UPDATE! Jadwal Kartu prakerja Gelombang 18 akan dibuka Bulan juli Berikut Rinciannya

  • Bagikan
UPDATE! Jadwal Kartu prakerja Gelombang 18 akan dibuka Bulan juli Berikut Rinciannya
UPDATE! Jadwal Kartu prakerja Gelombang 18 akan dibuka Bulan juli Berikut Rinciannya
UPDATE! Jadwal Kartu prakerja Gelombang 18 akan dibuka Bulan juli Berikut Rinciannya

webazril.com – Pemerintah sudah mengumumkan program Kartu Prakerja akan dilanjutkan hingga akhir 2021. Bagi Masyarakat yang tertarik dan telah memenuhi syarat bisa segera mendaftar di prakerja.go.id.

Dalam program prakerja yang diselenggarakan semester II-2021, kuota peserta Hnaya mencapai 2,8 juta peserta dengan anggaran Dana sekitar Rp 10 triliun. Angka ini sama dengan pelaksanaan semester I-2021 lalu.

Program prakerja kali ini hanya untuk 2,8 juta peserta,” jelasnya dalam konferensi pers pekan lalu, dikutip Selasa (8/7/2021).

Program Kartu Prakerja Merupakan program pelatihan semi bantuan sosial (bansos) yang mempersiapkan angkatan kerja untuk menghadapi dunia kerja atau berbisnis. Dalam program ini setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta.

Dana sebesar Rp 1 juta rupiah akan diberikan peserta untuk membeli paket pelatihan online. Paket pelatihan pertama harus dibeli peserta paling lambat 30 hari setelah SMS atau notifikasi yang menyatakan seseorang lolos sebagai peserta Prakerja, Jika tidak dibelikan pelatihan maka kepsertaan akan hangus.

Baca Juga; LOGIN cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu yang Cair Bulan Juli 2021

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana ini di berikan selama empat bulan. Kemudian peserta akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150.000 Untuk peserta yang telah mengisi survei selama tiga kali.

Pendaftaran program prakerja hanya melalui situs prakerja.go.id. Tidak ada cara lain atau situs lain untuk mendaftar prakerja kecuali di prakerja.go.id . Untuk pendaftaran program ini dibuka sepanjang waktu sehingga masyarakat yang tertarik bisa Langsung mendaftar di prakerja.go.id, tak perlu menunggu pendaftaran dibuka. Mereka yang sudah mendaftar akan dipilih secara acak oleh Manajemen Pelaksana Karu Prakerja.

Baca Juga: TKA China Masuk Lagi, Alvin Lie: Kenapa Pemerintah “Melacurkan” Diri Sampai Seperti Ini?

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Bagi yang berminat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

  • Warga Negara Indonesia Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah
  • Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain
  • Bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.


Sementara, cara mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.