3 Tips Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf

  • Bagikan
Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf
Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf

webazril.com – Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf, Apakah kalian masih bingung bagaimana cara menemukan gagasan Pokok/utama dalam sebuah paragraf?. menjawab soal menemukan gagasan utama tidak hanya untuk yang masih duduk dibangku sekolah, tetapi soal menemukan gagasan utama ini bisa jadi muncul ketika kalian tes cpns atau tes kerja lainnya.

Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf

Setiap tulisan baik itu makalah, artikel, karya tulis ataupun jenis tulisan lainnya pasti memiliki gagasan utama. Gagasan utama adalah ide inti pokok dari sebuah paragraf tersebut. Singkatnya gagasan utama itu seperti inti cerita yang dibahas dalam paragraf tersebut. Biasanya suatu paragraf tersebut terdiri dari gagasan utama dan juga gagasan penjelas.

\Untuk memahami bagaimana cara kita tahu itu merupakan gagasan utama atau kalimat penjelas kalian bisa dengan banyak membahas soal, kalian bisa menemukan soal bahasa indonesia di Undang Faiz.

Sebelum kita membahas tips menemukan gagasan utama, kita harus tahu dulu jenis-jenis gagasan utama itu apa

Jenis-jenis Gagasan Utama

  1. Gagasan Deduktif.

Gagasan deduktif adalah gagasan utamanya terletak di awal kalimat paragraf

2. Gagasan Induktif

Gagasan Induktif adalah gagasan utamanya terletak di akhir kalimat paragraph. Biasanya gagasan utama yang terletak diakhir ini merupakan kesimpulan dari paragraph tersebut

3. Gagasan Campura

Gagasan Campuran adalah gagasan yang terletak di awal dan di akhir

Tips Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf

Jika kalian sudah memahami jenis-jenis gagasan utama, selanjutnya kalian bisa menyimak bagaimana tips untuk menemukan gagasan utama dalam sebuah paragraf

1. Bacalah dengan Cermat dan Teliti

tips pertama dalah kalian harus cermat membaca suatu paragraf tersebut. tips sangat penting dalam menemukan gagasan utama suatu paragraf, karena dengan membaca cermat dan teliti kalian bisa tahu ini paragraf menceritakan tentang apa.

Jika kalian sudah tau paragraph tersebut menceritakan tentang apa, maka nantinya kalian bisa menebak ini gagasan utamanya berada di awal, di akhir atau campuran. Untuk itu pahami dulu cerita paragraf tersebut baru bisa menemukan gagasan utamanya. Bacalah di kalimat awal paragraf dan di akhir paragraf.

2. kalian perhatikan kalimat awal paragraf dan juga akhir paragraf

Setelah kalian sudah membaca dengan cermat dan teliti suatu paragraf, selanjutnya kalian bisa melihat kalimat awal dan akhir. Biasanya suatu paragraf inti sebuah ceritanya terletak diawal atau bisa juga di akhir dan selebihnya kalimat penjelas. Misalnya ada sebuah teks sebagai berikut.

Baca Juga; Soal Tema 1 Kelas 3 SD Subtema 3 K13 (+Kunci Jawaban)

“Pada kali ini saya ingin menjawab soal matematika tentang diskon. Untuk menjawab soal matematika tentang diskon kalian harus paham tentang operasi matematika perkalian persen, penambahan, dan yang lainnya. Pertama kalian kalikan diskon tersebut dengan harganya. kemudian hasil dari perkalian tersebut kurangkan dengan harga awalnya, maka ketemulah harga setelah diskon.”


Coba kalian amati paragraf diatas, paragraf diatas menceritakan tentang apa? jika kalian perhatikan dan cermati ternyata paragraf tersebut menceritakan tentang bagaimana menjawab soal matematika tentang diskon, selebihnya adalah kalimat penjelas.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, gagasan utamanya adalah “Pada kali ini saya ingin menjawab soal matematika tentang diskon”, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

Tips ini tidak cocok jika ternyata gagasan utamanya merupakan gagasan campuran. Untuk itu kalian harus mengikuti tips selanjutnya.

Baca Juga: Pembahasan Variasi Soal Rumus Keliling Lingkaran dan Luas Lingkaran

  1. Banyak berlatih soal

Setelah kalian membaca dengan cermat dan teliti, kemudian sudah membaca ulang kalimat di awal dan akhir paragraf. Tips selanjutnya adalah banyak berlatih soal. Dengan banyak berlatih soal kalian bisa menemukan dengan mudah gagasan pokok tersebut terletak dimana.

Kalian bisa menemukan banyak soal gagasan utama di buku Bahasa Indonesia contohnya teks mengenal suku badui yang ada buku Bahasa Indonesia kelas 10. Pada setiap paragraph teks tersebut menjelaskan tentang mengenal suku badui, seperti asal suku tersebut, kepercayaannya, dan lain-lain. Kalian bisa langsung mencoba latihan menemukan gagasan utama dengan teks tersebut.


Itulah Cara menemukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf , bagaimana mudah bukan? Sering berlatih agar kalian bisa menemukan gagasan utama dengan cepat. Semoga bermanfaat dan Terima kasih

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.