Ini 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Tiba-tiba

  • Bagikan


Ini 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Tiba-tiba – Pernahkah anda mengalami ac mobil yang semula dinggin, tetapi kemudian tiba-tiba tidak dingin. Jika iya, anda baca artikel yang tepat karena saya akan share tentang hal ini. Sebelumnya ada pertanyaan seputar ini, yaitu :

Mas! kemarin sore saya menggunakan mobil untuk keluar kota, selama perjalanan saya menghidupkan ac dan udara yang keluar dingin, tetapi ketika saya pergi ke kantor pagi ini, dengan mobil dan acnya saya hidupkan, tiba-tiba acnya tidak dingin? Apa penyebabnya?

 
Sebenarnya hampir sama dengan gejala ac tidak dingin pada umumnya, dan menurut analisa yang ada, problem yang seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu :

1. Kipas kondensor (kipas ac) tidak berputar

Kipas kondensor/kipas ac ini memiliki fungsi yang sangat penting, fungsinya adalah untuk mendinginkan kondensor agar proses kondensasi dapat berjalan dengan baik di kondensor. Bila kipas ini tidak berputar atau hanya berputar lemah maka dapat menyebabkan panas yang ada di Kondensor tidak terbuang. Yang mana ini akan membuat tekanan dan suhu refrigerant tetap tinggi bahkan meningkat, bila suhu dan tekanan berlebihan akan membuat high pressure switch (saklar tekanan tinggi) bekerja, dan arus listrik yang menuju ke magnetic clucth akan terputus, otomatis refrigerant tidak bersirkulasi dan ac tidak dingin. Mau tahu tentang saklar tekanan tinggi ini, baca disini : Saklar Kontrol (Pengaman) AC Mobil. Semenatara itu, penyebab dari kipas kondensor tidak berputar adalah motor kipas rusak, terputusnya sirkuit, dll.

2. Refrigerant habis/kurang

Bila tidak ada refrigerant pada sistem ac, mustahil ac mobil akan dingin. Karena refrigerant/freon ini merupakan zat pendingin yang akan melepas dan menyerap panas dan bersirkulasi di dalam sistem ac. Sementara itu pada umumnya refrigerant yang habis/kurang ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti terjadi kebocoran refrigerant. Maka dari itu bila diketahui ternyata ac tidak dingin karena refrigerant habis, maka jangan lupa untuk memeriksa kebocoran refrigerant terlebih dahulu. Read : Yang terjadi jika refrigerant kurang

3. Magnetic clutch rusak

Magnetic clucth atau kopling magnet ini berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan putaran mesin ke kompresor melalu sabuk penggerak (belt). Bila magnetic clutch ini rusak, maka kompresor tidak akan berkerja sehingga freon tidak bersirkulasi. Karena refrigerant tidak bersirkulasi maka ac mobil tidak dingin. Begitulah kira-kira penjelasannya.

4. Sekering/fuse

Semua sistem kelistrikan pada mobil pasti dilengkapi dengan sekering/fuse ini, tujuannya dipasang adalah sebagai pengaman ketika terjadi arus yang berlebihan. Sekering ini akan putus/terbakar apabila ada arus mengalir yang besarnya melebihi kapasitas sekering tersebut. Bila sekering putus, maka arus juga tidak akan mengalir, dan komponennya tidak bekerja. Misal saja sekering untuk magnetic clutch dan motor fan (kipas kondensor) putus, maka arus tidak akan mengalir ke magnetic clutch dan motor fan, sehingga keduanya tidak bekerja. Otomatis, ac mobil tidak dinggin.

5. Kompresor macet

Problem ac mobil tidak dingin tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh kompresor ac mobil macet, tetapi ini tidak akan terjadi apabila sebelumnya sudah dilakukan tindakan berupa perbaikan, karena biasanya sebelum terjadi kompresor macet akan ada indikasi lain seperti suara yang kasar pada kompresor. Bila anda mendengan suara yang kasar atau abnormal dari arah kompresor, sebaiknya langsung diperbaiki sebelum kompresor ac mobil anda macet. Bila macet pasti tidak dapat memompa refrigerant bukan, lagi lagi membuat ac mobil tidak dingin.

6. Belt putus

Seperti yang sudah saya singgung pada item no 3 diatas, bahwa kompresor akan berputar apabila berhubungan dengan pulley yang digerakkan oleh putaran mesin melalui belt. Bila belt atau sabuk penggerak ini putus, otomatis pulley juga tidak berputar dan kompresor tidak dapat bekerja. Sehingga ac mobil tidak dingin. Baca : Ini kerusakan yang sering terjadi pada fan belt mobil

Akhirnya selesai juga artikel yang berjudul “Ini enam hal yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin secara tiba-tiba”.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.