Fungsi dan Macam-macam Kompresor AC Mobil

  • Bagikan


Fungsi dan Macam-macam Kompresor AC Mobil – Sistem Air Conditioner pada mobil memiliki kegunaan untuk menyejukkan udara didalam kabin mobil. Pada saat hujan ac juga berfungsi untuk mencegah adanya tetesan embun di kaca-kaca mobil. Sistem ac mobil ini terdapat beberapa komponen utama, dari mulai kompresor, kondensor, receiver/dryer, expansion valve dan terakhir evaporator.

Ngomong-ngomong masalah komponen ac mobil, maka tidak lengkap rasanya bila tidak saya share tentang komponennya di blog yang membahas secara khusus tentang ac mobil ini. Sebelumnya sudah saya share mengenai fungsi dari receiver dryer, selain itu juga ada kondensor ac mobil. Kemudian ada macam macam dari expansion valve, dan yang terkahir adalah fungsi evaporator. Kalau mau tahu lebih tentang komponen ac mobil bisa baca di artikel ini : komponen ac mobil

Fungsi kompresor ac mobil

Pada sistem air conditioner mobil kompresor ini berfungsi untuk mengkompresi/menekan/mensirkulasikan refrigerant ke sistem sirkulasi pada saat ac dihidupkan.

Untuk meggerakkan kompresor ini digunakan tenaga dari mesin, yang disalurkan melalui belt atau sabuk penggerak. Berikut ini adalah gambar dari kompresor ac mobil.
Fungsi dan Macam-macam Kompresor AC Mobil
Fungsi dan Macam-macam Kompresor AC Mobil

Macam-macam Kompresor

Secara garis besar kompresor dibagi menjadi dua, yaitu kompresor model bolak-balik (torak) dan juga model rotari. Semua yang akan saya sebutkan dibawah ini, sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, untuk melihat atau membacanya bisa langsung klik link dibawah ini :

Kompresor model bolak-balik ini dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

  1. Tipe swash plate
  2. Tipe crank
  3. Tipe Wobble plate

Kemudian untuk kompresor model rotari ini terdapat dua (3) macam kompresor, yaitu

  1. Tipe through vane
  2. Tipe scroll

Seperti yang sudah saya sebutka diatas, bahwa kompresor fungsinya adalah untuk menekan/mensirkulasikan refrigerant/zat pendingin keseluruh sistem. Sebelumnya refrigerant akan masuk ke kompresor dalam bentuk gas, dan ditekan sehingg suhu dan tekanannya refrigerant yang berbentuk gas tadi aka naik/meningkat.

Saya rasa postingan kali ini sudah cukup, apabila ada pertanyaan bisa diajukan melalui komentar. Akan saya jawab bila mampu, dan maaf kalau sedikit slow respon. Demikian Fungsi dan Macam-macam Kompresor AC Mobil.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.