Tips Menulis Rumus Matematika di Microsoft Word Dengan Equation

  • Bagikan


Mahir menguasai pengetikkan dan penulisan rumus matematika di microsoft word adalah sebuah keahlian tambahan disamping harus mampu menghitung dan mengoperasikannya. Seperti bagi siswa / pelajar / mahasiswa yang memiliki tugas atau materi diskusi matematika namun tidak ditulis secara manual, hasil pengerjaannya dimuat dalam sebuah makalah yang diketik melalui word.

Demikian halnya bagi guru yang membuat presentasi materi ajar matematika untuk disajikan saat mengajar ataupun contoh dan pembahasan soal matematika untuk keperluan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tentu tak jauh-jauh dari penggunaan word sebagai aplikasi pilihan untuk menulis rumus dan simbol matematika.

Selain dikenal sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word juga memiliki fitur unik untuk urusan rumus-rumus dan simbol yaitu Equation.

Apa itu Equation?

Equation adalah sebuah tools yang tersedia di Microsoft Office 2007 / 2010 / 2013 / 2016 baik word, excel, maupun power point, yang dimanfaatkan sebagai media untuk penulisan rumus dan simbol matematika, fisika, kimia, ataupun hal yang berhubungan dengan pengetikkan angka / bilangan serta penghitungan dan pengoperasiannya.

Cara Mengaktifkan Equation Word

Untuk bisa menggunakan equation di word maka kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut cara agar equation bisa muncul didalam dokumen word, yaitu:

  1. Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.

  2. Klik menu tab INSERT, kemudian perhatikan toolbar paling kanan terdapat grup Symbols. Silahkan cari dan klik tombol tools Equation.

    Cara mengaktifkan equation untuk menulis rumus matematika di word

  3. Tampilannya seperti gambar dibawah:

    Tampilan tools equatian word

    User Interface word akan memunculkan tab baru yaitu Equation Tools yang dikemas dalam menu DESIGN dan terbagi dalam 3 grup yaitu Tools, Symbols, dan Structures. Masing-masing grup menyediakan beragam icon dengan fungsi yang berbeda-beda. Penjelasan ke-tiganya bisa sobat dapatkan melalui ulasan dibawah.

    Selain itu, pada lembar kerja dokumen word tampil box kecil yang didalamnya tertulis Type equation here. Melalui box inilah nantinya kita akan menulis rumus matematika.

    Box ini akan muncul diposisi akhir kursor. Jadi, sebelum mengaktifkan equation silahkan tentukan dulu dimana sobat mau meletakkan rumus baru kemudian arahkan dan posisikan kursor disana.

  4. Bila sudah selesai mengetik rumus, silahkan klik bebas di area luar box agar kembali ke tampilan normal word.

Equation Tools

Untuk menulis rumus di word, tidak terlepas dari pemanfaatan ke tiga tools yang muncul pada menu tab DESIGN. Bahkan kita perlu melakukan kolaborasi antar tools agar bisa menyelesaikan pengetikkan sebuah rumus dan simbol. Agar mudah dalam pemanfaatannya, simaklah penjelasan berikut.

Tools

Grup ini menyediakan beberapa fitur seperti opsi menyimpan rumus yang sudah diketik, tampilan rumus seperti bentuk dan jenis huruf, jendela equation options, dsb.

Symbols

Grup ini menyediakan icon simbol yang terbagi dalam beberapa kategori, yaitu:

1. Basic Math

Menampilkan sebagian simbol dasar matematika yang sering digunakan seperti operasi hitung (tambah, kurang, bagi, kali), simbol perbandingan (kurang dari, lebih dari, sama dengan, dll), satuan suhu, dan berbagai simbol-simbol matematika lainnya.

Basic Math

2. Greek Letters

Menampilkan penulisan huruf kecil dan kapital beberapa simbol matematika seperti alpha, beta, delta, epsilon, dll.

Greek Letters

3. Letter-Like Symbols

Menampilkan simbol matematika seperti untuk setiap, ada, dll

Letter-Like Symbols

4. Operators

Keseluruhan simbol-simbol operasi penghitungan matematika tersedia pada kategori ini.

Operators

5. Arrows

Simbol garis juga telah disediakan, salah satu penggunaannya saat menulis kata hubung kalimat logika matematika seperti implikasi dan biimplikasi.

Arrows

6. Negated Relations

Menampilkan simbol matematika yang menyatakan tidak / bukan seperti tidak sama dengan, tidak identik, bukan irisan, bukan elemen, dll.

