AC Mobil Tidak Dingin, Ini Dia 11 Penyebabnya

  • Bagikan


AC Mobil Tidak Dingin, Ini Penyebabnya – Air Conditioner merupakan sistem yang sangat berguna untuk menambah kenyamanan dan kenikmatan ketika berkendara, terutama pada saat musim panas dan juga pada saat turun hujan. Pada saat panas, ac mobil ini akan mengontrol temperatur di ruangan kabin hingga mencapai suhu yang nyaman, dan begitu juga pada saat hujan ac mobil ini akan mencegah terjadinya kondensasi (timbulnyai embun) pada kaca mobil yang dapat menghalangi pandangan mata.

Itu kalau ac mobil anda bekerja normal, tetapi apakah anda sudah pernah mengalami ac mobil tidak dingin? jika iya, apakah anda tahu apa saja penyebabnya? Jika belum anda bisa baca artikel ini sampai selesai. Banyak sekali penyebab ac mobil tidak dingin, tetapi umumnya disebabkan oleh komponen-komponen ac yang rusak, dan refrigerant yang habis.

AC Mobil Tidak Dingin, Ini Penyebabnya
AC Mobil Tidak Dingin, Ini Penyebabnya

Dan berikut ini beberapa penyebab ac mobil tidak dingin.

1. Freon/refrigerant habis

Penyebab ac mobil tidak dingin yang pertama adalah refrigerant habis atau masih ada tetapi tidak mencukupi untuk melakukan proses pendinginan. Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi pada semua jenis kendaraan, kemudian penyebab refrigerant berkurang atau habis disebabkan karena terjadinya kebocoran sistem. Sehingga sebelum dilakukan pengisian refrigerant kembali, perlu diperiksa kebocoran sistem dengan alat pengetes kebocoran. 

2. Sabuk penggerak (drive belt) putus

Bila anda mengetahui kerusakan pada fan belt (drive belt) ini dan menggantinya secara berkala maka kemungkinan dirive belt putus sangat kecil, tetapi bila anda jarang melakukan pemeriksaan dan penggantian berkala maka ada kemungkinan drive belt ini putus di jalan. Apabila drive belt ini putus tentunya kompresor ac mobil tidak akan bekerja, mengakibatkan refrigerant tidak dapat bersirkulasi dan ac mobil tidak dingin.

3. Magnetic clutch dan kipas ac rusak dan tidak bekerja

Sebagian mobil magnetic clutch (kopling magnet) dan kipas kondensornya digabung secara paralel, sehingga dalam kondisi normal, bila salah satu bekerja maka yang lain juga bekerja. Karena digabungkan secara paralel, ada kemungkinan salah satu bekerja dan yang lain tidak bekerja. Sementara itu penyebab keduanya tidak bekerja adalah :
  • sekering putus
  • magnetic clutch rusak
  • motor kipas ac rusak
  • dll

Karena magnetic clutch tidak bekerja, otomatis kompresor juga tidak bekerja. Kemudia kalau kipas ac yang tidak bekerja, berarti pendinginan pada kondensor juga tidak maksimal, mungkin menyebabkan ac kurang dingin.

4. Tekanan refrigerant berlebihan

Penyebab ac mobil tidak dingin no 4 adalah tekanan refrigerant berlebihan, tekanan yang berlebihan ini akan memicu high pressure control (pengontrol tekanan tinggi) untuk memutuskan arus yang menuju kopling magnet, sehingga kompresor tidak bekerja. Sementara penyebab dari tekanan yang berlebihan ini adalah :

  • refrigerant terlalu banyak
  • kompresor rusak
  • pendinginan kondensor kurang
  • dll

5. Receiver/dryer kotor/rusak

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menyaring refrigerant dari kotoran, dan memisahkan refrigerant dari uap air. Bila komponen yang satu ini kotor dan menyumbat aliran maka akan menyebabkan sirkulasi refrigerant buruk, otomatis ac mobil tidak dingin.

6. Kondensor dan evaporator kotor

Kondensor yang kotor menyebabkan pendinginan refrigerant pada kondensor kurang, otomatis kondensasi yang seharusnya terjadi pada kondensor ini tidak dapat terjadi dengan semestinya sehingga menyebabkan ac mobil kurang dingin. Lebih lanjut, bila pada mobil ada temperatur sensornya maka bila pendinginan pada kondensor ini kurang dan refrigerant panas. Sensor ini akan aktif dan memutuskan arus yang menuju kopling magnet membuat kompresor ac mobil tidak bekerja.

Begitu juga apabila evaporator kotor, maka aliran udara yang dihembuskan oleh blower panasnya tidak akan diserap oleh refrigerant yang berada di evaporator, hal ini karena terhalang oleh kotoran yang ada pada evaporator sehingga AC Mobil menjadi tidak dingin.

7. Blower tidak bekerja

Blower berfungsi menghembuskan udara ke arah evaporator, dan udara yang sudah melewati evaporator ini akan menjadi dingin. Bila blower tidak bekerja, maka ac tidak akan dingin dan tidak ada udara yang mengalir ketika ac mobil diaktifkan. Beberapa penyebab blower tidak bekerja antara lain :

  • sekerin putus
  • saklar rusak
  • relay rusak
  • motor blower rusak
  • rangkaian, kabel rusak

8. Kompresor rusak/aus/bocor

Kompresor yang sudah aus/rusak tentu tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mensirkulasikan refrigerant, kerusakan pada kompresor seperti kebocoran pada katup, kerusakan pada piston dan lain sebagainya. Kompresor rusak biasanya ditandai dengan suara yang abnormal.

9. Sekering, relay, dan saklar ac rusak

Ketiga komponen kelistrikan ini juga bisa membuat ac mobil tidak dingin, bila ditemukan sekering putus periksa juga apakah terjadi konsleting/tidak. Sementara itu kalau relay dan saklar kontrol ac rusak maka harus diganti.

10. Oli kompresor kurang/berlebihan

Penyebab ac mobil tidak dingin selanjutnya adalah jumlah oli kompresor yang tidak sesuai. Bila jumlah oli kompresor kurang, maka kerja kompresor akan terganggu dan bisa jadi akan membuat kompresor rusak yang menyebabkan ac mobil tidak dingin. Kemudian bila oli kompresor berlebihan, menyebabkan kapasitas pendinginan berkurang. Baca lebih lanjut : Oli kompresor ac mobil

11. Pressure switch rusak

Adakalanya pressure switc rusak juga bisa menyebabkan ac mobil tidak dingin, karena komponen yang satu ini berfungsi untuk memutus aliran listrik yang menuju ke kopling magnet pada saat tekanan refrigerant terlalu tinggi atau rendah. Bila rusak, bisa saja pada saat tekanan normal pressure switch ini aktif yang menyebabkan kopling magnet tidak bekerja. Mau tahu lebih tentang pressur switch, baca : Sistem control pada ac mobil.

Mungkin itu saja 11 penyebab ac mobil tidak dingin, lain kali akan saya tambah di artikel ac mobil tidak dingin bagian 2.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.