Cara Cepat Membuat Daftar Gambar / Tabel / Grafik Secara Otomatis di Word

  • Bagikan


Setiap buku, skripsi ataupun makalah jarang sekali tidak disisip gambar, tabel, maupun grafik. Sebagai contoh, isi buku tentang panduan / tutorial maka setiap step by step-nya dibuatkan gambar ilustrasi, atau data pendukung pada skripsi kadang disusun dalam sebuah tabel disusul dengan menampilkan grafik menurun ataupun naik. Tak cukup itu saja, turut disertai juga keterangan seperti nama atau judul untuk keperluan pembuatan daftar gambar, tabel, dan grafik.

Cara Membuat Daftar Gambar, Daftar Tabel dan Grafik Secara Otomatis di Word

Bagaimana cara membuat daftar gambar dan daftar tabel / grafik secara otomatis di word?

Pertanyaan ini sering mucul ketika kita usai menyisip gambar, tabel, atau grafik beserta keterangan judulnya di dalam makalah, laporan, skripsi, ataupun buku. Membuat judul gambar, tabel atau grafik berarti memberikan informasi kepada pembaca mengenai keterangan isi sebuah gambar. Sedangkan membuat daftar judulnya di bagian awal dokumen (setelah daftar isi) bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada pembaca tentang apa saja gambar, tabel atau grafik yang sudah diisi beserta keberadaannya di dalam sebuah naskah/dokumen.

Secara umum, halaman daftar gambar menampilkan rincian gambar berupa nomor gambar, judul gambar, serta nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Demikian halnya dengan daftar tabel yang mencantumkan nomor tabel, judul tabel, serta nomor halaman untuk setiap tabel. Judul gambar dan tabel di daftar harus sama dengan judul yang terdapat dalam teks.

Khususnya buat teman-teman yang saat ini sedang mengerjakan skripsi, tesis atau disertasi, dengan adanya daftar gambar dan daftar tabel ini sangat membantu pembimbing untuk melihat kelengkapan dan pendukung seperti gambar dan tabel yang sudah dimuat dalam dokumen sobat.

Judul gambar, tabel / grafik di word dibuat dengan cara menggunakan fitur Caption sementara cara membuat daftar judul gambar bisa dilakukan dengan otomatis memanfaatkan fitur Insert Table of Figures. Namun, sebelum membahas keduanya simaklah penjelasan berikut:

Apa itu Daftar Tabel?

Daftar tabel adalah suatu susunan tulisan dibagian awal atau sebelum BAB I yang isinya menampilkan rincian keseluruhan item-item tabel pada sebuah dokumen beserta keterangan dan nomor halaman letak tabel berada.

Fungsi Daftar Tabel

Fungsi daftar tabel sama seperti daftar isi yaitu untuk memudahkan pembaca dalam menemukan apa saja tabel yang termuat dalam sebuah skripsi atau buku berhubung karena sudah turut dicantumkan nomor halaman setiap tabel.

Apa itu Daftar Gambar?

Daftar gambar adalah suatu susunan tulisan dibagian awal atau sebelum BAB I yang isinya menampilkan rincian keseluruhan item-item gambar pada sebuah dokumen beserta keterangan dan nomor halaman letak gambar berada.

Fungsi Daftar Gambar

Fungsi daftar gambar yaitu untuk memberikan petunjuk serta keterangan tentang apa saja gambar yang termuat didalam skripsi atau buku kepada setiap pembaca, sehingga memudahkan pembaca dalam menelusuri letak gambar oleh karena nomor halaman tiap gambar sudah turut disertakan.

Gambar dalam sebuah dokumen sangat penting peranannya. Dengan adanya gambar maka akan memberikan ilustrasi pikiran dan konsep penulis kepada pembaca sehingga pembaca mudah memahami apa yang dimaksud oleh penulis.

Sama halnya seperti artikel ini. Saya sebagai penulis tentu memberikan penjelasan dibantu dengan ilustrasi gambar sebagai penunjang sekaligus penerjemah apa yang saya maksudkan kepada pembaca.

Hanya saja pada artikel ini saya tidak membuatkan daftarnya. Saya cuma membuat judul setiap gambarnya saja.

