5 Tips Untuk Pengendara Mobil Saat Puasa

  • Bagikan


Yogyakarta, Ini Tips Untuk Pengendara Mobil dan Motor Saat Puasa – Sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk berpuasa di bulan ramadhan. Di bulan ramadhan ini banyak halang rintangnya, tidak terkecuali bagi pengendara baik pengendara mobil ataupun motor. Biasanya saat puasa seperti ini, badan terasa lemas ditambah lagi rasa kantuk juga sering datang saat mengendari mobil. Sehingga dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lain. Tetapi tenang, kami memiliki beberapa tips untuk pengendara mobil dan motor pada saat berpuasa.

Read : Naik Mobil, Anak Kecil Jangan di Depan

Tips naik mobil saat puasa
Tips naik mobil saat puasa

1. Sahur dan buka
Mungkin tips ini yang paling sering dijumpai di website yang lain, karena memang ini adalah intinya. Pada saat mengendarai mobil atau motor, kita membutuhkan tenaga yang banyak. Agar memenuhi tenaga tersebut, maka kita harus makan yang bergizi pada saat sahur dan berbuka. Dengan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi, diharapkan kita tidak mudah letih dan kantuk dan konsentrasi akan semakin baik dan akhirnyapun kita selamat sampai tujuan. Jangan lupa juga untuk minum yang banyak, seperti aqua yang merekomendasikan 2 gelas pada saat sahur dan buka, dan 4 gelas pada malam hari.

Para dokter biasanya merekomendasikan untuk para pengendara mobil dan motor agar banyak-banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang didalamnya terkandung serat yang tinggi seperti pisang, apel, kentang, labu,  alpukat).

2. Jangan minum kopi/minuman manis pada saat sahur
Masih berhubungan dengan sahur, hindari juga minum kopi dan minuman manis. Minuman yang semacam ini akan membuat kadar gula dalam tubuh meningkat, yang akan membuat dan menstimulasi tubuh kita untuk buang air kecil. Bisa dibayangkan kalau terlalu sering buang air kecil, bahaimana air yang ada ditubuh kita? Ya, kekurangan. Jadi minuman yang paling baik pada saat sahur adalah air putih, minimal 2 gelas.

Baca : Berapa Lamakah Memanaskan Mesin Motor Injeksi

3. Makan nasi secukupnya
Banyak orang mengira dengan makan nasi yang banyak pada saat sahur akan membuat tenaga awet. Padahal, menurut para ahli gizi, nasi akan membuat kita cepat lemas. Karena yang dibutuhkan tubuh tidak hanyalah karbohidrat, tetapi juga protein, vitamin dan lainnya. Jadi makan nasi secukupnya, agar lebih kuat, bisa minum madu atau makan kurma.

4. Jangan tidur setelah sahur

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa, dengan tidur selepas sahur akan membuat kalori tubuh kita terkuras. Sehingga membuat kita cepat lapas, lemas dan letih. Ini tentunya tidak mendukung bagi pengendara motor/mobil.

5. Apabila lelah, kantuk atau letih
Sudah wajar apabila puasa itu lelah dan letih, jadi bila ini menimpa anda lebih baik istirahat sebentar sampai tenaga benar-benar pulih. Atau tunggu sampai waktu buka tiba. Bila ingin berpergian jauh, disarankan pada waktu pagi hari atau malam hari, dimana pada saat-saat seperti itu tenaga yang ada masih cukup untuk mengendarai mobil/motor.

Demikian saja 5 Tips Untuk Pengendara Mobil dan Motor Saat Puasa. Jangan lupa juga gunakan perlengkapan standar seperti helm, sepatu, jaket, stnk, sim dan lain sebagainya.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.