Cara Mengetahui Dan Menghindari Phising

  • Bagikan


Blog Tekno – Kini sangatlah ngetrend game – game online komputer maupun smartphone android. Semua orang berlomba – lomba untuk mendapatkan pangkat yang tinggi.
Tak jarang juga banyak orang atau bocah – bocah tak tahu diri yang sangat ingin mendapatkan akun dengan pangkat tinggi secara instan, yaitu dengan cara menipu.
Lain juga dengan pelaku bisnis online, yang sangat sering melakukan penipuan melalui email, misalnya sobat memiliki sebuah akun Google AdSense, namun ada seseorang yang ingin mendapatkan akun sobat secara cuma – cuma dengan mengirimkan email kepada sobat bahwa mereka mengaku dari pihak Google AdSense yang meminta password akun sobat, jika sobat memberikannya tentu saja beberapa saat kemudian akun sobat akan segera berpindah tangan.

phising image
Phising

Dan juga jenis – jenis penipuan seperti itu sangat marak kini di internet, sungguh miris cara penipu tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Dan itulah yang disebut dengan phising.
Salah satu bentuk phising yang paling populer adalah phising akun facebook. Seorang penipu membuat situs web yang sangat mirip dengan situs facebook tersebut, dan jika sobat tidak berhati – hati sobat akan memasukkan email dan password sobat, setelah itu akun sobat tentu saja lenyap jika sobat tidak bertindak cepat untuk merubah kata sandi facebook sobat.
 Baca Juga : Cara mempercepat koneksi internet android.
Pada artikel kali ini, Blog Tekno akan membahas seputar phising tersebut dan cara ampuh untuk mengatasinya. Jika sobat adalah player setia COC dan sekaligus merupakan player yang sedikit kere dan maunya gratisan, pasti sobat sangat sering mencari di Google.com dengan kata kunci “gems COC gratis”  maka akan banyak sekali situs yang membahas tentang gems gratisan COC. Tak jarang juga situs yang akan menjerumuskan sobat ke arah situs phising.

Phising COC
Phising COC

Jika sobat melihat gambar di atas, merupakan salah satu bentuk phising COC, jika sobat terlanjur tergiur dan memasukkan data – data akun COC sobat, maka orang yang memiliki phising tersebut akan segera mendapatkan data – data akun yang sobat masukkan disana, jika sobat tidak cepat bertindak, lenyap sudah akun sobat.
Baca juga : Tips pintar memilih android yang berkualitas bagus.
Lalu, bagaimana ciri – ciri situs phising seperti itu ?
Berikut adalah beberapa ciri – ciri phising yang perlu sobat ketahui agar terhindar dari situs phising dan juga email phising.

  1. Perhatikan domain situs.Situs yang professional tentu memakai domain yang top level seperti .com, .net, dan lain sebagainya. Tapi banyak sekali phising hanya menggunakan domain gratisan. Jika phising untuk situs facebook, sobat perhatikan domainnya, karena situs facebook tidak memiliki alamat yang aneh – aneh. Sama juga dengan situs – situs phising lainnya, sobat tinggal memastikan saja apakah alamat dari situs meyakinkan atau tidak, jika tidak meyakinkan ya jangan diikuti lagi. Dan usahakan situs tersebut menggunakan SSL yang ketika dibuka, di address bar akan diawali dengan https bukan hanya http situs yang menggunakan SSL adalah situs yang sudah terverifikasi keamanannya, jadi sobat bisa lebih tenang lagi.
  2. Untuk email phising, perhatikan alamat email pengirim.
    Sebuah situs terkenal juga pasti akan menggunakan email professional dan juga premium. Semisal sobat mendapat email dari seorang penipu yang mengaku dari pihak google, dan meminta sandi email sobat maka perhatikan emailnya, alamat email seluruh layanan google pasti berakhiran domain google.com. seperti adsense-noreply@google.com. Jika selain berakhiran @google.com janganlah dipercaya karena ini dapat membuat akun anda terjerumus ke lubang tikus.
  3. Tampilan situs.
    Jika sobat perhatikan, situs asli akan memiliki beberapa perbedaan dengan situs phising. Situs asli selalu menempatkan informasi lengkap tentang pemilik situs tersebut, sedangkan situs phising hanya merupakan situs abal – abal yang sama sekali tidak berani untuk menempatkan informasi lengkapnya.
  4. Kepopuleran situs.
    Situs professional dan terpercaya pasti akan banyak dikenal orang, dan jika sobat melakukan penelusuran di mesin pencari tentang situs – situs tersebut maka jika situs professional pasti akan banyak hasil yang didapat. Jika situs phising atau tipuan, pasti tidak akan ada yang mengulasnya, jika ada, itu hanya pemilik situs phising tersebut.

Itu adalah beberapa ciri – ciri situs phising yang sangat perlu sobat hindari. Jika sobat menemukan situs seperti itu ataupun email seperti yang disebutkan di atas tadi, segeralah hindari.
Setelah sobat mengetahuinya, bagaimana cara menghindarinya ? Untuk menghindarinya tentu saja dengan cara menghindari ciri – ciri situs phising di atas dan berikut adalah beberapa tambahan untuk menghindari phising.

  1. Jangan memasukkan data lengkap.
    Untuk menghindari terjadinya penipuan melalui phising, sobat jangalah memasukkan informasi lengkap akun sobat seperti email dan kata sandi. Situs yang aman hanya meminta sobat memasukkan id pengguna untuk mempermudah, bukannya meminta kata sandi dan email.
  2. Jangan cepat tergiur.
    Sobat jangan cepat tergoda apabila ada ajakan dari orang yang baru saja sobat kenal untuk mengikuti cara – caranya untuk meningkatkan atau apalah untuk akun sobat yang berbau kelicikan, karena itu adalah orang yang baru sobat kenal jangan tergiur dengan segala yang berbau gratisan.

Bagaimana sobat ? Sudah tahu bukan tentang ciri – ciri phising dan cara mengatasinya ? Jika sobat sudah paham betul, kini sobat perlu berhati – hati lagi dalam memasukkan data – data akun sobat.
Sampai disini artikel kali ini dari Blog Tekno, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Dan jangan lupa untuk share atau bahasa kerennya bagikan ke teman – teman sobat ya, agar semuanya bisa menghindari phising dengan mudah.





Source link

  • Bagikan