5 Cara dan Tips Mencegah AC Mobil Bau

  • Bagikan


Tips Agar Air Conditioner Mobil Tidak Berbau – Tentu menjadi suatu ketidaknyamanan bagi penumpang ketika menghirup udara yang berbau tidak sedap yang berasal dari ac mobil. Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas tentang hal ini, dan merangkumnya dalam artikel yang berjudul 5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil bau.

Ngomong-ngomong tentang tips agar air conditioner mobil tidak bau, maka tidak lepas dari penyebab ac mobil bau. Karena bila berbicara tentang tipsnya maka harus tahu terlebih dahulu penyebabnya. Oke, kembali lagi membahas tentang penyebab ac mobil bau.

Pada dasarnya bau yang dihasilkan oleh ac mobil ada dua kategori, kategori pertama adalah bau freon/refrigerant. Bau refrigerant ini ada karena terdapat kebocoran sistem ac mobil, terutama pada bagian evaporator dan sekitarnya. Bila kebocoran terjadi selain di evaporator, misal di kondensor maka bau dari refrigerant tidak tercium dari dalam mobil. Baca juga : Penyebab Evaporator Bocor

Kemudian kategori yang kedua adalah bau yang tidak sedap. Bau yang seperti ini umumnya disebabkan oleh kotornya atau timbulnya jamur pada evaporator. Sementara itu timbulnya jamur ini dikarenakan kabin kendaraan yang kotor/berdebu atau lembab. Selain itu juga kebiasaan mer@kok di mobil, akan menyumbang timbulnya bau yang tidak sedap pada air conditioner mobil.

Selanjutnya, pemilihan parfum mobil juga menentukan bau tidaknya pada ac mobil. Parfum mobil yang berkualitas rendah akan membuat ac mobil berbau asam, ini dikarenakan pada parfum yang berkualitas rendah kandungan @lk*holnya sangat tinggi.

Oke, kembali lagi ke topik utama kita pada pagi hari ini, mengenai tips agar air conditioner mobil tidak bau, dan berikut ini beberapa tipsnya yang bisa anda coba dan praktikan :

AC Mobil bau
AC Mobil bau

1. Rutin membersihkan kabin

Penyebab ac mobil yang paling umum adalah karena kabin kendaraan kotor/berdebu atau lembab, sehingga untuk mencegah ac mobil bau adalah dengan selalu rutin membersihkan kabin kendaraan dari mulai karpet mobil sampai dengan jok mobil. Lebih lengkap : Jaga kebersihan kabin agar ac mobil tidak bau

2. Tutup jendela

Sebagian besar debu pada kabin kendaraan, berasal dari luar kendaraan yang melalui kaca jendela ketika dibuka. Sehingga supaya debunya tidak masuk dalam jumlah yang banyak, hindari membuka jendela dalam waktu yang lama ketika berada di perjalanan. 

3. Bangkai binatang, makanan yang sudah membusuk dan makanan berbau menyengat

Oke, langkah selanjutnya adalah bila ditemui seperti bangkai binatang (serangga) dan makanan yang sudah membusuk sebaiknya langsung dibuang, agar bau tersebut tidak ikut bersirkulasi yang bisa menyebabkan udara yang keluar dari ac mobil berbau tidak sedap. Selain bangkai binatang dan makanan yang membusuk, makanan yang berbau menyengat juga sebaiknya dihindari contohnya adalah bau amis dari ikan laut.

4. Gunakan pengharum ruangan yang berkualitas dan bermutu baik

Selanjutnya adalah menggunakan parfum yang berkualitas serta bermutu baik, tujuannya adalah agar tidak menimbulkan bau asam pada ac mobil yang bisa disebabkan oleh parfum mobil yang berkualitas buruk.

5. Jangan kentut di mobil

Pada asap kentut, terkandung berbagai jenis zat yang berbahaya. Bila asap kentut ini terhisap oleh blower, maka kandungan ZAT N pada asap kentut akan menempel dan melekat pada evaporator yang mana bisa membuat ac mobil anda berbau tidak sedap. Baca lebih lanjut: Jangan kentut di mobil agar ac mobil tidak bau

Demikian 5 tips untuk mencegah air conditioner mobil bau, tips diatas dapat anda coba dan praktikan semoga saja ac mobil anda terhindar dari masalah ac mobil bau.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.