Cara Membuat PDF Dokumen Secara Offline

  • Bagikan



Logo PDF

Pasti sobat sudah tahu, apa itu file .PDF yang merupakan adobe acrobat document, dimana file .pdf ini bisa dijalankan menggunakan aplikasi adobe reader. Banyak blogger atau netter yang mengguanakan file PDF untuk membuat ebook pembahasan, abik ebook pembahasan tutorial, buku, backlink ataupun yang lainnya.

Mengapa kebanyakan dari mereka ataupun kita lebih memilih Adobe Acrobat Document (PDF) untuk membuat ebook (buku elektronik) ketimbang memilih program yang lainnya ? Tentu saja karena ada beberapa alasan.

Berikut merupakan beberapa alasan orang – orang (khususnya penulis) lebih memilih menggunakan PDF daripada program yang lainnya.

  • File berukuran lebih kecil. Seperti yang kita ketahui, file PDF merupakan file yang memiliki size yang sangat kecil walaupun isinya sangat banyak dan panjang lebar.
  • Cocok untuk media publikasi. File PDF sangat cocok sobat gunakan sebagai media – media publikasi ketimbang yang lainnya seperti powerpoint ataupun microsoft office word. Karena seperti yang kita ketahui, file Pdf tidak bisa diedit secara langsung, jadi sobat tidak perlu khawatir jika sobat telah membuat ebook PDF yang panjang lebar namun diakui oleh pihak lain. Kalaupun bisa diedit, itu memerlukan media online atau software yang lainnya, yang pasti akan menyusahkan orang lain untuk mengeditnya.
  • Software yang lebih ringan dan simple. Kebanyakan dari reader Ebook menggunakan Adobe reader untuk membuka dan membaca format PDF, karena software ini sangat simple dan gampang digunakan.

Lalu, apa saja keemahan dari file yang berformat PDF tersebut ? untuk kelemahannya menurut saya cuma sedikit, yaitu yang termasuk keunggulannya juga. Karena file PDF susah untuk diedit maka sobat perlu untuk benar – benar menyelesaikan ebook yang sudah sobat buat. Supaya nanti jika ada kesalahan penulisan kata ataupun ppenulisan yang lainnya bisa sobat perbaiki.

Setelah kitra mengetahui kelemahan dan kelebihan file yang berformat pdf tersebut, sekarang kita akan berlanjut tentang cara membuat file ebook PDF secara offline dengan mudah.

Apa saja yang perlu kita butuhkan untuk membuat file bentuk PDF secara offline ? Berikut alat tempur yang akan kita gunakan untuk file pdf secara offline.

  1. Microsoft Office Word (versi bebas). Ms word merupakan alat tempur utama yang akan kita gunakan dalam membuat file pdf secara offline ini. Apa peran ms word pada kegiatan membuat file pdf secara offline ? Untuk fungsinya, sobat bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui fungsi dan peran ms word.
  2. Adobe Reader. Adobe reader kita gunakan untuk membaca dan melihat dokumen PDF yang sudah selesai kita buat, untuk melihat ebook buatan kita.
  3. Secangkir kopi bubuk, jangan diisi gula. Kopi sangat berperan dalam kegiatan kita saat ini, supaya ketika sobat mengantuk bisa digempur oleh zat – zat kimiawi pada kopi yang bisa menahan rasa kantuk sobat. Sedangkan tanpa gula dapat memberikan efek greget pada kopi tersebut.

Setelah semuanya selesai, kita akan berlanjut pada tahap pembuatannya, sebelum memulai untuk membuat PDF secara offline, sobat sruput terlebih dahulu kopi tanpa gulanya. Dan berikut merupakan step by step cara pembuatan Ebook PDF secara offline.

  • Sobat buka Microsoft office word kesayangan sobat.
  • Buat dan ketik ebook atau dokumen PDF yang akan sobat buat deperti biasa.
  • Setelah selesai mengetiknya, sobat tekan tombol CTRL + S untuk menyimpan seperti biasa, namun sobat jangan nafsu dulu untuk menekan tombol save, pada pilihan Save as type, sobat pilih PDF Document dan baru tekan tombol save.
  • Untuk melihat PDF dokumen yang baru saja sobat buat, sobat bisa membuat dokumen PDF itu seperti membuka dokumen – dokumen yang lainnya, yaitu double klik kiri pada mouse / touchpad.
  • Jika semuanya sudah selesai, sobat sruput kembali kopi pahit yang sudah sobat buat tadi, sebagai tanda keberhasilan sobat dalam membuat PDF dokumen secara offline.

Bagaimana sobat ? Sangat mudah bukan ? dalam membuat pdf secara offline. Sekarang sobat bisa membuat ebook dan pembahasan mengenai apa saja dan mempublishnya melalui adobe acrobat document dengan sangat mudah dan offline.

Mungkin cukup sekian tutorial dari Blog Tekno untuk membuat pdf secara offline. Jangan lupa untuk bookmark blog ini dengan alamat www.blogtekno.us.





Source link

  • Bagikan