Cara Ajukan Keringanan Kredit Macet 2021,Agar Debt Collector Tak Asal Sita

  • Bagikan

Webazril.com-Cara ajukan keringanan kredit macet,agar debt collector tak asal sita.Perusahaan perbankan atau leasing banyak yang memakai jasa penagih pinjama atau yang di sebut Debt Collector untuk menagih ke nasabah terkait pinjaman atau kredit yang macet kala pandemik Covid-19 kali ini. Banyak sekali Debt Collector menggunakan cara intimidasi dan kekerasan saat menagih hutang pinjaman yang macet terhadap nasabah atau merampas barang dari peminjam/debitur yang mempunyai tunggakan pinjaman kepada bank terkait.

Cara Ajukan Keringanan Kredit Macet

Cara Ajukan Keringanan Kredit Macet
Ilustrasi gambaran Debt Collector mau mengambil motor debitur karna macet membayar cicilan

Sebenarnya, peminjam atau debitur bisa membela dirinya terlibat dengan Debt Collector akibat setoran kredit yang macet akibat dampak dari pandemik Covid-19.Ada beberapa cara untuk debitur mengajukan keringanan setoran kredit ke pihak bank atau lising terkait.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memberikan panduan pengajuan keringanan kredit kepada leasing/bank. Apalagi di masa pandemi Covid-19 banyak masrayakat hingga perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan sehingga untuk pembayaran cicilan kredit menjadi macet.

Sepertihalnya di kutip dari laman website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Rabu 8 September 2021, pengajuan tersebut bisa di lakukan memalui online dengan melalui Email atau Website,yang telah dianjurkan oleh bank atau leasing terkait.

Setelah debitur mengajukan keringanan cicilan atau setoran pinjaman maka pihak bank atau leasing akan melakukan assesment atau penilaian terhadap nasabah tersebut. Antara lain apakah debitur termasuk yang terdampak pandemik Covid-19 atau tidak.Secara langsung atau tidak langsung, historis pembayaran pokok bunga, kejelasan penguasaan kendaraan terutama untuk pihak bank atau lesing.

“Selanjutnya, bank/leasing akan memberikan keringanan berdasarkan data peminjam untuk menentukan pola kerunganan pinjaman, jumlah yang dapat diringankan termasuk jika masih ada kemampuan pembayaran cicilan yang nilainya melalui penilaian dan diskusi antara debitur dengan bank/leasing,” Teks tertulis dari pihak OJK

Sesudah, mendapat persetujuan keringanan pembayaran dari pihak bank atau leasing akan di beritaukan melalui secara online atau melalui website bank leasing yang terkait dengan pemijam atau debitur.

Keuntungan debitur harus mengajukan keringanan pembayaran angsuran jika mengalami kendala pembayaran ? Yaitu agar kendaraan kamu tidak begitu saja ditarik oleh pihak lesing. Peminjam juga bisa mengusut ke kantor polisi, jika ada unsur melawan perbuatan hukum secara perdata maupun pidana oleh pihak peminjam atau lesing dan pihak penagih atau depcolektor

Masyarakat yang sudah mempunyai pinjaman atau kredit motor bisa mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan pengajuan keringanan cixilan lewat akun resmi OJK di media sosial. Seperti instagram, facebook, twitter dan bisa mwngunjungi melalui website www.ojk.go.id.

Selain itu OJK juga memberikan pelayanan untuk pengaduan debitur atau peminjam melalui layanan via WhatsApp dengan nomor 081157157157.

Editor Pick :

Itulh cara untuk anda jika ingin mengajukan keringanan kredit jika anda adalah salah satu orang yang terdampak Pandemik Covid-19.Layanan pengaduan melalui onlen ke OJK dengan cara yang telah di jelaskan di atas.Semoga bermanfaat.

  • Bagikan