Negated Relations

7. Scripts

Menampilkan 3 bagian simbol yaitu scripts, frakturs, dan double-struck.

Scripts

8. Geometry

Menampilkan simbol bangun datar dan bangun ruang seperti siku-siku, lancip, tegak lurus, dll.

Geometry

Structures

Untuk struktur penulisan rumus, sobat bisa memilihnya melalui menu pilihan yang terdapat pada structures. Kategori menunya terdiri dari:

1. Fraction

Struktur penulisan rumus yang terdiri atas pembilang dan penyebut seperti penulisan pecahan biasa, campuran, dll.

Fraction

2. Script

Struktur penulisan perpangkatan dan sejenisnya.

Script

3. Radical

Struktur penulisan akar dan sejenisnya.

Radical

4. Integral

Dari namanya saja jelas bahwa menu ini berguna untuk struktur penulisan rumus integral. Ada tiga bagian pada menu ini yaitu integrals, contour integrals, dan differentials / turunan.

Integral

5. Large Operator

Struktur penulisan simbol operator dalam ukuran besar seperti notasi sigma, product, unions, dll.

Large Operator

6. Bracket

Struktur penulisan rumus / angka yang diapit oleh tanda kurung seperti kurung biasa, kurung siku, kurung kurawal, dll.

Bracket

7. Function

Struktur penulisan rumus trigonometri seperti sinus, cosinus, tangens, dll.

Function

8. Accent

Struktur penulisan untuk rumus yang diatas / dibawahnya terdapat garis datar, garis panah atau titik, rumus yang ditulis dalam kotak dll. Contoh pemakaiannya yaitu saat mengetik rumus vektor.

Accent

9. Limit and Log

Struktur penulisan rumus limit dan logaritma

Limit and Log

10. Operator

Hampir sama penggunaannya dengan Accent, hanya saja bentuk garis lebih dominan yang berbentuk garis panah.

Operator

11. Matrix

Struktur penulisan rumus matriks berordo 2×2, 3×3, dll.

Matriks

Contoh Penggunaan Equation Dalam Penulisan Rumus dan Simbol Matematika

Cara mengetik rumus matematika yang benar adalah dengan mengikuti tata penulisan yang sudah umum dan baku. Tidak tertutup kemungkinan kita melakukan kombinasi dengan menggabungkan pemakaian beberapa menu tools Structures dan juga Symbols.

Untuk pemula baiknya belajar menulis rumus yang sederhana, baru dilanjutkan ke tingkat penulisan yang sukar bila sudah terbiasa dan mahir.

Berikut ini contoh menulis rumus matematika di microsoft word dengan menggunakan equation

Cara Menulis Pecahan Biasa dan Campuran

  1. Arahkan dan letakkan kursor ditempat sobat mau menulis rumus, kemudian aktifkan tools equation. Lanjutkan dengan mengklik menu Fraction lalu pilih salah satu struktur penulisan misalnya pilihan pertama yaitu Stacked Fraction

    Menulis pecahan dengan Stacked Fraction

  2. Pada box akan tampil seperti struktur penulisan pada pilihan yang kita pilih. Sekarang kita mulai mengetik nilai pembilang dengan mengklik kotak titik-titik yang ada diatas garis per, lalu ketik angka sembarang misalnya 7 kemudian aktifkan kotak titik-titik dibawah per untuk memasukkan nilai penyebut misalnya ketik angka 10. Hasilnya adalah pecahan biasa seperti gambar berikut:

    Pecahan Biasa

  3. Bila yang sobat tulis adalah pecahan campuran maka ketik nilai bilangan bulatnya lebih dulu misalnya 3 baru kemudian klik Fraction —– Stacked Fraction lalu susul dengan mengetik nilai pembilang dan penyebut, sebagai contoh nilainya berturut-turut 7 dan 10. Berikut hasilnya:

    Pecahan campuran

Cara Membuat Soal Penjumlahan Bersusun

  1. Pastikan equation sedang aktif, kemudian klik Matrix lalu pilih struktur penulisan yang bersusun ke bawah yaitu 2x1 Empty Matrix

    Cara membuat soal penjumlahan bersusun

  2. Kita membutuhkan kotak titik-titik satu lagi. Cara menambahnya yaitu seleksi box penulisan rumus dengan mengklik tepat di ujung panah nomor (1), lalu kombinasikan pemakaian tools dengan mengklik (2) Fraction lalu pilih struktur penulisan pecahan sebagaimana ditunjukkan nomor (3) pada gambar.

