Facebook Down,Begini Kata Pakar Keamanan Siber

  • Bagikan

Webazril.com- Facebook Down,Baru baru ini di hebohkan terkait Facebook Down,Aplikasi Facebook,Instagram dan WhatsApp mengalami down selama 6 jam,pada hari Senin 04 Oktober 2021.Masalah ini menjadi masalah besar sama halnya terjadi pada tahun 2019 lalu namun pada saat itu hanya memgalami down selama 24 jam saja.

Pakar keamanan Siber CISSreC,Pratama Persadha memaparkan,bahawa kemungkinan ada masalah pada DNS (Domain Name System) pada masalah facebook tersebut.

Pilihan Redaksi :

“Kemungkinan peretasan itu juga
ada. Jika akar permasalahannya di
DNS, disebabkan kemungkinan miss
configuration oleh kesalahan
manusia atau karena peretasan.
Karena memang sudah berkali-kali
down, dan kalau disebabkan
kesalahan konfigurasi atau human
error, sepertinya tidak mungkin
terulang terus,” papar pakar Siber yang berhasil di himpun dari teks tertulis sumber informasi yang telah beredar.

Selain permasalah yang di paparkan di atas Facebook down di akibatakan ada permasalahan yang sangat serius sehingga mengakibatakan sistem komunikasi di internal Facebook juga ikut down.

Pakar Siber CISSreC,Pratama Persadha menjelaskan bahwa dari keterangan Internal Facebook pengguna pltform tersebut banayak menggunakan Outlock untuk bisa berkomunikasi sementara karena sistem internal komunikasi pengguna iikut down.Untuk mengatasi permasalahan ini pegawai pusat data mereka Facebook langsung di turunkan.Pakar siber juga menyarankan Pemerintah Indonesia seharunya menggunakan aplikasi media sosial lokal.Pratama menyebutkan bahwa hal ini sangat penting karna semua pertanahan sibenr Negara jadi bisa di kelola sendiri.

Akibat Facebook Down juga menjadi kerugian besar yang di alamai oleh bos Facebook Mark Zuckerberg hingga mencapai USD 7 miliar akibat Server down pada tiga Aplikasi milikinya yaitu Facebook,WhatsApp dan Instagram.Bahakan ia pun meminta maaf kepada pengguna paltform Facebook,Instagram dan Whatasap di seluruh dunia terkait gangguan Server Down yang terjadi pada Senin 04 Oktober 2021 kemarin.

Dalam peristiwan ini Facebook juga banyak di bicarakan warga net di Twitter terkait Server Down tersebut.

  • Bagikan