Cara Membuat Banner Iklan Menggunakan CorelDRAW

  • Bagikan


Banner Iklan
Banner Iklan

Blog Tekno – Apakah sobat seorang blogger ? Seorang pengusaha ? Seorang pedagang ? Sekaligus ingin meningkatkan trafik dan pemasukan sobat ?

Jika sobat tidak jago tentang SEO, atau di dunia nyata sobat kurang laris dalam berjualan, maka tentu trafik dan pemasukan sobat akan sangat minim. Dengan begitu, sobat membutuhkan usaha ekstra, yaitu memasang iklan di internet ataupun jika bekerja di dunia nyata, sobat bisa memasang banner – banner iklan di sisi jalan (jika diijinkan).

Apa itu banner ? Banner adalah bentuk penyederhanaan dari spanduk. Dan banner memuat informasi atau iklan tentang barang atau jasa yang dijual seseorang. Bisa juga banner dapat berfungsi untuk mendatangkan pengunjung ke suatu halaman web.

Lalu, apa fungsi dari Banner ?
Lebih jelasnya lagi, supaya sobat tidak bingung lagi dengan urusan banner, berikut adalah beberapa fungsi atau manfaat kita memasang banner.

  1. Web atau usaha kita lebih dikenal. Seperti yang kita tahu, jika usaha dunia nyata ataupun website kita masih sepi, pasti usaha kita hanya sedikit yang mengetahui. Paling cuma tetangga, atau teman – teman kita. Dengan memasang banner di jalan – jalan ataupun situs – situs terkenal, maka seseorang yang tidak sengaja melihat banner iklan kita akan dengan tidak sengaja pula untuk membaca isi dari banner tersebut dan sekaligus mulai mengenal website atau usaha sobat. Jadi usahakan banner yang kita buat harus menarik untuk dibaca.
  2. Semakin Banyak Pengunjung. Tentu, semakin terkenalnya usaha atau website kita, pengunjungnya juga akan semakin berdatangan dengan sendirinya, jadi kita harus lebih giat lagi dalam memperkenalkan usaha atau web kita menggunakan banner ini.
  3. Penghasilan Meningkat. Jika website atau usaha kita semakin terkenal dan banyak pengunjung, maka tentu juga akan meningkatkan penghasilan kita. Untuk usaha di dunia nyata, tentu akan banyak yang membeli barang atau memakai jasanya, lalu bagaimana dengan yang memiliki website atau blog ? Sobat bisa memasang bisnis online periklanan. Baca ini : Cara Menghasilkan Uang Di Internet Dengan Mudah.

Bagaimana sobat ? Sangat menggiurkan bukan keuntungannya ? Tentu. Lalu, bagaimana cara kita membuat banner dengan mudah ? Untuk membuat banner sobat bisa menggunakan CorelDRAW.
Pada tutorial kali ini, Blog Tekno akan membahas tentang bagaimana cara membuat banner iklan di CorelDRAW dengan mudah. Seperti biasa, sebelumnya sobat harus sudah memiliki software CorelDRAW. Versi berapapun bisa dipakai asalkan nyaman di hati dan dapat memuaskan nafsu birahi sobat.
Berikut adalah langkah – langkah mudah dalam membuat banner iklan menggunakan CorelDRAW.

  1. Pertama, sobat buka CorelDRAW sobat seperti biasa. Dan pilih new untuk membuat file baru.
  2. Nantinya akan ada kanvas kosong yang siap sobat pakai untuk berkreasi.
  3. Setelah itu, sobat atur ukuran banner yang sobat buat dengan mengubahnya di property bar yang ada di sebelah atas kanvas. Untuk yang membuat banner untuk keperluan memasang iklan di internet, sebaiknya sobat sesuaikan units menjadi pixels agar datanya tidak terlalu besar. Dan untuk membuat banner supaya bisa di pasang di jalan – jalan, sobat ubah unitsnya menjadi centimeter (cm) dan sobat atur ukurannya sesuai keinginan sobat, sobat bisa membuat sketsa nyata dulu menggunakan penggaris.
  4. Lalu, jika sudah selesai mengaturnya, sobat buat 2 buah bentuk segiempat dalam kanvas seperti di bawah ini. Dan ingat beri warna yang berbeda antarayang pertama dan yang kedua.
    2 Kotak Segiempat
    2 Kotak Segiempat

  5. Setelah itu, tambahkan lingkaran sempurna (bukan oval) di tengah – tengah perbatasan kedua kotak. Dan untuk warna lingkarannya, sobat gunakan warna yang lebih muda dari kedua kotak tersebut supaya semakin menarik dan lebih cerah.
    Lingkaran ditengahnya
    Lingkaran ditengahnya
  6. Setelah itu, sobat tambahkan logo usaha atau website sobat di tengah lingkaran kuning tersebut. Untuk membuat logo, sobat bisa membaca tutorialnya di link ini. Namun di tutorial ini, saya menggunakan vektor CorelDRAW yang sudah disediakan biar tidak ribet.
    banner dengan logo
    Banner Dengan Logo
  7. Setelah jadi seperti itu, sekarang sobat atur backgroundnya dengan mempercantiknya menggunakan warna gradient dengan cara menggunakan interactive fill tool yang terletak di toolbox.
    Background gradasi
    Background gradasi
  8. Sekarang suda mulai terlihat keren banner iklan yang kita buat. Sekarang waktunya kita berkreasi dengan tulisan. Sobat tambahkan tulisan mengenai nama Blog atau usaha sobat di background warna merah. Dan tambahkan kata – kata tentang harga dan produk sobat di background warna biru. Sehingga hasilnya kurang lebih seperti ini.
    Hasil Akhir
    Hasil Akhir

Dan akhirnnya banner iklannya sudah jadi. Bagaimana sobat ? Gampang sekali bukan ?
Mungkin sampai disini saja artikel kali ini tentang cara membuat banner iklan di CorelDRAW. Semoga bermanfaat bagi sobat, dan jangan lupa untuk share ke teman yang lainnya ya, supaya semua tahu cara membuat banner dengan CorelDRAW.





Source link

  • Bagikan