8 Cara dan Tips Aman Mencuci Mesin Mobil

  • Bagikan


Cara dan Tips Aman Mencuci Mesin Mobil – Terkadang kita merasa risih kalau melihat mesin mobil yang sangat kotor, apalagi kalau mobil tersebut akan di jual pasti kita menginginkan semua bagian mobil terlihat bersih supaya mobil cepat laku terjual. Tapi sebenarnya bolehkan kita mencuci mesin mobil?

Jawabannya : Sebenarnya mesin mobil tidak disarankan untuk di cuci, karena ada bagian mesin mobil yang tidak boleh terkena air, seperti pada soket, kabel, sambungan-sambungan, dan komponen kelistrikan lainnya yang apabila terkena air dapat rusak ataupun membahayakan. Tetapi tenang, berikut ini cara dan tips aman untuk mencuci mobil. Yang pertama perlu diperhatikan adalah, pastikan mesin sudah dingin ketika dilakukan pencucian mobil.

8 Cara dan Tips Aman Mencuci Mesin Mobil
8 Cara dan Tips Aman Mencuci Mesin Mobil

1. Gunakan kuas. majun atau semprot dengan udara bertekanan

Bila mesin tidak terlalu kotor, anda tidak perlu membersihkan dengan cara mencucinya, cukup dengan menyemprot dengan udara bertekanan atau bila anda termasuk orang yang sabar dan teliti bisa menggunakan kuas. Selain itu juga anda bisa menggunakan majun untuk membersihkan kotoran yang menempel pada mesin, bisa dengan air atau gunakan bensin untuk membersihkan bagian yang sulit dibersihkan bila menggunakan air.

2. Lindungi komponen kelistrikan

Seperti yang sudah saya katakan, risiko mencuci mesin mobil adalah rusaknya komponen-komponen yang tidak boleh terkena air, bisa juga membahayakan seperti terjadinya konsleting arus listrik. Jadi pastikan sebelum mencuci mesin mobil anda, lindungi terlebih dahulu semua komponen kelistrikan yang tidak boleh kena air, komponen tersebut seperti soket, sambungan kabel, ignition coil, distributor, kabel busi, starter, sambungan-sambungan, sekering dan lain sebagainya. Anda dapat melindunginya dengan membungkusnya dengan kantong plastik atau semacamnya. Dan usahakan jangan dibasahi walaupun sudah anda lindungi dengan kantong plastik, agar lebih aman.

3. Jangan gunakan air bertekanan

Untuk membersihkan mesin ini cukup dengan air yang mengalir saja, tidak perlu dengan air yang bertekanan tinggi. Tujuannya sama agar lebih aman dan tidak masuk ke komponen yang rentang rusak kalau terkena air.

4. Cuci dari atas

Seperti mencuci pada umumnya, pertama siram mesin dengan air terlebih dahulu. Anda dapat mulai mencuci dari bagian atas, kemudian ke dinding-dinding mesin sampai dengan bawah.

5. Gunakan sabun, spons atau kuas

Setelah mesin disiram, agar kotoran dapat terangkat dan mesin lebih bersih, anda dapat menggunakan sabun colek, untuk menggosoknya bisa dengan kuas atau spons.

6. Bilas dengan air bersih

Setelah disabun, baru kemudian bilas dengan air yang bersih dan keringkan dengan lap yang menyerap air. Atau semprotkan udara bertekanan sedang.

7. Lepas komponen

Yang paling aman dalam membersihkan mesin adalah dengan melepasnya, ada beberapa komponen mesin yang dapat anda bersihkan dengan melepasnya terlebih dahulu. Pasti hasilnya akan lebih bersih bila dibandingkan dengan tidak melepasnya. Komponen tersebut seperti tutup kepala silinder, karburator radiator, dan lain sebagainya. Anda juga boleh meminta bengkel untuk sekalian membersihkan mesin ketika dilakukan overhaul mesin.

8. Salon mobil

Bila anda ragu dalam mencuci mesin mobil, lebih baik membawanya ke salon mobil yang tentunya sudah profesional dan terlatih untuk mencuci mesin mobil.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.