AC Mobil Mendadak Panas, Mungkin Fan Belt Putus

  • Bagikan


AC Mobil Mendadak Panas, Mungkin Fan Belt Putus – Air Conditioner sekarang ini sudah menjadi hal yang wajib ada di setiap kendaraan, karena sistem yang satu ini sangat membantu dan menambah kenyamanan ketika berkendara, terutama pada saat cuaca panas dan saat turun hujan.

Pada saat panas, air conditioner akan mengontrol temperatur di kabin kendaraan membuat udara semakin sejuk dan nyaman. Sehingga masalah seperti kepanasan dan gerah di mobil menjadi teratasi. Kemudian ketika hujan, ac mobil akan menghilangkan embun-embun yang terdapat pada kaca. Embun ini ada karena suhu di luar ruangan lebih dingin daripada suhu di dalam mobil. Dan jika ac dihidupkan maka embun-embun ini dapat diatasi, karena suhu di dalam mobil lebih dingin atau minimal sama dengan suhu di luar kendaraan. Baca juga : Fungsi ac mobil.

Adakalanya ac mobil kita mengalami masalah, seperti kurang dingin, tidak dingin, suara yang abnormal dari kompresor ac dan lain sebagainya. Seperti yang ditulis di websitenya Astra World bisa jadi ac mobil yang tidak dingin tiba-tiba atau panas mendadak disebabkan oleh fan belt putus.

Pada mobil fan belt ini memiliki fungsi yang sangat penting, fungsinya adalah untuk meneruskan tenaga putara dari mesin ke alternator, kompresor ac, kipas radiator dan juga water pump. 

Kebanyakan mobil keluaran terbaru, kipas radiator/kipas kondensor sudah tidak digerakkan lagi melalui komponen yang satu ini, tetapi sudah menggunakan motor listrik yang akan memutar kipas ketika dialiri arus listrik. Sehingga ketika ac dihidupkan, otomatis kipas ini akan menyala dengan sendirinya. Kipas yang menggunakan motor listrik ini, akan meringankan beban mesin karena sudah tidak lagi digerakkan oleh mesin melainkan dengan listrik.
Fan belt ini perlu diganti secara rutin, terutama apabila sudah menunjukan gejala-gejala kerusakan seperti bunyi yang mendecit atau cit-cit. Fan belt yang kondisi permukaannya sudah retak-retak atau rusak juga harus segera diganti, karena dikhawatirkan akan putus saat dijalan, bila putus di jalan tentu anda akan lebih repot lagi. Sebaiknya juga ketahui jenis-jenis kerusakan fan belt mobil.
AC Mobil Mendadak Panas, Mungkin Fan Belt Putus
AC Mobil Mendadak Panas, Mungkin Fan Belt Putus

Bila fan belt ini putus, tentu kipas yang mendinginkan radiator dan kondensor menjadi tidak bekerja. Sehingga pendinginan refrigerant di kondensor menjadi tidak maksimal, sehingga freon/refrigerant tidak mengalami kondensasi sebagai mana mestinya, lebih lanjut lagi karena pendinginan tidak maksimal maka membuat refrigerant masih bersuhu tinggi.

Dan penyerapan panas yang dilakukan oleh freon ini ketika di evaporator hanya sedikit bahkan tidak ada, akibatnya udara yang keluar dari ac mobil menjadi tidak dingin (panas). Selain itu, bila fan belt yang putus adalah bagian yang menggerakkan kompresor ac, maka otomatis kompresor ac juga tidak bekerja. Freon tidak bersirkulasi dan ac mobil tidak dingin. Baca : Kipas AC Tak Berputar, AC Tidak Dingin.

Selain gejala dari ac mobil, fan belt yang putus juga akan membuat water pump dan kipas radiator yang mendinginakan radiator tidak bekerja, maka dari itu akan mengakibatkan mobil mengalami overheating (panas berlebihan pada mesin mobil). Kejadian seperti ini dapat ditandai dengan naiknya indikator temperatur pada panel dashbord mobil yang anda miliki, selain itu juga indikator bergambar seperti (aki) baterai akan menyala, indikator ini menyala karena karena disebabkan oleh sistem pengisian (alternator) tidak bekerja.

Jika gejala yang saya sebutkan diatas terjadi secara bersama-sama, mungkin saja fan belt mobil anda putus. Langkah tepat yang harus anda lakukan adalah usahakan parkirkan kendaraan anda di pinggir jalan sambil menyalakan lampu hazard. Kemudian buka kap mesin, dan periksa apakah fan belt mobil anda putus atau tidak, bila putus segera telepon bengkel mobil terdekat untuk penanganan dan perbaikan selanjutnya. Bila memungkinkan mungkin mekanik akan mengganti fan belt di tempat, dan bila tidak mungkin mobil anda akan di derek sampai ke bengkel mobil.

Jangan jalankan  mobil dalam keadaan fan belt putus, karena akan membuat kerusakan yang lebih parah seperti kepala silinder melengkung yang mengharuskan mobil anda turun mesin.  AC Mobil Mendadak Panas, Mungkin Fan Belt Putus (AC MOBIL).





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.