Kipas AC Tidak Berputar Sebabkan AC Tidak Dingin

  • Bagikan


Kipas AC atau kipas kondensor Tidak Berputar/bekerja Sebabkan AC Mobil Tidak Dingin – Pada bagian depan terdapat komponen yang hampir mirip dengan radiator, komponen tersebut fungsinya juga untuk mendinginkan. Hanya saja kalau radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin, tetapi kalau komponen yang satu ini berfungsi untuk mendinginkan refrigerant/freon. Komponen ini disebut dengan kondensor.

Kondensor juga dilengkapi dengan kipas ac agar pendinginannya maksimal, sehingga bila kipas ac ini mati atau tidak berputar akan menyebabkan beberapa hal, salah satunya adalah ac mobil tidak dingin. Bagaimana ini bisa terjadi, berikut ini ulasannya. Baca : Kondensor pada sistem ac mobil
Kipas AC Tidak Berputar Sebabkan AC Tidak Dingin
Kipas AC Tidak Berputar Sebabkan AC Tidak Dingin

Mengapa kipas ac tidak berputar menyebakan ac mobil tidak dingin?

Kita mengacu pada fungsi dari kipas ac ini, fungsinya adalah untuk membantu mendinginkan kondensor yang menyerap panas dari refrigerant. Bila kipas ac ini tidak berputar, otomatis pendinginan kondensor menjadi tidak maksimal. Berarti panas yang berhasil dilepas oleh refrigerant juga hanya sedikit, dan ketika berada di evaporator panas pada udara yang dihembuskan oleh blower juga hanya sedikit. 

Apa akibatnya jika panas udara yang diserap oleh refrigerant hanya sedikit?

Udara yang diserap panasnya ini akan menjadi dingin, sehingga apabila semakin banyak panas yang diserap maka semakin dingin angin yang keluar dari saluran keluar ac mobil. Dan sebaliknya bila yang panas yang diserap hanya sedikit maka angin yang keluar dari saluran keluar ac mobil semakin kurang dingin.

Akibat yang paling parah adalah kondensor akan menjadi panas, kemudian refrigerant suhunya juga akan panas. Dimana sistem ac mobil pada sebagian mobil terdapat komponen kontrol pengaman temperatur, yang mana akan memutuskan arus listrik ke kopling magnet. Kalau kopling magnet tidak bekerja, maka kompresor tidak akan bekerja pula, refrigerant tidak bersirkulasi yang membuat ac tidak bakalan dingin. Baca : Fungsi kompresor ac mobil

Pada kasus lainnya, kipas ac tidak berputar akan membuat suara yang kasar dari kompresor ac mobil, itu disebabkan karena kerja dari kompresor sangat berat, sehingga suaranya sangat keras. Selain kipas ac yang tidak berputar, pemasangan kipas yang salah atau terbalik juga akan membuat akibat yang sama. Jadi ketika melakukan bongkar pasang perhatikan posisinya terlebih dahulu.

Silahkan yang tertarik untuk membaca artikel dengan judul diatas langsung klik aja. Oke, saya rasa cukup sekian dan sampai disini artikel yang berjudul kipas ac tidak berputar sebabkan ac mobil tidak dingin.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.