Penyebab Udara Tidak Keluar dari Grill Kabin

  • Bagikan


Penyebab Udara Dingin Tidak Keluar dari Grill Kabin AC Mobil –  Jika ac mobil ini pada keadaan yang normal atau tidak ada masalah, maka ketika ac dihidupkan udara dingin seharusnya keluar dari saluran keluar udara dingin ac mobil yang ada di dashbord mobil. Kita sebut saja komponen ini dengan grill kabin. Penyebabnya bukan disebabkan karena kehabisan refrigerant/freon, bukan karena kompresor ac mobil aus dan bukan karena kebocoran sistem, akan tetapi kemungkinan kerusakannya dan menjadi penyebab terjadinya hal ini adalah terletak pada blower ac yang tidak bekerja.

Karena fungsi blower adalah untuk menghembuskan udara ke arah evaporator dan selanjutnya keluar melalui saluran keluar udara dingin pada ac mobil, atau kita sebut saja dengan grill kabin. Baca lebih lanjut tentang kegunaan dari blower ini di artikel yang berjudul : Fungsi blower dan kipas ac pada air conditioner mobil

Pada umumnya kecepatan blower pada air conditioner mobil ini dapat diatur, setahu saya pada mobil-mobil yang beredar di Indonesia ada tiga tingkat kecepatan dimulai dari kecepatan lambat (atau minimal), sedang (tengah) dan terakhir yaitu kecepatan tinggi (merupakan kecepatan yang maksimal). Kemudian terdapat juga kendaraan atau mobil yang menggunakan notasi angka untuk menunjukan tingkat kecepatan putaran blower seperti 1 untuk kecepatan paling lambat, 2 untuk sedang dan 3 untuk kecepatan maksimal atau tinggi. Bila anda ingin mengetahui tentang cara kerja dari blower ini bisa baca artikel yang pernah saya buat sebelumnya : Cara kerja blower ac mobil

Kemudian pertanyaannya adalah apa sajakah yang menyebabkan blower tidak bekerja ini? Berikut ini beberapa penyebab blower ac yang tidak bekerja dan menyebabkan udara dingin tidak berhembus atau keluar dari grill kabin ac mobil.

blower ac mobil
blower ac mobil

1. Sekering atau fuse putus/terbakar

Blower dapat bekerja apabila ada arus yang mengalir ke motor blower, jika arus listrik tidak ada yang mengalir menuju blower maka sudah tentu dan dapat dipastikan blower tidak akan bekerja dan menghembuskan udara. Sekering yang mempunyai nama lain fuse ini akan memutuskan arus apabila sekering tersebut dialiri arus yang melebihi kapasitasnya, arus yang besar yang dapat memutuskan sekering ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah karena konsleting atau hubungan pendek arus listrik.

2. Motor blower terjadi kerusakan

Sebenarnya sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang penyebab blower ac mobil tidak bekerja, tetapi karena judul artikel yang saya buat tangal 30 juni 2015 ini agak berbeda jadi saya tertarik untuk membahasnya lagi disini. Semua komponen mobil termasuk komponen pada ac mobil memiliki potensi atau risiko untuk terjadi kerusakan, dan kerusakan itu akan semakin cepat bila perawatannya salah atau bahkan tidak dirawat sama sekali, termasuk motor blower ini. Motor blower yang rusak akan mengakibatkan blower tidak bekerja, otomatis tidak ada angin/udara yang keluar melalui saluran udara dingin pada ac mobil.

3. Sirkuit kelistrikan terputus

Jika kondisi daripada sekering dan motor blower pada ac mobil anda masih baik atau tidak terjadi kerusakan, maka kemungkinan ketiga yang menyebabkan blower tidak bekerja adalah masalah atau problem pada sirkuit kelistrikannya, kerusakan pada sirkuit ini seperti sambungan kabel pada terlepas atau kendor, ada kabel yang sudah putus, massa terlepas, socket sudah kendor dan lain sebagainya.

4. Rusaknya saklar blower (blower switch)

Bila ketiga hal diatas tidak ada masalah yang serius alias dalam keadaan yang baik/normal, maka kemungkinan terakhir adalah rusaknya saklar blower, yang mana dengan terjadi kerusakan pada saklar ini tentu blower tidak dapat dihidupkan.

Cara memperbaiki ac mobil yang udara tidak keluar/tidak berhembus dari grill kabin ac mobil

Untuk memperbaiki agar udara dingin dapat berhembus dan keluar dari grill kabin, maka tugas kita adalah membuat agar blower dapat bekerja dan menghembuskan udara dingin seperti kondisi normal lagi. Cara memperbaikinya dapat melihat dari penyebab blower ac mobil tidak bekerja. Jadi langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiknya adalah :

  1. Memeriksa sekering, apabila sudah putus maka perlu diganti dengan kapasitas fuse yang sama. Pemeriksaan fuse ini dapat dan bisa dilakukan menggunakan multi meter atau test lamp.
  2. Mmeriksa motor blower, apabila motor blower ini rusak tentunya perlu dilakukan yang namanya perbaikan atau penggantian.
  3. Memeriksa sirkuit kelistrikan, apakah ada arus yang sampai ke motor blower atau, bila ada berarti tidak ada kerusakan pa maka kemungkinan motor blowernya.
  4. Bila tidak semua, periksa jug saklar blower setiap tingkat kecepatan





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.