Cara Menghitung Nilai Akar Pangkat 2, 3, 4, dan 5, atau Lebih

  • Bagikan


Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang kian hari semakin maju, semua orang menginginkan segala sesuatunya dengan proses yang serba cepat dan instan. Gak perlu ribet. Salah satunya penghitungan nilai akar bilangan berpangkat 2, 3, 4, dan 5, atau bahkan lebih dengan mudah menggunakan excel.

Hal ini suatu kewajaran mengingat kita juga tidak mau dianggap Gaptek (Gagap Teknologi).

Apa sih yang dimaksud dengan akar??

Akar adalah kebalikan dari bilangan berpangkat. Sementara bilangan pangkat adalah bilangan yang diperoleh dari hasil perkalian berulang suatu bilangan.

Sebagai contoh:

$3^2 = 3 times 3 = 9$ (dibaca: tiga pangkat dua sama dengan tiga kali tiga sama dengan 9), dalam bentuk akar ditulis $sqrt9 = 3$ (dibaca: akar sembilan atau akar kuadrat dari sembilan sama dengan tiga).

$4^3 = 4 times 4 times 4 = 64$ (dibaca: empat pangkat tiga sama dengan empat kali empat kali empat sama dengan enam puluh empat), dalam bentuk akar ditulis $sqrt[3]64 = 4$ (dibaca: akar pangkat tiga dari enam puluh empat sama dengan empat).

$5^4 = 5 times 5 times 5 times 5 = 625$ dalam bentuk akar ditulis $sqrt[4]625 = 5$

Dari contoh di atas tampak bahwa hasil bilangan pangkat bila di akarkan maka akan kembali ke nilai bilangan pokok dari suatu bilangan yang dipangkatkan. Selain itu, semakin besar sebuah pangkat maka semakin banyak pula sebuah bilangan dikalikan dengan secara berulang.

Bagaimana cara menghitung nilai akar pangkat 2, 3, 4, dan 5??

Bila nilai akar pangkat dua yang dihitung saya rasa mudah. Demikian juga bila akar pangkat tiga. Masih bisalah dicari secara manual, walau ribet sebenarnya, heheheh.

Untuk menghitung nilai akar pangkat mulai dari 4, 5, atau lebih agak sulit bila dihitung secara manual. Meskipun bisa saja kalau diusahakan (gak boleh gampang menyerah).

Namun sesuai konsep awal kita menghitungnya dengan menggunakan excel. Excel bisa kok dengan mudah mencari hasilnya. Tinggal masukkan rumus dan nilainya maka hasil akar pangkat 2, 3, 4, 5, atau berapapun nilai pangkatnya akan ditampilkan secara otomatis dan cepat. Gak perlu makek lama ngitungnya.

Excel sudah menyediakan beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk mencari nilai akar pangkat suatu bilangan. Sebut saja seperti fungsi SQRT, POWER, dan ABS. Ketiga fungsi ini akan saya jelaskan satu persatu untuk memudahkan teman-teman dalam menggunakannya.

Menghitung nilai akar pangkat dua menggunakan fungsi SQRT

Di excel, fungsi SQRT digunakan untuk menghitung atau mencari nilai akar pangkat dua (2), bilangan pangkat dua lebih dikenal dengan bilangan kuadrat. Sebagai contoh, hitunglah nilai $sqrt144$. Mula-mula bilangan 144 ketik disebuah sel excel, misalnya di sel A1. Kemudian hasilnya kita buat di sel A2. Maka di sel A2 tulis rumus berikut:

=SQRT(A1)

Kemudian tekan Enter lalu hasil yang akan nampak di sel A2 yaitu 12. Jadi $sqrt144 = 12$

A1 merupakan referensi sel, tak tertutup kemungkinan kita bisa mengetik langsung nilai bilangan yang akan dicari hasil akarnya. Jadi rumus di atas bisa juga diketik menjadi:

=SQRT(144)

Hasilnya sama saja kok yaitu 12. Agar lebih mahir menggunakannya, silahkan coba dengan bilangan yang lain.

Menghitung nilai akar pangkat tiga, empat, lima atau lebih

Fungsi SQRT tentunya tidak efektif untuk mencari nilai akar bilangan berpangkat 3, 4, 5 atau lebih. Terus gimana donk??

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencarinya, berikut simaklah cara-cara mencari nilai akar pangkat 2, 3, 4, 5, atau lebih.

Cara Pertama #1

Sobat bisa menggunakan tanda pangkat excel “^”, tanda ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol Shift + 6 di keyboard. Selain mencari nilai pangkat, tanda ini bisa juga dipakai untuk mencari nilai akar bilangan kuadrat, akar bilangan kubik, akar pangkat 4, akar pangkat 5, dst. Hanya saja, nilai bilangan setelah tanda ini ditulis menjadi 1/(bilangan pangkat).

Agar lebih jelas, simak contoh berikut:

Hitunglah nilai $sqrt[4]28.561 = …$

Misalkan bilangan yang mau dicari nilai akarnya kita ketik di sel F2 (kita anggap sebagai sel referensi) dan hasilnya kita tampilkan di sel F3. Untuk itu ketiklah bilangan 28561 di F2, lalu arahkan dan letakkan kursor di F3 kemudian ketik rumus berikut:

=F2^(1/4)

Menghitung Nilai Akar Pangkat 2, 3, 4, dan 5, atau Lebih

Karena yang dicari nilai akar pangkat 4 maka setelah tanda “^” ditulis 1/4. Sehingga hasilnya adalah 13.

Cara Kedua #2

Excel juga sudah menyediakan fungsi POWER untuk menghitung nilai akar. Fungsi ini lebih dikenal dikalangan yang memiliki keahlian dibidang teknik. Beginilah cara menggunakan fungsi ini.

Anggpalah contohnya, kita diminta untuk menghitung nilai $sqrt[5]4.084.101 = …$

Seperti langkah dicontoh sebelumnya tulis nilai bilangan 4084101 di sel F2, lalu ketik rumus berikut di sel F3:

=POWER(F2;1/5)

Karena yang dicari nilai akar pangkat 5 maka nilai setelah sel referensi ditulis 1/5. Sehingga hasilnya adalah 21. Namun, bila sobat tidak mau menggunakan sel referensi, bisa langsung mengetik rumus berikut ke salah satu sel di excel:

=POWER(4084101;1/5)

Cara Ketiga #3

Sobat juga bisa mencari nilai akar dengan menggunakan fungsi ABS. Sintaxnya ditulis:

=ABS(Angka yang mau dicari nilai akarnya)^(1/pangkat berapa)

Hampir mirip dengan penggunaan tanda “^” pada cara pertama.

Misalkan yang dihitung nilai $sqrt[3]300.763 = …$

Ketiklah bilangan 300763 di sel F2, lalu ketik rumus berikut di F3:

=ABS(F2)^(1/3)

Hasilnya adalah 67.

Gimana teman-teman?? Mudahkan?? ya saya harap begitu. Dengan menggunakan excel kita bisa dengan mudah dan cepat menghitung nilai akar pangkat dari sebuah bilangan.

Demikian, semoga bermanfaat. Ya’ahowu.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.