Cara Gampang Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis di Ms Word

  • Bagikan


Cara Gampang Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis di Ms Word

Penyusunan naskah-naskah ilmiah biasanya memerlukan daftar isi sebagai petunjuk dalam menemukan halaman yang dituju. Termasuk naskah makalah dan skripsi yang syarat akan isi dan informasi. Tidak jarang jika disaat proses penyusunan skripsi atau makalah kita mendapati diri kita kesulitan dalam mengatur format-format penulisan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah/kampus.

Banyaknya peraturan dan tata penulisan yang ditetapkan, membuat Anda harus mengingat-ingat kembali materi seputar pelajaran komputer saat sekolah dulu. Anda harus selalu paham betul cara-cara penulisan dasar Ms Word. Termasuk cara membuat daftar isi manual di Ms word.

Pembuatan daftar isi dapat dilakukan melalui dua cara, yakni cara manual dan otomatis. Jika Anda sudah mulai menyusun skripsi Anda dan sedang mencari tahu langkah-langkah penulisan daftar isi untuk skripsi, simak beberapa langkah di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Ms Word

Menyusun daftar isi secara manual rupanya lebih banyak dilakukan oleh para siswa dan mahasiswa disaat menyusun laporan maupun makalah. Penyusunan daftar isi secara manual memiliki kelebihan caranya yang sangat mudah, tidak ribet dan tentunya akan bisa diingat dan dilakukan oleh siapa saja.

Cara membuat daftar isi manual di Ms Word dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen word Anda.

  2. Setelah itu, pastikan tersedia ruler di atas tampilan kertas word. Jika belum ada, Anda bisa memunculkannya dengan cara klik menu View pada bar, lalu beri tandang checklist pada pilihan Ruler di grup Show. Dengan begitu tampilan ruler akan langsung muncul di atas lembar kerja dokumen word.

  3. Selanjutnya, pastikan kursor berada di halaman daftar isi yang akan dibuat. Lalu ketik judul halaman “DAFTAR ISI”. Kemudian lanjutkan dengan mengetik seluruh item yang akan di muat pada daftar isi. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu memberi nomor halaman pada setiap item daftar isi, blok seluruh tulisan tersebut.

  4. Jika berhasil diblok, arahkan kursor menuju menu Home.

  5. Kemudian klik tanda panah kecil di pojok kanan bawah Paragraph, maka secara otomatis akan ditampilkan dialog box Paragraph. Temukan tombol Tabs pada bagian pojok kiri bawah, lalu klik.

    Cara memunculkan dialog box Paragraph di word
  6. Akan dimunculkan kotak dialog Tabs dan isi batas titik-titik yang diinginkan dalam daftar isi, biasanya orang-orang akan mengisi 15 pada pilihan Tabs Stop Position, pilih Right pada menu Alignment dan klik angka 2 pada pilihan menu Leader. Jika semua sudah terisi, klik Set dan OK.

  7. Setelah itu, buat titik-titik dengan cara tekan tab di sebelah item-item daftar isi. Misalnya di sebelah kata pengantar tekan TAB. Maka secara otomatis akan muncul titik-titik daftar isi yang siap untuk dibubuhi angka halaman secara manual. Anda dapat menambahkan titik-titik secara manual jika merasa titik pada daftar isi tersebut masih kurang. Mudah bukan?.

    Tampilan daftar isi yang dibuat secara manual melalui word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word

Kelebihan dari daftar isi otomatis adalah penyusunan daftar isinya yang lebih rapi dan tidak ada lagi pembubuhan angka secara manual yang terus-terusan. Namun sebaiknya kita buat nomor halaman dahulu di setiap halamannya, silahkan baca cara membuat halaman berbeda di Word jika ingin membuat daftar isi untuk skripsi. Walaupun caranya lebih ribet dibandingkan cara membuat daftar isi manual di Ms Word, namun hasil akhir dari otomatis lebih rapi.

  1. Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum mengatur daftar isi sudah pasti adalah membuka dokumen word yang hendak diatur.

  2. Jika pada cara manual Anda diharuskan mengetik bab-bab yang akan dijadikan daftar isi, maka pada cara otomatis Anda tidak perlu menuliskan apapun pada lembar daftar isi, cukup tuliskan judul halamannya saja, yakni “DAFTAR ISI”.

  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk membuat Style Heading. Caranya yaitu dengan blok Bab / Sub Bab yang hendak dijadikan sebagai item pada daftar isi.

  4. Arahkan kursor menuju menu Home, lalu cari menu yang tersedia Heading Style, setelah itu pilih Style Heading nomor 1.

  5. Atur heading sesuai dengan format yang Anda inginkan, karena format Heading inilah yang nanti akan terus ada di setiap Bab / Sub Bab dokumen Anda. caranya dengan klik pilihan Apply Styles sampai muncul kotak dialog Apply styles, lalu klik Modify.

  6. Akan ditampilkan kotal dialog Modify Style, disitu Anda diarahkan untuk merubah format Bab sesuai dengan yang diinginkan.

  7. Kemudian klik tombol Format pada bagian pojok kiri bawah kotak dialog Modify Style untuk membuat format penomoran yang diinginkan.

  8. Lakukan seluruh langkah ini pada Heading 1 , 2 dan seterusnya sesuai dengan berapa heading yang Anda butuhkan.

  9. Dengan begitu, pembuatan daftar isi otomatis telah selesai.

Itulah beberapa cara membuat daftar isi manual di Ms Word dan cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word. Walaupun masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihan, namun tidak ada salahnya untuk terus belajar mengaplikasikan kedua cara tersebut agar ilmu yag dimiliki seputar pengaturan word semakin banyak dan berkembang.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.