Anak Kecil Jangan Duduk Di Bangku Depan

  • Bagikan


Tips Naik Mobil, Anak Kecil Jangan Duduk Di Bangku Depan – Sebentar lagi musim liburan dan lebaran, sudah saatnya untuk pulang kampung. Sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta dan pesawat. Tetapi ada juga yang memilih pulang kampung dengan mobil pribadi, ada beberapa tips yang salah satunya adalah untuk anak kecil jangan duduk di bangku depan.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, umumnya sudah terdapat air bag sebagai standar keselamatan. Di mana air bag atau kantong udara ini akan mengembang ketika terjadi benturan yang sangat keras atau kecelakaan. Pada bagian sun visor penumpang depan biasanya terdapat gambar serta larangan seseorang dengan tubuh yang kecil duduk di bangku atau jok depan. Mengapa tidak boleh, ini penjelasannya !

Sabuk pengaman 

Dalam penggunaan sabuk pengaman ini ada beberapa sop yang harus dilakukan, diantaranya adalah terkait pemasangannya, pertama sabuk pengaman ini harus melintang dengan melewati bahu bukan di leher, kedua sabuk pangkuan usahakan berada pada tempat yang serendah mungkin diatas pinggul, dan ketiga adalah angkur sabuk pengaman jangan lebih rendah dari level bahu.

Pada dasarnya sabuk pengaman ini dirancang untuk satu orang yang sudah dewasa, dan untuk anak kecil mungkin masih belum bisa sempurna. Jangan juga memangku anak kecil, karena bisa saja sabuk pengaman ini mencekik leher atau bagian tubuh yang lain pada anak kecil.

Airbag

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa air bag akan mengembang ketika terjadi benturan yang sangat keras atau kecelakaan. Dimana kecepatan air bag dalam mengembang ini sangatlah cepat, dan bisa menyebabkan luka bakar, atau cidera serius lainnya, karena sebenarnya tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir resiko bahaya penumpang.

Baca : Kini ada Fitur Air Bag di Datsun Go
Dengan alasan ini maka jangan memberikan resiko bahaya pada anak anda dengan menempatkannya di bangku depan. Dan berikut ini beberapa tips aman terkait dengan artikel ini :

1. Tips yang pertama adalah posisi duduk seorang pengemudi usahakan jangan terlalu dekat dengan kemudi mobil. Jok boleh dibuat agak maju, tetapi sandaran jok agak direbahkan.
2. Tips yang kedua adalah semua penumpang yang ada dibagian depan tidak boleh duduk di ujung jok dan juga jangan menunduk karena risiko bahayanya akan lebih besar.
3. Tips yang ketiga adalah dilarang untuk meletakkan sesuatu baik benda, handphone dll di depan penutup air bag. Bila air bag ini mengembang, maka benda tersebut akan terlempar dan berisiko untuk menciderai penumpang mobil anda.
4. Para produsen mobil sudah sepakat dan merekomendasikan bahwa anak kecil lebih baik duduk di belakang dan menggunakan sabuk pengaman. (Anak kecil ya, tidak termasuk bayi dan balita)
5. Akan lebih aman lagi kalau menggunakan jok tambahan khusus anak kecil.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.