Beda halnya kalau dokumen seperti karya ilmiah atau skripsi, ya tentu mesti dibuat donkk.

Penggunaan Gambar dan Tabel di Skripsi

Penggunaan gambar dan tabel memudahkan pembaca memahami dan menafsir data secara tepat dan mencari hubungan-hubungannya. Hanya, perlu diperhatikan bahwa gambar dan tabel yang baik harus dapat menyampaikan ide dan hubungannnya secara efektif.

Setiap perguruan tinggi dan universitas di Indonesia mempunyai aturan yang berbeda dalam penggunaan gambar dan tabel pada skripsi. Sebagai contoh berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tabel yaitu:

1. Kata “Tabel” ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf awal, ditempatkan di tengah halaman dengan jarak spasi ganda dibawah baris teks yang mendahuluinya dan diikuti nomor tabel (angka biasa) tanpa diakhiri tanda baca.

2. Judul tabel ditulis dengan huruf kapital (kecuali kata depan dan sambung), ditempatkan sesudah kata nomor tabel dengan spasi ganda. Apabila judul tabel lebih dari satu baris, sebaiknya ditulis dengan piramida terbalik dan spasi tunggal. Antara judul tabel dengan tabel diberi jarak spasi ganda.

3. Jika suatu tabel cukup besar (lebih dari setengah halaman), maka perlu ditempatkan pada halaman tersendiri. Sebaliknya, jika tabel cukup pendek (kurang dari setengah halaman) sebaiknya diintegrasikan dengan teks. Tabel diusahakan ditempatkan pada satu halaman saja. Jika terpaksa (tabel lebih dari satu halaman), dapat dilanjutkan pada halaman berikutnya dengan pengulangan penulisan kepala tabel (termasuk teksnya). Dan pada halaman berikutnya dituliskan Lanjutan Tabel… pada tepi kiri.

4. Apabila tabel terdiri dari satu atau dua jalur, tidak perlu diberi garis lajur. Sebaliknya, jika lebih dari tiga, sebaiknya diberi garis lajur. Butir-butir dalam tabel diberi jarak spasi tunggal.

5. Tabel yang dikutip dari sumber lain wajib diberi keterangan mengenai penulis, tahun publikasi, nomor halaman yang ditempatkan di bawah garis horizontal, diantara tanda kurung. Jika diperlukan catatan untuk menjelaskan butir tertentu dalam tabel ditempatkan dibawah tabel.

Berkaitan dengan penggunaan gambar, grafik, foto, peta, dan sebagainya perlu diperhatikan hal-hal berikut.

1. Gambar, grafik, foto, peta, dan sejenisnya diusahakan berada pada satu halaman dengan teksnya. Penyebutan adanya gambar seharusnya mendahului gambar.

2. Judul gambar dan sejenisnya ditempatkan pada bagian bawah gambar dan tengah halaman, diberi nomor urut serta diawali dengan kata Gambar.

Contoh Penggunaan Tabel dan Gambar
Gambar 1: Contoh Penggunaan Tabel dan Gambar

Contoh Daftar Gambar Skripsi / Laporan / Makalah / Karya Tulis

Untuk membantu teman-teman dalam penulisan daftar ini, berikut saya kasi contoh daftar gambar skripsi.

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Contoh-contoh Prisma…………………. 33

Gambar 2. Prisma Segi Lima…………………. 34

Gambar 3. Prisma Segi Enam Beraturan…………………. 36

Gambar 4. Prisma…………………. 36

Gambar 5. Melukis Prisma Tegak…………………. 37

Gambar 6. Jaring-jaring Prisma…………………. 37

Gambar 7. Luas Permukaan Prisma…………………. 38

Gambar 8. Prisma Balok…………………. 39

Gambar 9. Prisma Segi Enam Beraturan…………………. 40

Gambar 10. Kerangka Berpikir…………………. 41

Contoh diatas bisa dijadikan panduan dalam membuat daftar tabel atau grafik, tinggal mengganti judul dan labelnya saja. Misalnya judul dibuat menjadi DAFTAR TABEL, jangan lupa mengganti label juga menjadi tabel.

