Inilah Penyebab Tangan Mati Rasa Atau Kesemutan Ketika Bangun Tidur

  • Bagikan

Inilah Penyebab Tangan Mati Rasa Atau Kesemutan ? Pernah gak ngalamin ketika waktu anda bangun tidur ngalamin tangan mati rasa atau yang kerap di sebut kesemuta.Masalah ini sering di alami banyak orang di berbagai dunia,dengan masalah sirkulasi atau saraf pada lengan.Jika penyebabnya masih sederhana mungkin masih bisa di atasi dengan mudah.Namun,mati rasa saat bangun tidur berarati ada masalah dalam kesehatan anda.

Inilah Penyebab Tangan Mati Rasa Atau Kesemutan

Inilah Penyebab Tangan Mati Rasa Atau Kesemutan
Ilustraasi tangan kesemutan/twitter.com

Nyeri Saraf

Saat anda mengalami mati rasa pada tangan umumnya berarti ada kompresi atau kurangnya sinyal di salah satu saraf yang
mengendalikan tangan. Sebab ada
tiga saraf utama yang menuju ke
tangan adalah saraf ulnaris, median,
dan radial. Kompresi saraf ini dapat
menyebabkan rasa sakit dan mati
rasa di satu atau lebih area tangan.
Nyeri saraf adalah masalah umum di
Amerika Serikat.

Di himpun dari artikel di Journal of Pain Research menjelaskan, bahwa 7-10 persen orang memiliki beberapa bentuk nyeri neuropatik. Ada beberapa kondisi jangka pendek dan kronis yang berpotensi menimbulkan gejala seperti mati rasa pada tangan, di antaranya adalah sebagai berikut :

Posisi Tidur

Postur tidur yang buruk adalah penyebab sederhana dan umum dari bangun dengan tangan mati rasa.Orang mungkin tidur di atas tangan mereka atau dengan tangan mereka dalam posisi yang salah.

Tidur dalam posisi yang tidak biasa dapat memberikan tekanan sementara pada saraf atau memperlambat sirkulasi ke area
tertentu, seperti tangan. Tekanan dan kurangnya aliran darah ini dapat dengan mudah menyebabkan gejala, misalnya mati rasa atau yang di sebut sensasi kesemutan

Sindrom Tunnel

Sindrom tunnel juga dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan di tangan dan
pergelangan tangan. Sindrom ini terjadi ketika saraf median di tangan menjadi tertekan, umumnya karena peradangan akibat penggunaan yang berlebihan.

Sindrom ini juga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, sensasi kesemutan, dan penurunan kekuatan pada tangan. Kondisi ini kerap terjadi pada orang yang melakukan gerakan yang lebih secara berulang, seperti
menggunakan mesin kasir atau mengetik pada keyboard untuk waktu yang lama, mungkin lebih mungkin untuk mengembangkan atau mengalami carpal tunnel syndrome.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak dapat membuat atau menggunakan insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan kadar gula darah tinggi, yang dapat menyebabkan komplikasi lain.Masalah saraf sering terjadi pada penderita diabetes. The American Diabetes Association mencatat bahwa sekitar setengah dari semua penderita diabetes memiliki beberapa bentuk kerusakan saraf.Masalah saraf ini lebih sering terjadi pada orang yang telah menderita penyakit ini selama bertahun-tahun.Namun dengan cara mengontrol kadar gula darah dengan hati-hati dapat membantu mencegah atau menunda kerusakan saraf.

Itulah penyebab ketika anda mati rasa pada tangan ketika bangun tidur.Semoga artikel inj bisa bermanfaat untuk anda terima kasih.

  • Bagikan