Cara Membuat Tulisan Diatas Gambar di Microsoft Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016

  • Bagikan


Sebagai aplikasi pengolah data terpopuler, sudah selayaknya Microsoft Word digunakan untuk keperluan membuat berbagai jenis dokumen penting. Bagaimana tidak? Word dengan segudang fitur lengkapnya sangat memanjakan dan memberi kemudahan dalam pengoperasiaannya kepada pengguna. Salah satu fitur yang kerap digunakan dan perlu sobat ketahui adalah bagaimana kombinasi antara gambar dan teks atau lebih dikenal dengan istilah cara membuat tulisan diatas gambar di word.

Cara Membuat Tulisan Diatas Gambar di Microsoft Word

Jangan khawatir, saya juga demikian ketika awal-awal menggunakan word, tidak tahu cara menempatkan atau meletakkan teks di atas gambar, sudah berulang saya coba tapi gagal terus.

Bingung sendiri waktu itu.

Lalu, bagaimana sih cara menempatkan tulisan / teks yang diketik bisa berada di atas gambar / foto??

Dengan begini maka gambar dan tulisan terlihat menyatu. Artinya dalam dokumen word, tulisan dibuat berada didepan gambar, dan sebaliknya gambar berada dibelakang teks.

Ada beberapa alasan sebenarnya mengapa sobat perlu mengatur agar posisi teks berada diatas gambar. Alasannya seperti sobat ingin memberi label atau keterangan sebagai penjelas gambar yang sedang sobat masukkan didokumen word agar terlihat menarik. Atau mungkin saja sobat bermaksud menempatkan logo perusahaan sebagai latar (backgroud) dokumen yang sedang dibuat. Atau bisa juga karena sobat ingin menjadikan gambar / foto sebagai watermark dokumen word.

Terlepas dari apapun alasan sobat, yang pasti cara menggabungkan gambar dengan teks di word bisa dilakukan dengan mudah. Walaupun Microsoft Word sendiri bukanlah aplikasi pengolah gambar namun dengan fitur editing gambar yang tersedia maka akan sedikit membantu sobat walau terbatas.

Cara Menempatkan Teks Diatas Gambar di Word

Berikut cara mudah untuk membuat tulisan berada diatas gambar didokumen microsoft word.

1. Menggunakan Text Box

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan text box (kotak teks). Salah satu kelebihan pemanfaatan fitur text box di dokumen word adalah sobat bisa mengetik teks didalamnya dan bisa meletakkannya dimana saja.

Itulah sebabnya mengapa saya memilih cara ini sebagai pilihan pertama. Saya malah biasa menggunakan cara ini.

Keleluasaan pengguna dalam mengatur posisi teks didalam dokumen word adalah fitur utama dari text box ini. Sobat bisa menempatkannya disamping kiri / kanan gambar, diatas gambar, dibawah gambar atau bahkan didepan gambar.

Ini dia langkah-langkah untuk melakukannya.

  1. Bukalah dokumen word atau aplikasi Microsoft Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016 / 2019 yang ada di laptop sobat.
  2. Bila belum menyisipkan gambar, silahkan sisipkan terlebih dahulu dengan cara klik tab INSERT, lalu icon Pictures dan di kotak dialog Insert Picture yang muncul, cari lokasi penyimpanan gambar kemudian pilih gambar yang ingin disisipkan ke dokumen Microsoft Word, akhiri dengan menekan tombol Insert.
  3. Kita lanjutkan dengan menyisipkan text box. Klik tab INSERT, lalu Text Box kemudian pilih Simple Text Box
    Cara menyisipkan text box di word
  4. Text box terlihat sudah tersisipkan di dalam dokumen word, didalamnya ada contoh sampel teks yang sudah tersorot. Lanjutkan dengan mengetik teks sembarang atau keterangan penjelas yang akan diletakkan diatas gambar.
    Ketik tulisan atau teks sebagai keterangan gambar di text box
  5. Lanjutkan dengan mengatur format teks. Silahkan pilih atau sorot text box lebih dulu lalu klik tab HOME, kemudian atur jenis hurunya misalnya Times New Roman dengan ukuran 14pt dan bisa juga di tebalkan Bold (opsional). Agar terlihat rapi baiknya posisikan teks agar berada ditengah text box dengan memilih icon Center.
    Mengatur format teks
  6. Agar text box nantinya bisa kita gerakkan dan meletakkannya sesuai keinginan kita maka kita harus atur layout options-nya. Caranya yaitu usahakan text box dalam keadaan terseleksi / terblok. Lalu klik Layout Options disebelah kanan box, kemudian klik ikon In Front of Text
    Mengatur layout options text box
  7. Sekarang drag and drop (tekan dan seret) text box dan letakkan dimana saja sesuai keinginan, misalnya kita tempatkan di atas gambar. Atur posisi teks hingga berada ditengah-tengah gambar. Berikut tampilan sementara.

    Mengatur posisi text box berada di atas gambar

    Perhatikan bahwa hasilnya memang masih belum sempurna. Terlihat latar belakang (background) text box berwarna putih dengan garis tepi warna hitam. Jangan khawatir, kita akan mengubahnya dengan mengikuti langkah selanjutnya.

