Cara Membuat Logo Keren Di CorelDRAW

  • Bagikan


Blog Tekno – Apakah sobat seorang blogger ? atau mungkin suatu pengusaha ? Sudah barang tentu sobat akan membutuhkan sebuah logo kebanggan sobat sendiri.
Untuk apa gunanya menggunakan logo pada sebuah blog atau usaha yang kita miliki ? Sebuah logo akan menjadi suatu ciri khas dari blog atau usaha sobat.
Baca Juga : Cara  Paling Mudah Untuk Berpromosi Di Facebook
Kini di internet sudah banyak tersedia situs – situs pembuatan logo secara online, sobat bisa memilih salah satunya, diantaranya :

  1. Cooltext.com, ini menurut saya adalah tempat pembuatan logo yang paling keren. Dulu sebelum saya bisa membuat logo sendiri, saya sering mengandalkan situs ini untuk membuatnya. Tidak hanya kaya akan jenis font, di situs ini juga sudah disediakan banyak gambar atau simbol – simbol yang bisa melengkapi logo yang sobat buat disana.
  2. Flamingtext.com, Situs ini juga tidak kalah jauh dari Cooltext, disitus ini sobat bisa memilih banyak sekali template logo yang bisa sobat sesuaikan dengan selera dan nafsu birahi sobat.
  3. Logos.80×15.com. Di situs ini sobat bisa membuat logo seperti media sosial facebook, twitter, google plus ataupun yang lainnya, pokoknya di situs ini juga gak kalah mantapnya.
  4. Logonut.com. Logonut akhir – akhir ini banyak sekali digunakan oleh para blogger untuk membuat logo, selain logonya keren, jenis fontnya juga tidak kalah bagus dengan situs – situs di atas,

Sebenarnya masih banyak sekali ada situs – situs untuk membuat logo online, namun hanya itu yang saya tampilkan. Memang sih, membuat logo online itu sangat mudah dan cepat dan juga tidak perlu kemampuan dalam bidang grafis. Namun, ada beberapa kelemahannya, salah satunya sobat tidak akan bisa berkreasi, dan hanya bisa menggunakan template logo yang sudah disediakan, dan tidak bisa memilih font yang di situs tersebut tidak tersedia. Kelemahan selanjutnya adalah, sangat mudah ditiru, karena siapa saja bisa membuat logo di situs – situs tersebut, tidak menutup kemungkinan logo yang kita bangga – banggakan dan kita anggap keren akan ditiru oleh orang lain.
Maka dari itu, ada baiknya kita membuat logo sendiri menggunakan software. Dan kali ini, Blog Tekno akan berbagi cara membuat logo keren menggunakan CorelDRAW. Sobat pasti mengira akan sangat sulit jika membuat logo sendiri, menggunakan CorelDRAW. Tapi sebenarnya sangatlah gampang, jangan takut jika hasilnya nanti akan menjadi jelek, ini tergantung dengan usaha dan kemauan sobat, jika sobat berusaha maksimal pasti hasilnya akan maksimal juga.

Logo CorelDRAW
Logo CorelDRAW

Sebelum membuat logo kebanggaan kita sendiri, sobat harus mengetahui aspek – aspek yang harus sobat ketahui dalam pembuatan logo tersebut, agar nantinya logo yang kita buat menjadi maksimal dan memiliki keunikan tersendiri.
Baca Juga : Cara Menjiplak Dan Mengedit Gambar Menggunakan CorelDRAW
Berikut adalah aspek – aspek yang perlu sobat ketahui dalam pembuatan logo.

