Cara Menampilkan dan Menghilangkan Text Boundaries di Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016

  • Bagikan


Saat pertama kali menginstal aplikasi microsoft word di PC / laptop, secara default lembar dokumen terlihat kosong tanpa text boundaries (garis tepi). Sebagian pengguna merasa bahwa fitur text boundaries ini perlu ditampilkan. Sebagian lainnya menganggap bahwa kehadiran fitur ini justru tidak diperlukan sekali, baiknya dihilangkan saja.

Terlepas dari dilema tersebut, sebenarnya text boundaries justru punya peranan dan manfaat penting dalam pembuatan dokumen word. Bagi kalangan profesional mungkin tidak begitu terasa, namun bagi yang awam tentu ini dirasa perlu. Bahkan karena sudah menjadi kebiasaan, lembar kerja dokumen seperti ada yang kurang bila tidak ada text boundaries.

Text boundaries di word bisa saja diaktifkan agar tampil ataupun dinonaktifkan agar hilang saat tidak dibutuhkan dilembar kerja dokumen

Saat mengetik teks di word, lembar kerja terlihat identik / sama persis dengan jenis dan ukuran kertas yang sebelumnya kita atur melalui page layout. Umumnya awal pengetikan teks tidak serta merta dimulai dari tepi kiri kertas. Akan tetapi diberi jarak kosong guna keperluan seperti tempat jilid, tempat hekter ataupun tempat dibolongin bila ingin memasukkan kedalam map pakar sebagai dokumen arsipan. Jarak dan ukurannya mengikuti pengaturan margins kertas.

Nah, agar pengguna tahu jarak kosong dan posisi seharusnya memulai dan mengakhiri pengetikan teks maka untuk itulah text boundaries ini ada. Kebanyakan menganggap bahwa fitur ini hanyalah sebatas petunjuk saja dan tidak tampil saat dokumen word diprint.

Sangat jelas bahwa fitur ini cukup membantu pengguna dalam merapikan teks / isi dokumen. Tampilannya pun cukup sederhana, hanya berupa garis titik-titik yang melintang dan mengelilingi lembar kerja dokumen word. Biasanya teks diketik dalam garis text boundaries ini. Selain teks, pada bagian ini kita juga bisa membuat tabel, mendesain grafik, menggambar shapes, menampilkan gambar ataupun memasukkan field database seperti aplikasi excel, photoshop, corel, dll.

Apapun teks / isi dibagian luar fitur ini tidak tercetak / tidak terlihat saat di print sekalipun dalam lembar kerja dokumen tampil jelas keberadaanya. Jadi, berhati-hatilah saat melakukan pengetikkan dokumen, jangan sampai melebihi garis tepi / text boundaries ini.

Cara Menampilkan Text Boundaries Microsoft Word

1. Bukalah aplikasi microsoft word 2007/2010/2013/2016 di PC / Laptop sobat. Kemudian silahkan cari dan klik menu tab FILE, biasanya ada dibagian sudut kiri atas aplikasi word.

Klik menu tab FILE disudut kiri atas aplikasi word
Klik menu tab FILE disudut kiri atas aplikasi word

2. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut, lalu arahkan kursor ke sisi kiri bagian bawah dan klik Options

Klik Options pada sisi kiri bagian bawah word
Klik Options pada sisi kiri bagian bawah word

3. Pada jendela Word Options yang tampil, klik Advanced disisi kotak sebelah kiri. Lalu scroll mouse dan cari judul pengaturan Show document content kemudian centang pada kotak Show text boundaries

Cara Menampilkan dan Menghilangkan Text Boundaries di Word
Cara Menampilkan dan Menghilangkan Text Boundaries di Word

4. Selesai!!! Lembar kerja dokumen akan menampilkan text boundaries. Sobat sudah siap mengetik teks / membuat tabel / mendesain grafik / memasukkan gambar, dll.

Text Boundaries pada lembar kerja dokumen word
Text Boundaries pada lembar kerja dokumen word

Cara Menghilangkan Text Boundaries Microsoft Word

Ada kalanya kita tidak lagi membutuhkan text boundaries. Kita bisa saja menghilangkannya dari dokumen word. Caranya pun relatif mudah, cukup dengan mengikuti langkah diatas. Hanya saja, bila sebelumnya kita centang, maka agar tidak terlihat dalam lembar kerja dokumen word sobat tinggal copot atau melepas tanda centang pada Show text boundaries

Mudahkan??? Dengan cara ini maka dokumen word terlihat persis seperti tampilan kertas, polos dan hanya menampilkan teks atau isi dokumen saja. Ingat ya!!! menghilangkan bukan berarti menghapus text boundaries. Tetap ada kok cuma tidak terlihat saja.

Sekian dan semoga bermanfaat.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.