Dr Aisyah Dahlan, Menjelaskan Cara Mendidik Anak Di Usia Ideal Tahap Awal Masuk Paud Dan SD

  • Bagikan

Webazril.com-Penerapan tips parenting bagi anak di usia ideal tahap bawah memang penting bagi pertumbuhan anak, dr Aisyah Dahlan dalam kajian parenting membagikan beberapa tips parenting  bagi orang tua, dalam mengatur pola asuh yang baik dan benar.

Dr Aisyah Dahlan,Tahap Awal Mendidik Anak Usia Dini

Dr Aisyah Dahlan
Tangkap layar/YouTube @Rumli Al-hiya

Dalam kajian parenting dr Aisyah mengatakan bahwa untuk usia ideal masuk Paud dan SD untuk anak laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda, karena hal pemikiran otak yang beda.
Pasalnya dalam penelitian, pengaruh otak laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda itulah tutur drAisyah

Untuk penjelasan dari kajian dr Aisyah di harapkan para orang tua bisa memastikan dalam penerapan Usia Ideal saat akan masuk usia pertama sekolah.


Dr Aisyah mengatakan hasil penelitian ahli neurologi di salah satu  campus California, Sans Fransisco, bahwasannya sambungan antara otak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan.

Jika anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan otak maka berapakah Usia anak laki-laki dan perempuan pada saat masuk sekolah tahap paud dan SD.

Dr Aisyah menjabarkan bahwa anak perempuan di Usia 0-6 tahun memiliki keseimbangan antara otak kiri dan kananya.

Maka dari itu jika anak perempuan di sekolahkan Ke Paud menurut dr Asiyah anak tersebut mampu mengikuti, karena yang diajarkannya adalah analisa dan warna.

Sedangkan untuk anak laki-laki dr Aisyah Dahlan mengatakan pada usia 0-6 tahun otak kanan lah yang berkembang, Otak kiri juga berkembang namun otak kanan lah yang berkembang lebih dulu.

Dr Aisyah menjabarkan otak kanan adalah tempatnya berimajinasi, bermain, kreativitas, inovatif, bergerak, olahraga bermain musik, dan lain-lain

Dari perbedaan tersebut kita bisa melihat pada saat anak perempuan menginjak usia 3 tahun sudah ingin belajar angka dan huruf sedangkan anak laki-laki masih asik dalam hal bermain, jadi memang otak kanan dan kiri anak laki-laki tidak seimbang.

Maka dari itu jika dalam kurikulum mengajarkan angka dan huruf maka anak laki-laki kasihan karena belum bisa mengenal angka dan huruf.


Apalagi jika belajar membaca dan menghitung tidak menggunakan alat peraga kasihan anak laki-laki karena iya harus menggunakan alat peraga biar mengerti dan paham.

Untuk usia ideal anak laki-laki masuk sekolah SD dr Aisyah mengatakan bahwa harus di Usia 7 tahun, Dr Aisyah mengatakan mengapa harus di usia 7 tahun karena di Usia 6 tahun otak anak laki- laki masih baru mempersiapkan dalam hal menganalisa dan berhitung.

Sedangkan Untuk anak perempuan bisa masuk SD di usia 6 tahun dan itu tidak masalah, jelas dr Aisyah Dahlan.
Itulah tips parenting dari Dr Aisyah Dahlan  untuk mengetahui Usia ideal masuk sekolah bagi anak laki-laki dan perempuan.

  • Bagikan