Ketahui Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

  • Bagikan


Yogyakarta – Ketahui Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil – Pada dashbord mobil atau dekat dengan stir terdapat tombol yang berwarna merah dan bergambar segitiga berwara putih. Tombol ini apabila diteka maka seketika lampu tanda belek (sein) semuanya aka berkedip. Lampu ini disebut dengan lampu hazard. 

Banyak ditemui di jalan raya, para pengemudi menyalakan hazard ini kalau ingin lurus ketika berada di perempatan atau pertigaan jalan. Lalu apasih sebenarnya fungsi dari lampu hazard ini.

 

Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan apa fungsi dari tombol hazard ini. Kata hazard berasal dari bahasa inggris yang mempunyai arti bahaya atau risiko. Jadi lampu hazard ini dapat dinyalakan ketika terjadi bahaya atau darurat. Lalu keadaan bahaya/darurat yang seperti apa? Berikut ini sedikit ulasannya :

Ketahui Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil
Ketahui Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Lampu hazard ini dapat anda nyalakan pada saat mobil yang anda tumpangi dalam keadaan darurat/bahaya dan mengharuskan anda untuk menepi di pinggir jalan. Sebagai contoh keadaan darurat yang diwajibkan untuk menghidupkan lampu hazard ini seperti mobil mogok, ban bocor sehigga harus digati atau setelah terjadi kecelakaan lalu lintas. T

 

Cara menghidupkan lampu hazard ini adalah dengan menekan tombol hazard. Lampu hazar ini berfungsi untuk memberi tanda/sinyal peringatan kepada pengemudi yang lain ketika ada kendaraan yang sedang berhenti di pinggir jalan, darurat atau berbahaya.  

 

Penggunaan lampu hazard ini sudah diatu pada sebuah Undang-undang o 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, PASAL 121 ayat 1 yang mempunyai makna bahwa :

Setiap Pengemudi Kendara Bermotor (Mobil/Truk dll) diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya (lampu hazard), atau isyarat yang lainnya ketika berhenti atau parkir di Jalan pada saat keadaan darurat/bahaya.

Kira-kira sudah paham belum mengenai lampu hazard ini, lampu ini boleh dinyalakan hanya pada saat darurat berhenti di Jalan, dan bukan ketika berjalan untuk mengisyaratkan bahwa kendaraan akan lurus (tidak berbelok). Karena anda sudah mengerti, maka gunakan lampu ini sesuai dengan fungsinya, sehingga tidak membingungkan pengemudi lainnya yang sudah megerti fungsi yang sebenarnya dari lampu hazard ini. 

Baca : Tips Merawat Karpet Dasar Mobil





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.