Cara Membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel Otomatis di Word

Kebanyakan orang membuat daftar gambar dan daftar tabel secara manual. Akibatnya kadang hasil yang didapatkan tidak rapi dan tidak sesuai dengan kaidah penulisan daftar gambar yang benar. Padahal microsoft word sudah menyediakan fitur Insert Table of Figures yang memudahkan pengguna untuk membuat daftar gambar ataupun daftar tabel secara otomatis.

Pada dasarnya proses pembuatannya tidak jauh beda dengan membuat daftar isi. Bedanya, sebelum membuat daftar isi otomatis kita perlu mengatur heading BAB dan SUBBAB, sementara disini kita harus menambah judul (caption) pada tiap-tiap gambar, tabel, dan grafik terlebih dahulu.

Setelah judul kita tambahkan, barulah kemudian kita membuat daftar gambar, daftar tabel dan grafik tanpa harus mengetiknya satu persatu dengan manual.

Sebelumnya saya informasikan bahwa pada tutorial ini umumnya menggunakan contoh pembuatan daftar gambar. Tetapi pada penerapannya bisa juga digunakan untuk membuat daftar tabel dan grafik. Bahkan cara ini pun bisa juga dimanfaatkan untuk membuat daftar lampiran.

Langsung saja, begini langkah-langkah membuat daftar gambar dan daftar tabel secara otomatis di word. Untuk tutorial ini saya menggunakan contoh dokumen skripsi.

Membuat Judul Gambar, Tabel dan Grafik di Word

Inilah langkah-langkah membuat judul gambar di word yaitu:

Langkah #1

Anggaplah saat ini teman-teman sedang membuka dokumen skripsi. Lalu buka halaman tempat sebuah gambar. Kemudian letakkan kursor disebuah baris sebagai tempat sobat meletakkan judul gambar/tabel/grafik.

Tempat Judul Gambar
Gambar 2: Tempat Judul Gambar

Langkah #2

Klik menu tab REFERENCES kemudian klik Insert Caption yang ada di grup Captions.

Insert Caption
Gambar 3: Insert Caption

Langkah #3

Akan tampil kotak jendela Caption seperti gambar berikut.

Caption
Gambar 4: Caption

Pada jendela ini kita akan mengatur judul gambar, tabel atau grafik. Agar lebih jelas berikut penjelasan dan langkah yang dilakukan sesuai nomor yang sudah saya kasi pada gambar.

(1) Biasanya kotak menu Exclude label from caption tidak di ceklis atau dicentang. Tujuannya adalah agar menampilkan nama label pada judul. Nama label sangat berguna bila didalam dokumen kita terdiri dari label yang banyak dan berbeda sehingga kita tidak lagi capek untuk mengetiknya. Misalnya nama label Gambar, Tabel, Grafik, Figure, dll. Pada caption nantinya akan tampil menjadi Gambar 1, Tabel 1, Grafik 1, Figure 1, dll.

Bila kotak ini dicentang maka hasil caption yang kita dapatkan adalah tanpa embel-embel label dibelakang judul, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Hasil Centang Exclude Label From Caption
Gambar 5: Hasil Centang Exclude Label From Caption

Tentu bukan ini yang kita harapkan. Saya sarankan kotak ini tidak perlu sobat ceklis.

(2) Melalui tombol New label kita bisa menambah nama label sesuai keinginan kita. Secara default label caption yang tersedia di word ada 3 yaitu equation, figure, dan table. Semuanya dalam bahasa Inggris.

Karena kita orang Indonesia tentu menginginkan label sesuai bahasa kita. Udah gitu, ketiga label ini tidak sesuai dengan yang kita butuhkan. Untuk menambahnya klik tombol New label maka akan tampil jendela pembuatan label yang baru.

Membuat Label Baru
Gambar 6: Membuat Label Baru

Melalui jendela ini kita ketik nama label misalnya Gambar, Tabel atau Grafik. Tambahkan saja ketiganya. Setiap menambah label, jangan lupa klik OK untuk menyimpannya.