  1. Membuat Logo Yang Simple. Usahakan jika sobat membuat logo sesederhana mungkin. Sederhana bukan berarti jelek, atau kurang greget, tapi sederhana tetapi tetap keren dan simple. Lihat contoh logo CorelDRAW di atas, sangat sederhana bukan ? Namun, logo tersebut memiliki keunikan tersendiri, dan tetap terlihat keren dan macuy.
  2. Mudah Diaplikasikan. Maksud saya disini adalah jika sobat membuat logo, logo tersebut harus bisa dipasang di manapun dan dengan metode bagaimanapun. Seperti, misalkan sobat memasang sebuah logo di baju harus bisa sesuai dengan baju tersebut, dan misalkan logo yang sobat buat juga harus sesuai jika hanya menggunakan warna hitam putih saja.
  3. Memiliki Keunikan Tersendiri. Artinya logo yang sobat buat, diusahakan jangan sampai meniru logo orang lain, supaya logo sobat mudah dikenal oleh khalayak banyak.
  4. Jangan Memadukan Logo Orang Lain Dengan Logo Sendiri. Yups. ini jangan sampai terjadi, apalagi untuk logo – logo yang terkenal, sobat bisa saja diadukan karena mengakui hak cipta orang lain.

Mungkin hanya itu aspek dasar yang bisa saya sampaikan, walaupun sebenarnya masih banyak aspek yang perlu diketahui dalam pembuatan logo, tapi menurut saya itu saja sudah cukup.
Selanjutnya, kita akan berlanjut ke tahap pembuatan logo degan CorelDRAW.

  1. Langkah pertama, seperti biasa sobat harus membuka terlebih dahulu CorelDRAW kesayangan sobat. Dan pilih New untuk membuat lembar kerja baru.
  2. Sobat atur ukuran logo sobat, dengan mengaturnya di property bar, bagian units pilih pixels, dan atur ukurannya menjadi 300×100.
    Baca Juga :   Pengertian Flat Design Pada Dunia Grafis
  3. Setelah itu, sekarang sobat buat gambar yang sobat inginkan, selera kita berbeda – beda, jadi gambarnya juga berbeda. Jadi saya hanya menjelaskan tata cara pembuatannya saja ya.
    • Untuk membuat, lingkaran, kotak, ataupun polygonal, sobat tinggal memilih tool di Toolbox yang sudah terlihat ikonnya.
    • Untuk membuat garis – garis atau bentuk sendiri, sobat bisa menggunakan bezier tool, polyline, ataupun pen tool yang sudah tersedia di toolbox.
    • Dan untuk melengkungkan garis, sobat bisa menggunakan pilihan Shape Tool pada toolbox.
    • Dan usahakan titik awal dan titik akhir objek agar saling bertemu supaya nantinya bisa diwarnai dengan fill tool. Dan sobat gunakan mode warna CMYK ya, supaya ketika di export warnanya tidak berubah.
    • Jika sobat sudah membuat gambarnya, sekarang sobat bisa membuat tulisannya, dengan menggunakan Text Tool pada Toolbox. Jika sobat ingin font yang lebih keren, sobat bisa mendownload font yang lainnya di dafont.com, disana ada banyak sekali pilihan font keren.
    • Jika semuanya sudah selesai, sobat bisa menyimpannya dengan menekan tombol CTRL + S pada keyboard, dan meng-export menjadi gambar .PNG dengan cara menekan tombol CTRL + E di keyboard sobat. Dan centang pada Transparency Background agar backgroundnya menjadi transparan.

    Bagaimana sobat semua ? Mudah – mudahan hasilnya bagus dan memuaskan ya, dan berikut adalah logo yang sudah saya buat tadi sore. (maklum ya jelek, namanya juga niubi).

    logo Blog Tekno
    Logo Blog Tekno

    Dan jika sobat tidak mau bersusah payah dalam membuat logo, bisa memakai jasa saya dalam membuat logo, dan harganya juga sangat terjangkau, sesuai dengan dompet pelajar.
    Mungkin sekian tutorial kali ini dari Blog Tekno, semoga bermanfaat, dan jangan lupa ya untuk share artikel ini ke media sosial, agar semua tahu bagaimana cara membuat logo di CorelDRAW.
     





Source link

  • Bagikan