9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

  • Bagikan
9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula
9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

webazril.com – Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula, Anda sudah berupaya keras mencari dan menjajal cara yang sempurna belajar bahasa arab tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil yang optimal?

Anda sudah mencoba cara berguru bahasa arab bagi pemula di berbagai versi kursus, baik kelas tatap wajah maupun kelas online (via WhatsApp, Telegram dll), tetapi skill bahasa Arab anda tetap berlangsung di kawasan?

Malah anda merasa jenuh dengan tutorial berguru bahasa arab yang ada dan alhasil anda mengalah?

Padahal anda mempunyai keinginan tinggi kalau mampu belajarbahasa Arab dengan baik.

Anda bisa menjangkau daerah penjualan Timur Tengah untuk memasarkan produk unggulan anda bila anda seorang pembisnis.

Anda mampu melanjutkan kuliah (biasanya full beasiswa) pada Universitas Islam terbaik di 22 negara yang bahasa resminya adalah bahasa Arab.

Dan Berikut 9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula
  1. Niat

Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula yang pertama adalah niat, dengan niat insa Allah hal apapun yang akan kita lakukan atau kita niatkan mulai di awal hingga akhir yang kita lakukan akan terasa lebuh mudah dan gampang.

Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan cuma terhadap Allah. Niat dan lakukan. Niat tanpa perjuangan sama saja dengan omong kosong. Dalam hadit Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan : innamal a’malu binniat. Kaprikornus ketika kita melaksanakan sesuatu, harus diawali dengan niat.

2. Membaca

Kenapa mesti membaca? Karna dari membaca kita bisa memperbesar ilmu kita dari yang berawal tidak mengenali jadi mampu mengenali segala hal dari dasar sampai akarnya. Membaca apa sih supaya bisa cepat mengatakan Bahasa arab? Tentunya membaca goresan pena-goresan pena arab. Walaupun kita tidak memahami arti dari isi tersebut tetapi verbal kita akan terlatih dengan seringnya kita membaca tulisan arab tersebut.

3. Memahami

Bagaimana cara mengerti goresan pena tersebut? Tidak susah mengetahui goresan pena – tulisan arab. Memahami goresan pena Bahasa arab mampu dengan membuka kamus Arab – Indonesia atau dengan membuka translate di internet untuk mencari mufrodat atau kosa kata yang tidak kita ketahui.

4. Menghafal

Tips Mudah Belajar Bahasa Arab berikutnya adalah menghafal. Bagi Pemula Tak perlu cemas dengan kata menghafal. Cara menghafal dengan segera bisa kita mampu dengan cara memahami arti dari isi tersebut, kemudian terapkan dan berlatihlah setiap hari.

Setiap hari harus ada satu atau dua kosa kata baru yang kita hafal dan terapkan. Agar verbal kita tetap terlatih dan gampang mengatakan Bahasa arab setiap harinya. Setelah itu bacalah kitab nahwu dan shorfu. Dari kitab ini kita mudah mencar ilmu dan memahami Bahasa arab.

5. Keluar dari zona nyaman

Kenapa mesti keluar dari zona nyaman? Apakah zona tenteram akan mempengaruhi cita – cita ? Ya, zona nyaman akan mempengaruhi cita – cita kita. Kenapa? Bayangkan di zona tenteram kita bertemu dengan orang – orang yang membuat kita tenteram dan tak mau maju ke zona yang hendak membuat kita berdiri. Itulah kenapa kita harus keluar dari zona tenteram kita.

6. Mencari Teman

Setelah kita keluar dari zona tenteram, kita harus mencari sahabat. Teman juga menghipnotis niat kita. Teman yang mirip apa yang menciptakan kita akan senantiasa maju ? Carilah sahabat yang mempunyai harapan yang serupa dengan kita. Bukan mencari teman yang hendak membawa kita kedalam hal yang tidak kita kehendaki. Karena teman yang bagus tergolong salah satu dorongan yang hendak mengembangkan dan mensukseskan harapan kita.

7. Mintalah Doa

Kepada siapa kita meminta doa? Tentulah minta doa terhadap ilahi kita adalah Allah SWT. Yang menciptakan langit dan bumi. Lalu mintalah ridho terhadap kedua orang tua kita. Karena ridhollahi fii ridho walidain. Dan mintalah ridho terhadap guru – guru kita, alasannya mereka yang sudah memberikan ilmu hingga kita mampu mewujudkan keinginan kita.

8. Berlatih

Berlatihlah setiap hari. Sering berlatih berbicara akan mempermudah kita dalam mengatakan dan menghafal Bahasa arab. Tidak ada lawan bicara? Itu tidak duduk perkara. Kita mampu berlatih mengatakan Bahasa arab sendiri di depan cermin, ini bisa membuat kita yakin diri juga.

Dan sebisa mungkin kita mencari teman atau guru yang sudah ahli dalam mengatakan Bahasa arab. Karena dengan mencari sahabat atau guru yang telah andal kita akan mudah mencari kesalahan kita dalam berbicara Bahasa arab.

9. Percaya Diri

Percaya diri ini perlu untuk kesuksesan kita. Tidak ada yakin diri kita tidak akan maju dalam hidup ini.

Jadi, yakin diri lah dalam bebicara Bahasa arab. Salah pun tidak apa – apa, sebab profersor pun pernah merasakan salah.

Baca Juga: Penjelasan Apa Itu Isim, Fiil, Dan Huruf Lengkap

Kenapa sih mesti berguru Bahasa arab?

Walaupun kita bukan orang arab, tetapi berbagai manfaat dari mencar ilmu Bahasa arab.

Ini yakni manfaat berguru Bahasa arab:

  1. Bahasa Arab yakni bahasa Al-Qur’an Al-Karim. Cukup alasan inilah yang jadi alasan besar kenapa kita mesti mempelajari bahasa Arab.
  2. Dengan mempelajari bahasa Arab lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.
  3. Orang yang paham bahasa Arab, khususnya paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan kian gampang mengetahui Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali.
  4. Orang yang paham bahasa Arab akan mudah menggali ilmu dari ulama secara pribadi atau membaca banyak sekali karya ulama yang sudah banyak tersebar hingga dikala ini.
  5. Bahasa Arab itu bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa.

Ibnu Katsir dikala menerangkan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab yakni bahasa yang paling fasih, paling terang, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

  1. Bahasa Arab ialah bahasa yang paling mulia. Karena Al-Qur’an yang paling mulia.
  2. Bahasa Arab yakni bahasa yang lurus, mudah diketahui dan mudah dipakai sebagai hukum bagi insan.

Allah SWT berfirman:

قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) semoga mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

Yu, luangkan waktu untuk mencar ilmu Bahasa arab.

Luruskan niat dan yakin lah bahwa kala depan kita akan berhasil selalu.

Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin…

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ

“Bahasa Arab yakni syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim.

Nah itu tadi 9 Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula yang bisa anda lakukan dirumah agar lebih cepat pandai dan cepat pintar dalam menggunakan bahasa arab dimanapun anda berada.

Tips Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula beriktnya anda bisa melihat di https://www.nahwushorof.com/ website tempat belajar bahasa arab geratis dan simple.

  • Bagikan