(3) Aturlah penomoran judul melalui tombol Numbering…

Caption Numbering
Gambar 7: Caption Numbering

Pada menu Format sobat bisa memilih jenis nomor urut yang digunakan misalnya 1,2,3,…; a,b,c,… atau i,ii,iii,…

Catatan Tambahan:

Sobat bisa mencentang kotak Include chapter number jika ingin menampilkan kode BAB tempat posisi gambar sebelum nomor urut judul.

Hal-hal yang sobat perhatikan untuk menggunakan fitur ini yaitu:

  1. Pastikan penomoran BAB dokumen kita telah menggunakan format numbering dan heading, bila tidak maka penggunaan kode BAB tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  2. Bila sudah, gunakan Chapter starts with style untuk memilih jenis level heading kode BAB, misalnya Heading 1.

  3. Pada Use separator kita bisa mengatur simbol untuk memisahkan kode BAB dan nomor urut judul, misalnya menggunakan tanda titik (period) atau garis datar (hyphen). Bisa juga dengan tanda titik dua (colon) dan garis datar panjang (em-dash).

Bila pengaturan diatas selesai dilakukan, klik OK untuk menyimpan perubahan yang dipilih.

(4) Label berguna untuk menampilkan label yang dipilih. Pada bagian ini kita memilih salah satu dari daftar label yang tersedia dalam aplikasi word, termasuk nama label yang baru dibuat.

Bila tidak perlu, label yang ada kita bisa menghapusnya dengan cara pilih label yang ingin dihapus didaftar lalu klik tombol Delete Label

(5) Caption untuk menampilkan hasil perubahan judul gambar. Kita bisa juga menambah judul gambar disini setelah label. Misalnya kita lanjutkan mengetik judul: Contoh-contoh Prisma.

Menambah Judul Gambar
Gambar 8: Menambah Judul Gambar

Bila yang sobat buat adalah judul tabel, jangan lupa mengganti label menjadi tabel. Demikian halnya bila grafik, silahkan sesuaikan nama labelnya.

(6) Setelah sobat menyelesaikan semua langkah-langkah diatas, saatnya klik tombol OK untuk menerapkan perubahan Caption yang kita pilih.

Langkah #4

S e l e s a i !!! Berikut contoh hasil penerapan judul gambar.

Hasil Penerapan Judul Gambar
Gambar 9: Hasil Penerapan Judul Gambar

Mengubah Format Huruf Pada Judul Gambar

Sesuai hasil gambar di atas, ada sedikit perubahan pada jenis, warna dan ukuran huruf judul gambar. Seperti warna huruf berubah menjadi biru dan gaya huruf miring (italic).

Nah, semua ini bisa kita atur melalui pemformatan huruf secara sekaligus dengan cara:

Langkah #1

Klik menu tab HOME kemudian klik more atau tanda panah bawah yang ada di grup Styles.

Styles
Gambar 10: Styles

Langkah #2

Akan tampil daftar styles seperti gambar berikut:

Daftar Styles
Gambar 11: Daftar Styles

Langkah #3

Cari style Caption lalu klik kanan. Kemudian pilih Modify

Modify
Gambar 12: Modify

Langkah #4

Akan muncul jendela Modify Style. Pada bagian Formatting silahkan pilih jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, posisi caption, dll. Hasil format yang kita pilih langsung tampil dibagian preview. Berikut contoh pilihan format huruf yang bisa dijadikan sebagai referensi. Silahkan ber-eksperimen untuk mengatur format huruf sesuai keinginan teman-teman.

Mengubah Format Huruf Pada Judul
Gambar 13: Mengubah Format Huruf Pada Judul

Langkah #5

Dari pengaturan di atas, kurang lebih hasil yang akan kita dapatkan adalah jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12 pt, gaya huruf tidak ada, warna huruf hitam, posisi judul ditengah-tengah serta menggunakan spasi single. Klik OK untuk menyimpan format huruf. Ini berlaku untuk semua judul secara sekaligus baik gambar, tabel maupun grafik. Hasilnya seperti berikut.

Judul Gambar
Gambar 14: Judul Gambar

Bagaimana cara membuat judul gambar lainnya??

