Tips Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Huruf di Word Dengan Shortcut Keyboard

  • Bagikan


Saat mengetik teks di dokumen Microsoft Word, ada kalanya kita memerlukan huruf yang ukurannya perlu diperbesar dan diperkecil. Seperti dibagian judul, ukuran font biasanya jauh lebih besar dibanding dengan isi dokumen. Tentu kita sebagai user harus tahu cara memperbesar dan memperkecil ukuran huruf / font di word. Selain untuk mempercepat pekerjaan hal ini juga sudah menjadi pengetahuan wajib yang harus diketahui oleh semua pengguna word.

Sesuai standar, jenis font saat aplikasi word dibuka pertama kalinya yaitu “Calibri (Body)” dengan ukuran 11 pt (point). Kemungkinan format font default ini perlu diubah, contohnya saja teks dokumen rata-rata menggunakan ukuran huruf 12 pt, judul berukuran 16 pt. Dengan tahu cara cepat maka kita tidak butuh waktu lama untuk mengubahnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Namun, sebelum merubah ukuran huruf word, pastikan sobat sudah memilih dan memblok teks yang hendak diubah. Apabila seluruh teks dalam dokumen gunakan saja Ctrl + A lalu kemudian lakukan cara berikut.

Memperbesar dan Memperkecil Huruf Dengan Font Size

Umumnya cara yang digunakan untuk mengubah ukuran font di Microsoft Word adalah dengan memanfaatkan perintah Font Size. Untuk mengaksesnya pun mudah dan cepat.

Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan memilih menu tab HOME, kemudian pada grup toolbar Font klik simbol ▼ dibagian font size. Biasanya akan muncul kotak tarik turun (drop-down box) yang menampilkan ukuran huruf berupa angka mulai dari 8, 9, 10, 11, 12, 14… hingga 72. Jarak antara angka biasanya tidak beraturan. Kita bisa memilih ukuran dengan mengarahkan kursor dan mengklik salah satu angka.

Cara Cepat Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Huruf di Word

Setelah diklik, kotak tertutup secara otomat sekaligus ukuran kursor akan bertambah besar atau kecil sesuai nilai angka yang dipilih.

Perintah font size bisa juga diaktifkan melalui mini toolbar dengan mengklik kanan diposisi teks lalu atur ukuran sesuai keinginan.

Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Huruf Word dengan Font Size

Memperbesar dan Memperkecil Huruf Dengan Shortcut

Cara sebelumnya tidak efektif bila ukuran huruf yang kita inginkan diluar nilai angka yang tersedia. Contohnya ukuran huruf 15 pt. Coba perhatikan, nilai tersebut tidak tertera disana. Lalu bagaimana cara untuk menambah ke ukuran tersebut?

Selain cara di atas, sobat bisa mengubah ukuran font / huruf dengan menggunakan pintasan keyboard (shortcut). Pintasan keyboard adalah perintah pengeditan teks word yang diakses dengan cepat melalui tombol keyboard PC / laptop yang digunakan.

Cara ini merupakan salah satu alternatif yang jauh lebih cepat untuk memperbesar dan memperkecil ukuran huruf / font. Sobat tinggal menyorot dan menyeleksi teks lalu tekan shortcut maka ukuran huruf menjadi bertambah ataupun berkurang secara otomatis.

Adapun pintasan keyboard (shortcut) yang bisa digunakan untuk memperbesar ukuran huruf di microsoft word yaitu Ctrl + Shift + > (tekan tombol Ctrl, tombol Shift dan tombol > secara bersamaan). Shortcut lainnya yang fungsinya sama yaitu Ctrl + }

Sementara shortcut yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran huruf di microsoft word yaitu Ctrl + Shift + < (tekan tombol Ctrl, tombol Shift dan tombol < secara bersamaan) atau bisa juga dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + {

Memperbesar dan Memperkecil Huruf Dengan Increase dan Decrease

Mengubah ukuran huruf pada microsoft word bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan perintah Increase dan Decrease Font Size. Perintah ini merupakan opsi cepat yang berada diribbon Microsoft Word.

Increase Font Size berfungsi untuk menambah ukuran huruf, sedangkan Decrease Font Size berfungsi untuk mengecilkan ukuran huruf. Kedua perintah ini berdampingan dan bisa dipilih melalui menu tab HOME lalu pilih perintah di grup Font.

Mengubah ukuran huruf word dengan perintah Increase Font Size dan Decrease Font Size

Memperbesar dan Memperkecil Huruf Dengan Jendela Font

Alternatif terakhir yaitu dengan memanfaatkan jendela font. Jendela ini bisa diaktifkan dengan memilih menu tab HOME lalu klik icon kecil di sudut kanan bawah grup Font. Cara lain dengan menekan shortcutCtrl + Shift + F atau bisa juga dengan Ctrl + D

Dari jendela ini pastikan tab Font dalam keadaan aktif, kemudian sesuaikan ukuran huruf menjadi besar atau kecil pada option Size, akhiri dengan mengklik OK untuk menyimpan pengaturan.

Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Huruf Word dengan Jendela Font

Demikian dan semoga bermanfaat.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.