Mengenal Jenis Kompresor Dan Fungsinya

  • Bagikan
jenis kompresor

Dalam berbagai bidang, tentu ada peralatan yang dapat membantu mempermudah pekerjaan seseorang saat bekerja di bidangnya itu. Baik peralatan berat maupun ringan mulai dari mesin hingga peralatan sederhana sering digunakan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Karena dengan alat bantu, manusia dapat bekerja lebih cepat dan mudah.

Ada alat bantu yang khusus digunakan untuk satu bidang pekerjaan saja, dan ada pula peralatan yang dapat dikerjakan diberbagai bidang. Peralatan yang dapat dikerjakan diberbagai bidang ini contohnya adalah kompresor. Kompresor merupakan sebuah mesin yang termasuk dalam peralatan mekanik yang berfungsi untuk menyalurkan angin atau udara dengan tekanan tertentu.

Alat ini termasuk salah satu mesin yang cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun kebutuhan rumahan. Untuk lebih mengenal mesin kompresor ini, berikut beberapa penjelasan mengenai jenis kompresor beserta fungsinya.

Jenis Mesin Kompresor

Hampir setiap mesin atau alat mekanik memiliki jenis yang cukup beragam. Keberagaman jenis ini biasanya menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaan dari mesin tersebut. Mesin kompresor sendiri memiliki beberapa jenis tergantung pada metode pengoperasiannya. Adapun jenis-jenis mesin kompresor berdasarkan metode pengoperasiannya diantaranya :

  • Kompresor berdasarkan metode kompresi : Kompresor rotari, kompresor piston, kompresor aksial, kompresor sentrifugal
  • Kompresor berdasarkan metode pelumasan : Kompresor berpelumas oli, kompresor bebas oli, kompresor berpelumas air
  • Kompresor berdasarkan metode pendinginan : Kompresor berpendingin air, kompresor berpendingin udara
  • Kompresor berdasarkan metode kontrol : Kompresor inventer, kompresor unload control

Jenis kompresor pada dasarnya cukup banyak karena mesin kompresorcukup sering digunakan dalam berbagai bidang. Bentuk setiap jenis kompresor juga berbeda-beda tergantung pada metode pengoperasian yang dimilikinya. Ada kompresor yang berbentuk tabung posisi datar dan tegak berdiri, dan ada pula kompresor yang berbentuk kotak. Contohnya dapat anda lihat pada gambar berikut ini.

jenis kompresor

Fungsi Mesin Kompresor

Setelah mengetahui jenis-jenis mesin kompresor, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas fungsi yang dimiliki oleh mesin kompresor. Seperti disampaikan sebelumnya bahwa kompresor merupakan mesin yang menyalurkan angin atau udara dengan tekanan tertentu.

Karena fungsinya yang memang sangat dibutuhkan manusia maka mesin kompresor ini memiliki beberapa fungsi utama yang bersinggungan langsung dengan kehidupan masyarakat. Banyak masyarakat dari berbagai bidang yang menggunakan mesin ini dalam kesehariannya. Penggunaan mesin kompresor di masyarakat biasanya menyesuaikan dengan jenis kompresor tersebut. Beberapa fungsi mesin kompresor yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya :

  • Mengisi udara pada ban kendaraan
  • Menyuplai kebutuhan udara penyelam
  • Menyuplai kebutuhan untuk mengisi silinder dan tabung gas dengan udara yang bersih dan memiliki tekanan yang tinggi
  • Menyuplai udara untuk air brush
  • Menyuplai udara untuk alat spray
  • Menyuplai udara di bangunan-bangunan perkantoran dan sekolah
  • Menghasilkan suplai udara bertekanan tinggi untuk kebutuhan industri

Selain dari fungsi diatas, masih ada berbagai fungsi lain yang dimiliki oleh mesin kompresor menyesuaikan dengan jenis dan bentuk dari mesin kompresor itu sendiri.

Cara Kerja Kompresor Angin

Setelah tau jenis dan fungsi kompresor, ternyata cara kerja mesin kompresor juga sering menjadi informasi yang cukup banyak dicari. Untuk itu kami akan coba sampaikan juga informasi tentang cara kerja kompresor angin. Seperti disampaikan sebelumnya, mesin kompresor bekerja dengan cara menghasilkan angin atau udara dengan tekanan tertentu.

Sederhananya, kompresor bekerja dengan cara mengambil udara dari dari luar dengan bantuan piston dan klep. Yang kemudian memasukkan udara tersebut kedalam tabung kompresor hingga sangat padat. Sebelum akhirnya menyalurkan udara tersebut ke tempat tujuan dengan tekanan yang dihasilkan dari kepadatan udara dalam tabung. Jadi saat disalurkan oleh kompresor, udara tersebut telah memiliki tekanan yang berbeda dengan sebelumnya.

Proses masuknya udara melalui tenaga piston dan klep ini cara kerjanya seperti kita bernafas ya guys. Jadi saat piston bergerak maju maka angin dari luar tersedot. Klep angin 1 terbuka pada saat piston bergerak maju tadi. Dan saat piston bergerak mundur, klep angin 1 akan tertutup dan klep angin 2 akan terbuka. Saat klep angin 2 terbuka maka angin yang didorong oleh piston akan masuk kedalam tabung. Gerakan ini terjadi sangat cepat dan terus menerus sehingga udara dapat terisi dengan cepat.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis mesin kompresor, fungsi, hingga cara kerja mesin kompresor. Semoga informasi yang kami sampaikan disini cukup jelas untuk kalian pahami. Jadi informasi yang kami sampaikan dapat kalian tangkap dengan baik dan dapat kalian mengerti.

  • Bagikan