Lakukan seperti langkah-langkah yang saya jelaskan sebelumnya, sementara untuk format huruf tidak perlu diatur lagi, akan mengikuti format huruf caption yang sudah kita atur barusan.

Sedikit tambahan, judul gambar tidak melulu diketik dijendela Caption. Kita juga bisa membuat judul gambar dengan cara:

1. Letakkan kursor ditempat judul gambar yang diinginkan. Klik menu tab REFERENCES —– Insert Caption —– OK. Caption abaikan, urutan gambar/tabel/grafik disesuaikan sendiri.

Cara Lain Membuat Judul Gambar
Gambar 15: Cara Lain Membuat Judul Gambar

2. Akan tampil nama label yang dipilih lalu disusul dengan urutan gambar, barulah kemudian sobat ketik judul gambar. Secara lengkap ketik menjadi Gambar 5. Melukis Prisma Tegak

Ketik Judul Gambar
Gambar 16: Ketik Judul Gambar

3. Selesai!!!

Walaupun pada tutorial ini secara umum contoh yang digunakan hanya untuk membuat judul gambar, tetapi pada dasarnya cara membuat judul tabel dan grafik juga sama. Bedanya hanya pada Label saja. Label gambar tinggal sobat ganti menjadi tabel atau grafik.

Membuat Daftar Gambar, Tabel dan Grafik

Beginilah cara membuat daftar gambar otomatis di word

Langkah #1

Arahkan dan tempatkan kursor ke halaman kosong dimana kita akan membuat daftar gambar, tabel, atau grafik.

Langkah #2

Ketiklah judul, misalnya kita akan membuat DAFTAR GAMBAR. Untuk daftar tabel dan grafik langkah-langkahnya sama. Jika daftar ini untuk skripsi, jangan lupa meletakkan ditengah-tengah dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman 12pt.

Langkah #3

Lalu tambahkan baris baru dengan menekan Enter hingga posisi kursor berada disebelah kiri baris dimana kita mulai mencantumkan judul gambar. Klik tab REFERENCES lalu pilih Insert Table of Figures

Membuat Daftar Gambar
Gambar 17: Membuat Daftar Gambar

Langkah #4

Akan muncul jendela Table of Figures

Table of Figures
Gambar 18: Table of Figures

Langkah #5

Pastikan sudah mencentang ke tiga pilihan ini Show page numbers, Right align page numbers, Include label and number.

Pada Tab leader pilih tanda titik-titik (…….). Yang terpenting!!! pilih salah satu Caption label. Karena yang kita buat daftar gambar berarti yang kita pilih adalah Gambar.

Bila yang sobat buat adalah daftar tabel atau grafik, jangan lupa mengganti dan menyesuaikan caption label menjadi Tabel atau Grafik

Langkah #6

Klik OK untuk menyimpan dan mengakhiri. Secara otomatis daftar gambar ditambahkan lengkap dengan judul (caption) dan nomor halaman dimana posisi gambar berada tanpa mengetik manual.

Hasil Akhir Membuat Daftar Gambar
Gambar 19: Hasil Akhir Membuat Daftar Gambar

Langkah #7

Terkadang hasil yang didapatkan menggunakan huruf default word yaitu calibri ukuran 11pt. Nah, karena ini untuk keperluan skripsi teman-teman tinggal mengubahnya dengan memblok keseluruhan huruf kemudian ganti dengan jenis huruf times new roman ukuran 12pt. Jangan lupa juga mengatur Line Spacing menjadi 2,0.

Gimana teman-teman? Mudah dan simpel bukan membuat daftar gambar? Pasti donkkk!!!

Saya harap untuk membuat daftar tabel dan daftar grafik sobat bisa buat sendiri dengan menyesuaikan langkah-langkah seperti di atas. Jangan lupa ubah judul dan ganti caption label.

Apa Kelebihan Membuat Daftar Gambar Otomatis di Word?

Salah satu kelebihannya yaitu akan menyediakan fitur hyperlink yang memudahkan pembaca menuju lokasi gambar yang diinginkan dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard bersamaan dengan mengklik judul gambar yang dituju.

Selain itu, memudahkan penulis bilamana akan melakukan pengeditan kembali pada gambar beserta keterangannya.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.