Tips Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

  • Bagikan


Tips Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Word

Tutorial: Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Ada kalanya ketika mengetik teks di Microsoft Word, sobat perlu mengubah teks menjadi huruf besar (uppercase) semua atau merubah teks menjadi huruf kecil (lowercase) saja, bahkan tak tertutup kemungkinan sobat merubah huruf kecil menjadi huruf besar. Sebagai contoh, saat ini sobat sudah mengetik teks dan sudah terlanjur membuatnya dalam format huruf kecil lalu sobat bermaksud mengubah huruf awal setiap kata pada teks menjadi huruf besar karena secara kebetulan teks yang diketik merupakan nama seseorang. Penulisan nama memang selalu seperti itu, harus diawali dengan huruf kapital, misalnya penulisan nama pendiri Microsoft yaitu Bill Gates, atau nama pemilik blog ini ditulis Emanueli Mendrofa.

Tidak hanya pada penulisan nama saja, penulisan kata yang diawali dengan huruf besar juga berlaku saat menulis nama tempat, negara, kota, provinsi, pulau, dll.

Perlu dimaklumi bersama – apalagi bila masih pemula – terkadang tidak mengetahui cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar atau sebaliknya mengubah huruf besar menjadi huruf kecil di word. Ya wajar saja, mungkin selama ini tahunya hanya cara mengetik teks saja, kalau urusan merapikan tulisan minta bantu kepada teman / sahabat / orang lain yang lebih tahu. Namun, kali ini sobat mau belajar untuk mengetahui caranya, kenapa tidak?

Salah satu solusi yang kebanyakan digunakan oleh pengguna word adalah dengan cara sederhana yaitu menghapus teks awal yang sudah terlanjur diketik kemudian mengetik ulang dengan menyesuaikan pada aturan penulisan yang dikehendaki. Sebenarnya cara ini tidaklah salah, namun untuk kondisi tertentu sangatlah tidak efektif. Kalau satu dua kata mungkin sobat bisa menggantinya dengan cepat. Bagaimana bila teks yang diubah dari huruf kecil ke huruf besar terdiri dari beberapa paragraf? Cara manual tentu kurang tepat, sobat perlu waktu yang tidak sebentar untuk merubahnya.

Lalu, bagaimana cara cepat mengubah teks menjadi huruf besar atau huruf kecil saja di word?

Sobat bisa menggunakan 2 cara untuk mengubah teks yang sudah diketik dari huruf kecil menjadi huruf besar yaitu dengan menggunakan shortcut (pintasan keyboard) atau dengan memanfaatkan fitur change case yang tersedia diribbon Microsoft Word. Agar kedua cara tersebut lebih jelas, berikut saya uraikan cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di word yaitu:

Menggunakan Shortcut Keyboard

Shortcut atau pintasan keyboard merupakan cara yang sering digunakan karena aksesnya sangat cepat, mudah dan tak perlu repot mencari pengaturannya di aplikasi word.

Bagaimana cara membuat huruf besar atau huruf kecil di word dengan keyboard?

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengubah huruf menjadi huruf besar atu huruf kecil di word dengan keyboard.

  1. Silahkan buka Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 milik sobat, atau dokumen word yang memuat teks yang akan diubah ke huruf besar dan kecil.

  2. Lalu seleksi atau blok teks yang akan diubah. Bila hanya satu kata saja, sobat cukup menaruh kursor ke bagian tengah atau didalam kata pilihan yang akan diubah.

    Cara menyeleksi teks yang diubah menjadi huruf besar atau huruf kecil di word

  3. Tekan dan tahan tombol keyboard Shift + F3 secara bersama-sama (tekan tombol Shift lebih dulu, lalu tahan sambil menekan tombol F3).

  4. Jangan sampai salah, penekanan kedua tombol ini secara bersamaan dengan melakukan pengulangan penekanan pada tombol F3 akan memberikan 3 opsi pilihan yang berbeda.

    Maksudnya gimana?

    Maksunya begini, kalau umpamanya teks awal yang ingin sobat ubah yaitu “emanueli mendrofa”. Lalu sobat menekan tombol Shift, kemudian disusul dengan menekan tombol F3 secara berulang, maka sobat akan mendapatkan 3 opsi yang berbeda yaitu:

    • Penekanan F3 pertama akan mengubah teks menjadi huruf besar hanya pada huruf pertama setiap kata.
      Contoh: teks berubah menjadi “Emanueli Mendrofa”.
    • Penekanan F3 kedua akan mengubah teks dari huruf kecil menjadi huruf besar semua.
      Contoh: teks berubah menjadi “EMANUELI MENDROFA”.
    • Penekanan F3 ketiga akan mengubah teks dari huruf besar menjadi huruf kecil semua.
      Contoh: teks berubah menjadi “emanueli mendrofa”.
    Mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di word dengan keyboard

  5. Selesai!!

Memanfaatkan Fitur Change Case Ribbon

Sebagian orang juga cenderung menggunakan fitur change case saat mengubah teks menjadi huruf besar atau kecil. Bila sudah tahu dimana letaknya maka sobat tinggal klik saja.

Berikut langkah-langkah merubah huruf menjadi huruf besar atu huruf kecil di word dengan change case.

  1. Bukalah aplikasi word atau dokumen yang memuat teks yang akan diubah ke huruf besar atau kecil.

  2. Seleksi atau blok teks yang akan diubah.

  3. Pilih tab HOME kemudian cari letak fitur change case, biasanya ada di grup Font. Lalu ikuti sesuai petunjuk pada gambar berikut.

    Mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di word dengan change case

    Berikut keterangan dari opsi yang tersedia:

    • lowercase artinya mengubah seluruh teks menjadi huruf kecil
    • UPPERCASE artinya mengubah seluruh teks menjadi huruf besar
    • Capitalize Each Word artinya mengubah huruf pertama kata menjadi huruf besar / kapital sementara huruf yang lain menjadi huruf kecil
    • tOGGLE cASE artinya mengubah huruf pertama kata menjadi huruf kecil sementara huruf yang lain menjadi huruf besar / kapital

    Hasil dari masing-masing opsi yang tersedia bisa sobat lihat perbedaannya melalui gambar diatas.

  4. Selesai!!!

Cukup mudahkan teman-teman?? iya donk. Tetapi bila teman-teman masih terkendala mari mendiskusikannya melalui kolom komentar dibawah.

Demikian tutorial cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di word, semoga bermanfaat.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.