  8. Cara menghilangkan warna latar putih pada text box yaitu pastikan sobat sudah menyeleksi text box terlebih dahulu, lalu klik tab FORMAT, kemudian pada grup Shape Styles klik Shape Fill lalu akhiri dengan memilih No Fill
    Cara menghapus background text box
  9. Lakukan cara yang sama untuk menghilangkan garis tepi text box. Hanya saja pada pada grup Shape Styles klik Shape Outline lanjutkan dengan memilih No Outline
    Cara menghapus garis tepi text box
  10. Jika langkah-langkah diatas sudah sobat lakukan dengan benar maka berikut hasil tampilan akhirnya. Didalam dokumen word terlihat bahwa teks terletak diatas gambar menggunakan text box sudah transparan.
    Teks berada diatas gambar

Tips menambah teks / tulisan di gambar / foto

  • Apabila dokumen yang sobat buat terdapat beberapa gambar yang harus disertai keterangan maka sobat tidak perlu membuat kotak teks dari awal. Cukup dengan duplikat / copy paste text box transparan yang sudah dibuat (tekan Ctrl + C kemudian tekan lagiCtrl + V di keyboard). Sobat tinggal ganti keterangannya saja.
  • Sobat bisa berkreasi dengan menyesuaikan bentuk / gaya text box, misalnya mengubah backgroundnya menggunakan gradasi warna merah dan kuning, dll.
  • Agar lebih menarik, sobat bisa mengganti jenis dan warna huruf yang digunakan. Gunakan huruf yang keren dan warna yang cerah.

2. Posisikan Gambar Di Belakang Teks

Alternatif lain yang bisa sobat terapkan untuk memperoleh tampilan teks berada diatas gambar adalah dengan menyisipkan gambar didokumen word lalu menempatkannya dibagian belakang teks. Cara ini sama seperti sobat menambahkan watermark berupa gambar / foto dibelakang teks dokumen Microsoft Word.

Tanpa banyak basa basi, ini langkah-langkah untuk melakukannya.

  1. Jalankan dokumen word atau aplikasi Microsoft Word yang berisi teks dan sudah sobat ketik sebelumnya.
  2. Sisipkan gambar dengan cara klik tab INSERT, lalu icon Pictures dan di kotak dialog Insert Picture yang muncul, cari lokasi penyimpanan gambar kemudian pilih gambar yang ingin disisipkan ke dokumen Microsoft Word, akhiri dengan menekan tombol Insert.
  3. Selanjutnya kita atur agar gambar bisa dipindahkan dan berada dibelakang text. Pastikan gambar sedang dalam keadaan terseleksi, lalu klik Layout Options disebelah kanan gambar, kemudian klik ikon Behind Text
    Mengatur layout potions gambar menjadi behind text
  4. Sekarang kita ubah letak gambar dengan menekan lalu menggesernya (drag and drop) ke posisi yang diinginkan. Misalnya menempatkannya ditengah-tengah teks. Perhatikan bahwa setelah memilih Behind Text maka posisi gambar berada dibagian belakang (background) teks. Sobat juga bisa menambah ukuran gambar dengan menarik kotak boks yang berada dibagian kanan bawah gambar (ikuti arah panah pada gambar).
    Menambah ukuran gambar
  5. Berikut hasil akhirnya. Sekarang gambar terlihat berada dibelakang teks, sementara teks letakknya didepan gambar.
    Hasil akhir behind text

Cara Menggabungkan Objek Teks Box Dengan Gambar di Word

Bila sobat meletakkan tulisan / teks diatas gambar didokumen word dengan menggunakan bantuan text box maka salah satu kendala yang sobat temui adalah ketika sobat misalnya memindahkan text box ke tempat yang lain maka gambar tidak akan mengikutinya (tidak ikut berpindah).

Tentu ini akan membutuhkan waktu yang banyak bila harus memindahkannya satu persatu. Belum lagi posisinya yang bisa saja berantakkan dan tidak sesuai dengan posisi yang sudah dibuat sebelumnya.

Tapi tenang saja, ini bukanlah sebuah masalah besar. Caranya mudah sekali, sebelum memindahkan / meletakkan keduanya di tempat berbeda maka sobat harus menggabungkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan seleksi dengan mengklik text box terlebih dahulu, lalu tekan dan tahan tombol Ctrl di keyboard kemudian susul dengan mengklik gambar.
    Seleksi text box dan gambar
  2. Selanjutnya klik tab FORMAT dibagian Picture Tools (bisa juga Drawing Tools), kemudian klik Group lalu sekali lagi klik Group
  3. Selesai!!! Sekarang objek text box dan gambar sudah tergabung dan sobat bisa memindahkannya dimana saja sesuai keinginan.
    Cara menggabungkan text box dan gambar

Demikian ulasan tentang cara membuat tulisan diatas gambar di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Jangan lupa membagikannya kepada teman-teman yang lain.

Terimakasih atas kunjungan teman-teman semua disitus emanmendrofa. Mohon bantuan untuk SUBSCRIBE channel youtube saya ya teman-teman, jangan lupa juga klik icon NOTIFIKASI untuk memperoleh pemberitahuan tentang konten terbaru saya.

Atas bantuan dan kesediaan teman-teman saya ucapkan terimakasih, semoga Tuhan membalas segala kebaikan yang tulus dari teman-teman melalui aktivitas setiap harinya.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.