Cara Membuat Objek Fokus Foto Menggunakan Photoshop

  • Bagikan


Bagi sobat alayers yang sudah ketagihan untuk bermain facebook pasti ketagihan untuk mengganti – ganti foto profil facebook.

Tidak hanya facebookers, pengguna media sosial lainnya juga pasti sangat suka untuk memasang foto yang keren.


Baca Juga : 7 Kesalahan ini dapat membuat laptop kamu cepat rusak

Pada tutorial kali ini, Blog Tekno akan mengajak sobat semua untuk bermain Photoshop. Tidak seperti biasanya saya mengajak sobat untuk bermain photoshop. Karena seperti yang sobat tahu, sebelum – sebelumnya saya selalu posting seputar tutorial CorelDRAW.

Ya memang menurut saya sendiri memang CorelDRAW itu jauh lebih keren daripada Photoshop (menurut saya lho). Memang photoshop banyak memiliki efek – efek yang fantastis, tapi CorelDRAW jauh lebih fantastis lagi, karena CorelDRAW mengajarkan kita untuk kreativ dan mandiri, tidak hanya mengandalkan efek yang sudah tersedia.

Namun, bukan hal itu yang akan kita bahas sekarang. Sebenarnya, ilmu sederhana ini sudah saya ketahui dari dulu, namun saya baru ingat untuk share ilmu sederhana ini. Kali ini, Blog Tekno akan mengajak sobat membuat objek fokus pada photoshop dengan cara yang sangat mudah dan hasil maksimal.

Untuk membuatnya, tentu saja sobat membutuhkan software photoshop, bisa memakai versi yang berapa saja, itu terserah sobat. Yang penting nyaman sobat pakai, dan tidak memberatkan komputer ataupun laptop sobat. Jika belum punya photoshop, sobat bisa mencarinya di mbah Google ataupun situs resmi photoshop untuk mengunduh photoshop versi terbaru.

Untuk membuat objek fokus ini, sebenarnya kita hanya menggunakan efek blur (gaussian blur) yang fitur ini juga sudah tersedia di CorelDRAW, namun sekali – sekali tidak apa – apalah kalau posting seputar photoshop.

Berikut adalah langkah – langkah dalam membuat objek fokus pada photoshop.

  1. Pertama, sobat buka dulu photoshop kesayangan sobat, yang selalu menemani keseharian dan kejonesan sobat.
  2. Lalu, sobat masukkan foto sobat yang paling ganteng ataupun yang paling cantik. Pokoknya maksimal, kalau yang tidak punya muka ganteng juga tidak apa – apaa. Dengan cara menekan tombol CTRL + O pada keyboar.

    foto yang telah dibuka
  3. Setelah itu, sobat pilih Polygonal lasso tool yang terletak pada toolbox sebelah kiri dan seleksi objek diluar objek fokus yang kita inginkan. Sobat bisa melihat seperti contoh di bawah ini.

    hasil seleksi
  4. Setelah sobat melakukan seleksi pada foto, sobat pilih pada menu bar Filter > Blur > Gaussian Blur dan sobat atur angka radiusnya sesuai dengan selera sobat. Sehingga hasil dari blur objek yang saya buat menjadi seperti di bawah ini.

    hasil akhir objek fokus


Baca Juga : Fitur Baru Di Facebook

Bagaimana sobat, keren bukan membuat objek fokus dengan photoshop ? Tentu keren dong.

Dengan objek fokus ini, bisa membuat foto sobat menjadi lebih keren dan tentunya makin ganteng ataupun cantik. Sebenarnya untuk fotografer professional tidak perlu menggunakan cara seperti ini untuk membuat objek fokus. Mereka sudah terbiasa dalam membuat objek fokus dalam pemotretan, namun bagi para newbie dan bocah seperti saya ini, tentunya bisa memanfaatkan efek pada photoshop ini.

Mungkin cukup sampai disini postingan Blog Tekno kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat, dan jangan lupa untuk share dan like artikel ini ya, agar semuanya juga tahu cara membuat objek fokus pada photoshop.





Source link

  • Bagikan