Membuat Logo Dengan Lingkaran Timbul Di CorelDRAW

  • Bagikan


Lingkaran timbul yang saya maksud adalah lingkaran yang gimana gitu ya, saya juga agak susah jelasinnya. Singkatnya, lingkaran timbul yang saya maksud ini adalah lingkaran yang agak menonjol kedepan, dan terlihat seperti bola. Mudah – mudahan sobat semua paham dengan lingkaran timbul yang saya maksud.


Read More : Cara menggambar batu akik dengan CorelDraw

Sebenarnya, dalam membuat lingkaran timbul ini, kita harus kreatif dalam memainkan gradasi warna. Apa sih gradasi warna itu ? Gradasi warna, adalah perpaduan gelap terang antara warna satu dan warna yang kedua akibat adanya pancaran dan arah sinar yang datang.

Dalam menggambar manual, pasti sobat sering memakai metode arsir gelap terang (karena malas untuk mewarnai), gelap terang tersebut disesuaikan dengan arah datangnya sinar, gelap terang inilah yang dimaksud dengan gradasi warna.

Untuk membuat lingkaran timbul ini, kita membutuhkan gradasi warna antara warna satu yang merupakan warna yang muda (misalnya hijau muda) dan warna yang sedikit lebih tua, misalnya hijau tua, ataupun hitam tipis.

Dengan lingkaran timbul ini, sobat bisa mengkreasikannya untuk membuat logo blog, produk, ataupun warung makan yang sobat miliki (bukan warung remang – remang ya).

Pada tutorial kali ini, Blog Tekno akan berbagi sedikit cara membuat logo dengan lingkaran timbul yang tentunya kita buat lagi dengan CorelDRAW yang merupakan software kesayangan saya.

Di bawah ini, merupakan contoh logo yang saya buat menggunakan lingkaran timbul dan efek perspektif, menggunakan perspective tool pada menu bar efek.


logo timbul

Apa sih fungsi dari Perspective tool itu ? Perspective tool berfungsi untuk memberikan efek perspektif pada gambar. Jika sobat menggambar manual, pasti sobat juga tahu apa itu metode perspektif, yaitu metode menggambar dengan objek yang paling dekat lebih besar dan objek yang jauh menjadi semakin kecil.

Dengan membuat suatu objek menjadi perpektif, bisa membuat objek yang kita gambar menjadi lebih nyata dan lebih keren.

Setelah kita telah mengetahui ulasan mengenai perpektif tool dan lingkaran timbul yang saya maksudkan, kita sekarang akan berlanjut ke arah pembuatan logo dengan lingkaran timbul dan perspective tool.

Berikut adalah langkah demi langkah dalam membuat logo keren dengan lingkaran timbul :

  1. Pertama sobat buat dulu lingkaran yang melingkar dengan ellipse tool seperti biasa sambil menekan tombol CTRL pada keyboard.
  2. Langkah kedua, sobta warnai lingkarang tersebut menggunakan Fill tool atau menekan tombol G pada keyboard. Berikan warna yang lebih muda dan cerah pada bagian pojok atas, dan warna yang lebih gelap di bagian pojok bawah, atau bisa dilihat seperti contoh di bawah ini.
    lingkaran
  3. Setelah itu, sobat tambahkan efek bayangan dengan Drop Shadow yang sudah tersedia di tool box. Dan sobat atur presetnya seperti gambar di bawah ini.
    lingkaran dengan drop shadow
  4. Langkah selanjutnya, yaitu membuat tulisan di dalam lingkarannya. Buat dulu tulisan yang sobat inginkan di dalam lingkaran seperti biasa.
  5. Setelah itu klik tulisan tersebut menggunakan pick tool dan pada menu bar Effects pilih Add Perspective. Dan atur seperti gambar di bawah ini.
    lingkaran timbul dengan tulisan
  6. Untuk membuat tulisan yang lainnya, sama saja seperti langkah sebelumnya, dan hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
    hasil akhir

Bagaimana sobat ? sudah bisa membuatnya bukan ? Caranya sangatlah gampang jika sobat sudah memahami isi artikel ini dengan baik.

Mungkin cuma sampai disini tutorial dari Blog Tekno, semoga bermanfaat dan bisa sobat praktekkan. Dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini ke media sosial dan teman – teman sobat ya, agar semua tahu cara membuat logo dengan lingkaran timbul di CorelDRAW.





Source link

  • Bagikan