5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blower Tidak Bekerja

  • Bagikan


Yogyakarta, Apakah anda pernah mengalami blower tidak berkerja ketika saklar ac sudah dihidupkan? Jika iya apakah anda sudah tahu apa penyebabnya dan cara memperbaikinya? Nah, bila ingin mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan diatas, anda sudah tepat masuk ke artikel blog ac mobil ini, karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan menjawab kedua pertanyaan diatas.

Ketika saklar kontrol kecepatan blower dihidupkan, seharusnya ada udara yang keluar melalui saluran keluar udara dingin ac mobil. Bila tidak ada maka dapat dipastikan blower ac mobil tidak berkerja. Lalu apa saja sih penyebab blower ac mobil tidak berkeja.

5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blower AC Mobil Tidak Bekerja
5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blower AC Mobil Tidak Bekerja

Berikut ini penyebab dan cara memperbaiki blower ac mobil tidak bekerja

1. Sekering putus

Penyebab pertama blower ac mobil tidak bekerja adalah sekering pada motor blower putus, bila putus tentunya arus tidak mengalir ke motor blower yang menyebabkan tidak berputar. Bila sekering putus perlu juga dianalisa penyebab mengapa sekering putus, apakah terjadi konsleting atau hubungan pendek arus listrik, bila iya perbaiki. Baru kemudian perbaiki dengan cara ganti sekering sesuai kapasitas spesifikasinya.

2. Relay motor blower rusak

Penyebab kedua blower ac mobil tidak bekerja adalah relay motor blower rusak, sehingga sama saja dengan sekering putus yang membuat arus tidak mengalir ke motor blower. Untuk memeriksanya bisa menggunakan multi meter, dan coba tes kontinuitas setiap terminalnya. Bila rusak/putus cara memperbaikinya adalah relay harus diganti dengan yang baru.

3. Motor blower rusak

Bila sekering dan relay tidak rusak, mungkin penyebab blower ac mobil tidak bekerja adalah karena motor blower yang memang sudah rusak. Kalau rusak, tentu saja tidak akan bisa bekerja dan menghembuskan udara. Cara memeriksanya adalah dengan merangkainya secara langsung, tanpa melalui saklar atau yang lainnya, bila memang rusak perbaiki atau ganti saja motor blower.

4. Rangkaian kabel putus/rusak

Kemudian bila ternyata motor blower tidak ada masalah, kemungkinan penyebab blower ac mobil tidak bekerja adalah rangkaian kabel yang rusak atau putus, cek dimana letak putusnya. Bisa menggunakan multi meter untuk mengetahui kabel mana yang putus atau test lamp untuk mengetahui apakah ada aliran listrik atau tidak disetiap bagian seperti socket, sambungan-sambungan, relay dan lain sebagainya. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kabel/komponen lainnya yang menyebapkan putusnya aliran arus yang menuju ke motor blower.

5. Switch blower rusak

Bila semuanya sudah diperiksa dan ternyata tidak ada masalah, kemungkinan penyebab blower ac mobil tidak bekerja yang terakhir adalah switc atau saklar pengatur kecepatan blower rusak. Cara memperbaikinya adalah dengan memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Pada kesempatan yang lalu sudah share mengenai penyebab mengapa ac mobil tidak dingin, Untuk mengetahui dan membaca lebih lanjut, bisa kunjungi artikel berikut ini : Penyebab AC mobil tidak dingin.  Mungki itu saja 5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blower AC Mobil Tidak Bekerja, semoga bermanfaat dan terimakasih.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.