem nilai yang diwarisi untuk menolak korupsi sesuai dengan tuntutan yang muncul dalam setiap tahap pernjalanan bangsa kita.

Dalam hal ini betapa pentingnya menanamkan rasa perduli kepada generasi penerus guna memperbaiki keterpurukan yang dialami bangsa ini terutama dalam hal suap,korupsi dan lainya, maka dari itu banyak elemen yang harus benar benar ikut serta dalam peran perubahan mental masa depan generasi bangsa demi terwujudnya indonesia yang bersih dari korupsi, jalan yang harus dilakukan adalah dengan menanamkan pendidikan anti korupsi pada murid,siswa, dan mahasiswa agar menjadi generasi yang memiliki moral yang baik demi kemajuan bangsa.

Ada beberapa faktor yang akan sangat mendukung  terwujudnya pendidikan anti korupsi yang dapat diterapkan pada murid dan siswa. yaitu

  1. Peran guru disekolah dalam menyampaikan beberapa inti pokok pentingnya memulai mengenalkan pendidikan anti korupsi pada siswa.
  2. peran orangtua dalam mendidik dan mengajarkan norma agama, karena pendidikan non formal orang tua dirumah juga sangat mendukung terciptanya proses pendidikan anti korupsi.
  3. Peran lingkungan taukah anda betapa pentingnya peran lingkungan agar dapat membentuk pribadi yang baik bagi seorang anak, prilaku anak juga terpengaruh pada lingkungannya.

Begitu pentingnya membangun pendidikan anti korupsi sejak dini agar dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang mempunyai mental dan tatanan yang baik. Hal ini perlu dilakukan pihak sekolah agar dapat terciptanya keadilan dan kemakmuran bagi bangsa indonesia.

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.