6 Cara Menghilangkan Bau Pada AC Mobil

  • Bagikan


Cara Menghilangkan Bau Pada AC Air Conditioner Mobil – Faktor kenyamanan ketika berkendara menjadi salah satu hal yang harus ada, salah satunya adalah udara di dalam ruangan yang sejuk dan segar. Sistem yang berfungsi sebagai penyejuk dan penyegar ruangan biasa kita sebut dengan air conditioner (ac).

Namun adakalanya ac mobil mengeluarkan udara yang berbau tidak sedap, sehingga kenyamanan ketika berkendara tidak kita dapatkan. Pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai penyebab ac mobil ini bau, diantaranya adalah kabin kendaraan terlalu kotor, sering membuka jendela, kebocoran system dan lain sebagainya. Untuk lebih lanjut bisa membaca artikel yang kami beri judul Penyebab Air Conditioner Mobil Bau.

Kalau sudah mengetahui penyebab ac mobil bau, maka sebenarnya sudah ada gambaran apa yang harus dilakukan untuk memerbaiki masalah seperti ini. Dan berikut ini cara menghilangkan bau pada ac mobil :

Cara Menghilangkan Bau Pada Air Conditioner Mobil
Cara Menghilangkan Bau Pada Air Conditioner Mobil

1. Bersihkan evaporator

Evaporator yang kotor dan lembab akan membuat bakteri dan jamur mudah sekali berkembang biak, bakteri dan jamur inilah yang akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Sehingga untuk menghilangkan bau yang berasal dari evaporator mobil, caranya adalah dengan membersihkannya. Ada tehnik khusus untuk membersihkan evaporator ini, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu di bengkel ac mobil terdekat.

2. Bersihkan saluran-saluran ac

Bakteri dan jamur selain dapat menempel di evaporator, juga bisa menempel pada saluran-saluran tempat udara dingin mengalir, sehingga juga perlu dibersihkan. Pernah saya menemui di bengkel ac, cara memperbaiki ac mobil yang bau adalah dengan menservis total meliputi pembersihan komponen ac, saluran ac, dan pengisian refrigerant dll.

3. Bersihkan atau ganti filter kabin

Filter kabin pada sistem ac berperan untuk menyaring udara dari kotoran/debu, bila filter kabin ini sudah terlalu kotor maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, terutama apabila kotoran yang menempel adalah bangkai serangga atau makanan yang sudah membusuk. Bila sudah terlalu kotor dianjurkan untuk mengganti dengan yang baru.

4. Bersihkan kabin kendaraan

Uadara yang berbau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kotornya kabin kendaraan, jadi untuk menghilangkan bau pada ac mobil langkah yang wajib dilakukan adalah membersihkan kabin kendaraan. Meliputi, karpet dasar mobil, jok dan bagian-bagian yang berpotensi ada kotorannya. Bila di dalam kabin kendaraan terdapat makanan yang busuk, usahakan cepat dibuang begitu juga bila terdapat bangkai binatang atau serangga.

5. Ganti parfum mobil

Menurut yang pernah saya baca, ternyata ac mobil yang bau bisa disebabkan oleh parfum mobil yang berkualitas rendah. Biasanya parfum kualitas rendah ini kandungan alkoholnya sangat tinggi dan bahan pembuatnya pun tidak memenuhi standar kelayakan, sehingga dapat menimbulkan ac mobil bau asam. Sehingga untuk menghilangkan bau asam pada ac mobil yang disebabkan oleh parfum mobil berkualitas rendah ini adalah dengan menggantinya dengan yang kualitas baik.

6. Cek dan perbaiki kebocoran refrigerant

Adakalanya bau yang dihasilkan bukan bau yang tidak sedap, melainkan bau freon atau refrigerant. Bau ini disebabkan karena terdapat kebocoran pada komponen ac, seperti pada evaporator ac mobil. Maka cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa letak kebocoran refrigerant dan memperbaikinya. Mudahnya silahkan bawa ke bengkel ac mobil langganan anda. Baca : Penyebab evaporator ac mobil bocor
Bila mobil anda sudah diservis, dan bau yang keluar ac mobil sudah di usir maka langkah selanjutnya adalah mengantisipasi atau mencegah agar ac mobil tidak bau lagi. Caranya bisa anda lihat di artikel berikut ini : Cara dan tips untuk mencegah AC mobil bau.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.