Presiden Jokowi Tanam Benih Jagung Bersama Petani Sorong,Papua Barat

  • Bagikan

Webazril.com- Presiden Jokowi bersama petani tanam benih jagung di Kabupaten Serong,Papua Barat. Untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

Presiden Jokowi Tanam Benih Jagung

Presiden Jokowi Tanam Benih Jagung
Presiden Jokowi tanam benih jagung bersama warga Sorong,Papua Barat /Twitter@BaseemaHeluwa

Provinsi Papua Barat di yakini memiliki potensi yang sangat besar untuk di kembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia bagian Timur.

Oleh sebab itu pemerintah akan terus berupaya meningkatkan produktivitas pertanian di seluruh kabupaten Provinsi yang ada di tanah Papua Barat.

Baca juga : Presiden Jokowi Salurkan Modal Ke PKL,Di Kota Tarakan Kalimantan Utara

Seperti yang telah di sampaikan oleh Presiden Jokowi, setelah melakukan menanam benih jagung bersama para petani di desa Klamesen, Kecamatan Mariat, Kabupaten Serong, Papua Barat. Pada hari Selasa Tanggal 4 Oktober 2021.

Sperti yang di jelaskan oleh Presiden Jokowi,   untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengubah sistem tanam awalnya satu kali setahun sekarang menjadi dua kali dalam setahun lebih bagusnya lagi tiga kali setahun agar kebutuhan panangan di Papua bisa di siapkan oleh Papua sendiri.

Presiden Jokowi mengungkapkan, bahwa wilayah Indonesia bagian timur meliki wilayah yang sangat luas tetapi sayangnya, lahan pertanian tersebut belum di manfaatkan dengan baik.

Baca juga : Inilah P6 ATAV V1, Kendaraan Taktis Milik Pengaman Pasukan Presiden

Dalam kunjunganya Presiden mengatakan, di Papua Barat terdapat 11.000 hektar tanaman jagung di seluruh Provinsi sertan 7 juta hektar untuk tanaman pangan dan holtikultura. Provinsi papua memliki lahan yang sangat luas tetapi hanya di manfaatkan hanya 33 persen.

Presiden Jokowi meminta kepada kementrian pertanian dan juga pemerintah provinsi setempat, untuk memaksimalkan potensi lahan pertanian supaya bisa meningkatkan produksinya.

Jokowi juga mengajak para petani milenial untuk terus di latih agar dapat mendukung aktivitas sektor pertanian di provinsi tersebut.

Baca juga : PPKM Level 2 Di Perpanjang Untuk Wilayah Jawa Bali,Terdiri 54 Kabupten kota

Presiden mengungkapkan, sudah ada 800 para petani yang sudah di latih oleh pak Mentri Pertanian tetapi jumlah tersebut masih kurang cukup kata Presiden Jokowi, seharunya di targetkan minimal 2.000-an petani.

Jokowi menyakinkan, jika mereka di beri kepercayaan akan mampuh menjaga dan menciptakan ketahanan pangan utamanya, untuk di Provinsi Papua Barat khususnya di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini Presiden juga meminta kepada pemerintah sektor penyalur modal agar mendukung para petani supaya bisa mengembankan dan meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

Baca juga : Kaporli Ungkap Pinjol Ilegal Merugikan Masyarakat,Perintahkan Jajaran Untuk Tindak Tegas

” Saya juga tadi melihat pengguna teknologi pertanian, lalu akan di berikan akses untuk modal usaha juga irigasi ini, irigasi cacingnya juga akan di perbaiki oleh Kementrian Pertanian dan juga akan di berikan pelatihan -pelatihan yang bersangkutan dengan teknologi pertanian ” Ungkap presiden Jokowi di kutip dari chanel YouTube @Sekretariat Presiden pada hari Selasa 19 Oktober 2021.

Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Pak Jokowi juga berkesempatan menanam benih jagung bersama masyarakat  sorong.

Baca juga Informasi berita terlengkap

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.