    Membuat pecahan bersusun

  3. Hasilnya yaitu struktur penulisan terdiri dari 3 kotak titik-titik.

    Struktur penulisan penjumlahan bersusun

  4. Sekarang kita sisip operator penjumlahan. Caranya letakkan kursor disebelah kanan garis, lalu cari dan klik simbol penjumlahan pada kategori Basic Math, lihat gambar dibawah.

    Penambahan operator penjumlahan

  5. Sekarang kita tinggal mengisi nilai bilangan yang akan dijumlahkan. Mulai dari kotak titik-titik paling atas, tengah, terakhir kotak bagian bawah. Ikuti tahapan pengisiannya sesuai nomor gambar.

    Tahapan penulisan bilangan penjumlahan bersusun

  6. Selesai!!! Sobat juga bisa mengikuti langkah ini untuk membuat soal pengurangan / perkalian / pembagian yang pengerjaan disusun kebawah, tinggal menyesuaikan operator saja.

Cara Menulis Pangkat

  1. Klik Script lalu pilih opsi sesuai pilihan nomor (2).

    Cara menulis pangkat di word

  2. Sobat juga bisa menggabungkan pemakaian menu Script dengan Fraction (stacked Fraction dan small fraction) untuk menulis soal pangkat / eksponen berikut:

    Contoh lain menulis rumus pangkat

Cara Menulis Akar

Klik Radical lalu pilih salah satu struktur penulisan.

Cara Menulis Akar

Cara Menulis Matriks

  1. Ketik dulu A = kemudian klik Bracket lalu klik pilihan pertama (bracket).

    Cara memasukkan kurung biasa

  2. Klik kotak titik-titik kemudian klik Bracket lalu pilih jenis struktur penulisan matriks misalnya ordo 3 x 3.

    Cara menulis rumus matriks

  3. Lanjutkan dengan mengisi setiap elemen matriks. Berikut contohnya:

    Contoh Matriks

Cara Menyimpan Rumus

Bila sobat ingin rumus yang sudah diketik tersimpan dalam database aplikasi word, sehingga suatu waktu kita tinggal menampilkannya kembali tanpa menulis ulang. Ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Pastikan rumus sudah selesai diketik. Lalu klik icon ▼ disisi kanan box penulisan rumus. Akan muncul minitoolbar, kemudian klik Save as New Equation.

    Cara menyimpan rumus matematika

  2. Akan muncuk sebuah jendela, silahkan masukkan data seadanya seperti contoh. Bila sudah selesai, klik OK untuk menyimpan dan mengakhiri.

    Jendela pengaturan data rumus yang disimpan

  3. Matriks yang baru disimpan bisa sobat cek dan dilihat melalui menu tab DESIGN lalu Equation kemudian gulir mouse hingga sobat menemukan kategori judul General, disanalah rumus yang baru disimpan berada. Jika ingin tampil dilembar kerja dokumen word, tinggal klik saja rumus tersebut.

    Cara melihat rumus yang baru disimpan

Cara Mengubah Jenis dan Ukuran Huruf Rumus

Secara default huruf yang digunakan untuk penulisan setiap rumus matematika di word adalah Cambria Math ukuran 11pt. Tenang saja, sobat masih bisa mengubahnya kok. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Seleksi rumus yang hendak diubah. Lalu klik tab DESIGN kemudian klik Normal Text

    Cara mengubah jenis huruf rumus matematika word

  2. Teruskan dengan memilih tab HOME kemudian pilih jenis dan ukuran huruf, misalnya Times New Roman dengan ukuran 12pt.

    Pilih jenis dan ukuran huruf

Cara Menghapus Rumus

Bila ternyata rumus yang sobat tulis salah ataupun tidak diperlukan lagi, sobat bisa menghapusnya dengan cara yaitu seleksi rumus lalu kemudian tekan tombol Delete atau Backspace di keyboard. Selesai!!!

Kesimpulan

Dengan mengetahui kegunaan masing-masing tools equation maka sobat jadi lebih mudah dalam menentukan struktur penulisan yang hendak digunakan, entah itu mengkombinasikannya dengan fitur tools lainnya sehinga penulisan rumus matematika di word menjadi benar dan sesuai kaidah penulisan pada umummnya.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.