Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang

  • Bagikan
Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang
Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang

webazril.com, Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang – Hari-hari ini banyak temen-temen yang menanyakan pada saya,mengenai Manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang dan pada ketika pemijahan. Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui faedah daun pisang kering untuk ikan cupang, pada saat proses pemijahan ikan cupang. Tapi bagi mereka yang telah lama menggeluti di dunia pembudidayakan ikan cupang, pemakaian daun pisang ini pasti digunakan.

Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang


Kalau temen-temen tidak yakin, coba deh kalian kunjungi ke lubuknya petani ikan cupang didaerah temen-temen tinggal, niscaya petani tersebut kebanyakan juga memakai daun pisang kering.

Berikut manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang


1. Menyetabilkan suhu air bak atau lubukan

Daun pisang yang lebar berguna untuk melindungi air dan ikan cupang kepada sengatan sinar matahari secara eksklusif, atau mampu diartikan selaku tempat berteduh ikan cupang. Sehingga air dan ikan tetap tenteram didalam bak.Selain daun pisang usahakan bak atau lubukan agak lebaran, dengan tinggi air rata-rata sekitar 10cm-15cm saja.


2. Sebagai media tumbuhnya mikroorganisme yang baik.

Sebagai pengalaman saya pribadi, dan sehabis aku amati ternyata dilubukan aku ada sejenis mikroorganisme kecil-kecil seperti kutir, lazimnya disebut infusoria. Dengan adanya infosoria ini malah elok, alasannya burayak cupang juga sungguh menyukainya.


3. Menjaga agar ikan tidak mudah stres

Dengan kita menawarkan daun pisang kering pada lubukan, maka menciptakan suhu air pada lubukan kita terasa stabil, tidak terlalu acuh taacuh dan tidak terlalu panas. Jika suhu stabil ikan lazimnya terlihat lincah, makan pun yummy, itu membuktikan ikan sehat. menurut pengalaman aku ikan yang dikasih daun pisang kering ini tampaklincah.

 
Selain memberi daun pisang kering cara untuk menjaga kestabilan suhu air dalam lubukan ialah dengan berkala mengganti air, mengubah air disini yang aku maksut bukan mengganti atau menguras semua air dalam lubukan yah temen-temen. Melainkan cuma menyertakan air yang baru. Dengan syarat lubukan temen-temen atau kolam ada outlet pembuangan air otomatis. Dengan begitu Ikan cupang atau burayak ikan cupang juga akan cepat besar ukurannya.

4. Dapat selaku obat untuk ikan yang luka

Kolam yang dikasih daun pisang kering jarang sekali ada yang terkena penyakit. ini mungkin alasannya kandungan dari daun pisangnya, saya juga ndak tau lebih perihal kandungannya. Tapi ini real telah saya buktikan kalau pakai daun pisang kering ikan lebih kekal hidup utamanya untuk burayak.


5. Untuk media persiapan indukan cupang betina 

Untuk menerima hasil yang bagus ketika pemijahan, lebih baik kalian tempatkan indukan ikan betina diember yang telah dikasih daun pisang kering ini. Pengalaman saya lagi, hasil telurnya juga banyak temen-temen


Terus bagaimana untuk penggunaanya?

Untuk Penggunaannya bisa kalian simak sebagai berikut :

  1. Carilah daun pisang kering  lebar dan daunnya sedikit agak kering, jangan terlalu kering batang daun juga jangan terlalu kering.
  2. Cuci sampai bersih, namun enggak perlu lah dikasih deterjen ya sobb 😀
  3. Masukkan daun pisang kering yang sudah kalian cari tadi kelubukan burayak pembesaran ikan cupang.
  4. Biarkan 1 harian untuk mengendapkan.
  5. Untuk berikutnya masukan burayak ikan cupang.


Sebagai aksesori tips saja, alangkah baiknya untuk memindahkan burayak beserta indukan jantannya. Ini sangat berkhasiat semoga indukan jantan menjaga burayak ikan dari jentik-jentik nyamuk atau hama yang mengancam hidupnya. Karena selain untuk media kawasan hidupnya organisme, temen-temen juga harus tahu bahwa daun pisang kering ini juga merupakan kawasan terfavorit buat nyamuk untuk bertelur. untuk itu saya saranin meletakkan indukan jantannya juga. 


Namun perlu temen-temen pahami, bahwa indukan jantan yang mampu diberi peran mempertahankan burayak, ialah indukan jantan yang telah pernah dipijahkan. Ini kenapa? alasannya indukan jantan yang telah pernah dipijahkan secara mental sudah mahir melindungi anaknya. Sementara untuk indukan jantan yang gres pertama kali dipijahkan, dan diberi tanggung jawab mempertahankan anakannya atau burayak, lazimnya tidak bisa, malah burayak mampu habis disantap jikalau indukan telah lapar sebab temen-temen lupa ngasih makannya. Untuk itu saya saranin untuk meletakkan indukan jantan yang telah pernah dipijahkan.

Fungsi daun pisang kering untuk burayak ikan cupang yang lain yakni mampu dipakai untuk bahan membuat pakan burayak yakni infusoriaInfusoria adalah semacam plankton yang ukurannya sungguh kecil, infusoria juga ialah pakan alternatif buat burayak ikan cupang atau ikan guppy. Temen-temen tidak perlu gundah untuk mencari infusoria dimana. Kalian sendiri juga bisa untuk megkulturnya sendiri menggunakan materi khususnya bisa memakai daun pisang kering. Caranya bagaimana bang? Yuk mari simak!


1. Kalian siyapkan bahannya yaitu: daun pisang kering, air bekas ikan cupang atau ikan apa gitu pokok ikan, jangan air bekas jemuran pakaian yahh hehehe, dan tempatnya, disini saya memakai botol air mineral yang dikemas plastik warna hitam.

2. Setelah bahan sudah terkumpul, masukan air bekas ikan tadi di botol air mineral yang telah dibungkus dengan plastik warna hitam.

3. Masukan daun pisang kering kedalam air bekas ikan tadi.

4. Tutup rapat memakai plastik warna gelap, ikat dengan karet.

5. Tunggulah hingga 2-3 hari, untuk membukanya.

6. Setelah 3 hari bisa temen-temen amati, dengan cara mengambil air kultur tadi 1 sendok makan saja, lalu masukkan ke dalam air solitare higienis yang sudah disiyabkan.

7. Amati memakai perlindungan senter, kalian mampu menggunakan senter Hp. Disitu nanti jika telah ada sesuatu yang kecil-kecil bergerak itulah infusoria. Selamat Mencobanya Semoga Berhasil

Sedikit embel-embel saja, dan kenapa aku tidak menganjurkan pakai daun ketapang, kok malah memakai daun pisang yang agak kering. Alasannya sih berdasarkan pengalaman aku aja nih, kalau saya menggunakan daun ketapang, daunnya kalau sudah sampai 1 bulan akan membusuk, dan air wajib diganti. Sedangkan mengubah air semua satu lubukan itu sangat berisiko buat burayak. Tapi bila kita memakai daun pisang kering, berdasarkan pengalaman saya, saya cuman mengganti air setengah, untuk waktunya relatif ya temen-temen, menyesuaikan cuaca, namun saya kerjakan umumnya selang waktu 2 bulan.


Itu yang mampu aku tulis lewat postingan ini mengenai manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang, semoga bermanfaat bagi temen-temen pecinta cupang. Jangan lupa share postingan ini siapa tahu juga berguna buat temen-temen lainnya, dan jangan sungkan untuk bertanya atau berkomentar semoga kita lebih maju lagi didunia percupangan. Trims 🙂

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.