5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Bau

  • Bagikan


Ini Dia Lima Penyebab dan Cara Mengatasi/Menghilangkan Bau pada AC Mobil – Air Conditioner pada mobil memiliki fungsi untuk menyejukkan memurnikan, mengontrol temperatur dan sirkulasi udara, sehingga ketika terjadi suatu masalah/problem seperti timbul bau yang tidak sedap ketika ac mobil dihidupkan, bukan kenyamanan yang didapat tetapi ketidaknyamanan yang membuat ingin cepat-cepat keluar dari mobil.

Apakah anda mobil anda pernah mengalami seperti ini? Lalu apa saja sih penyebab dari ac mobil bau ini? Pada dasarnya, komponen-komponen air conditioner tidak ada yang menghasilkan bau, akan tetapi yang dapat menimbulkan bau ini adalah benda asing yang masuk ke dalam kabin, yang juga menimbulkan bau disekitar komponen ac. Untuk lebih jelasnya, berikut ini AC Mobil share sedikit mengenai penyebab air conditioner mobil bau.

1. Kabin kendaraan kotor/lembab

Penyebab ac mobil bau yang pertama adalah ruangan kabin yang kotor/lembab, kondisi kabin yang lembab bisa disebabkan oleh perilaku pengemudi yang jorok dan tidak suka kebersihan, seperti menggunakan sandal/sepatu yang basah/kotor, menaruh pakaian basah/kotor, dan lain sebagainya. Sementara itu kabin yang kotor dan berdebu bisa disebabkan oleh kebiasaan pengemudi untuk membuka jendela, dengan begitu kotoran/debu dapat masuk dengan bebas ke kabin kendaraan. Lalu apa hubungannya kabin yang lembab dan berdebu/kotoran dengan ac mobil yang bau? 

Ac mobil memiliki komponen yang bernama blower, dimana blower ac mobil ini berfungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator dan udara yang telah melewati evaporator akan dingin. Sementara itu blower juga menghisap udara dari kabin kendaraan, ketika kabin kendaraan kotor/berdebu dan lembab, otomatis debu/kotoran ini terhisap dan menempel pada evaporator. Yang mana debu dan kotoran ini memicu tumbuhnya jamur yang menghasilkan bau yang tidak sedap ini.

2. Parfum mobil yang berkualitas rendah

Hampir semua pengemudi pasti menginginkan mobilnya wangi, tetapi sebagian dari mereka dalam mewujudkan mobil wangi tidak mau mengeluarkan biaya yang agak mahal. Sehingga mereka memilih untuk membeli parfum mobil yang murahan dan berkualitas rendah. Parfum dengan kualitas yang rendah biasanya mengandung kadar alk*hol yang tinggi, yang salah satunya dapat menyebabkan bau asam pada air conditioner mobil.

3. Kentut di mobil

Sebagian orang tidak bisa menghentikan kebiasaan kentut (hanya samaran), termasuk ketika mengemudi. Tapi tahukah anda bahwa kentut di dalam mobil ternyata bisa menyebabkan ac mobil bau? Ini alasannya, pada kentut terkandung ratusan zat berbahaya salah satunya adalah N. Zat N ini dapat menempel di dalam evaporator. Menempelnyapun sangat lengket dan menimbulkan lendir yang memicu timbulnya bau pada air conditioner mobil. Mau tahu kentut itu sebenarnya apa, lihat di artikel ini : Jangan kentut Di Mobil Agar AC Mobil Tidak Bau

4. Kebocoran sistem sirukali ac mobil
Kalau ini sedikit berbeda dari ketiga penyebab ac mobil bau yang telah saya sebutkan diatas, kalau itemini baunya bukan bau yang tidak sedap tetapi bau refrigerant/freon air conditioner mobil. Penyebabnya adalah terjadi kebocoran pada sistem sirkulasi ac mobil, tetapi yang paling dominan dirasakan adalah apabila terjadi kebocorannya di evaporator, maka bau refrigerant akan sangat menyengat. Baca juga : Penyebab Kebocoran Refirgerant Pada Evaporator

5. Makanan busuk, bangkai binatang
Ketika berlibur ke luar kota, mungkin ada sisa-sisa makanan yang tidak termakan sehingga membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Udara yang bau ini juga akan dihisap oleh blower, sehingga keluar dari ac mobil juga dalam kondisi bau. Kemudian, udara yang disebabkan oleh makanan yang membusuk/bangkai binatang ini umumnya mengandung berbagai bakteri, yang mungkin saja dapat berbahaya bagi kesehatan penumpang. Jadi, jangan tinggalkan makanan yang sudah busuk di dalam kendaraan, dan juga hindari membawa makanan yang berbau menyengat sebagai contoh adalah ikan laut.

Cara Mengatasi/Menghilangkan bau Air Conditioner MOBIL
Untuk mengatasi/menghilangkan bau pada air conditioner mobil, biasanya dilakukan dengan servis total ac. Yang mana servis ini meliputi pembersihan seluruh komponen saluran-saluran udara pada sistem ac, seperti evaporator ac, blower, dan saluran-saluran udara lainnya. Lebih baik juga filter kabin diganti dengan yang baru. Dan terkahir kabin kendaraan juga perlu dibersihkan, agar nantinya tidak menimbulkan bau yang serupa dikemudian hari. Lebih simplenya, silahkan bawa ke bengkel ac mobil, dan konsultasikan kepada mekaniknya bahwa mobil anda air conditinernya bau, pasti sudah tahu apa yang akan dilakukan.

Kemudian ada tips tambahan lagi dari toyota yang pernah saya baca di internet, cara ini hanya sementara dan dapat anda lakukan bila dalam keadaan yang mendesak atau tiba-tiba ac mobil anda bau. Caranya adalah dengan menjemur mobil anda, dan semua jendela dibuka. Dengan begitu udara di dalam kabin kendaraan akan berganti dengan udara yang segar.

Baca : 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Tiba-tiba

Sampai disini lima penyebab ac mobil bau, dan juga cara mengatasi/menghilangkan air conditioner mobil yang bau tidak sedap.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.