Gunung Semeru Meletus, Inilah 4 mitos dan Ungkapan Warga Sebelum Kejadian

  • Bagikan
Gunung Semeru Meletus
Gunung Semeru meletus


webazril.com   – Inilah Mitos dan Asal Mula Kejadian Letusan Gunung Semeru pada 4 Desember 2021, Lumajang, Jawa Timur

Seperti yang diketahui dari berbagai sumber , gunung semeru yang terletak di kabupaten malang dab lumajang, Jawa Timur , meletus pada Sabtu 4 Desember 2021.

Gunung Semeru adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terketak di Jawa Barat Indonesia.

Perlu ada ketahui bahwa gunung semeru adalah gunung tertunggi di pulau Jawa, dengan puncak mahameru 3,676 meter dari permukaan laut.

Awal mula sebelum kejadian letusan gunung semeru, warga sekitar yang telah melihat beberapa keanehan di aliran sungai yang berada di kaki gunung tersebut.

Air pun mengalir jernih secara tiba – tiba dan berubah menjadi kecoklatan serta mendadak menjadi tinggi .

Awal mulai letusan gunung semeru setelah warga melihat keanehan yang tadi , warga mulai merasakan getaran kecis dan di sertai suara yang menggelegar .

Saat itulah warga panik dan melihat dari kejauhan asap pekat berwarna abu keluar dari mulut gunung.

Setelah itu, Gunung Semeru kembali meletus pada 2 Februari 1994 lalu. Setelah itu pada tahun 2000-an terjadi 8 kali letusan.

Dan letusan besar terjadi pada Natal 2002. Kemudian pada 1 Desember 2020, Gunung Semeru kembali meletus diikuti guguran awan panas dari puncak, dengan jarak luncur 2 kilometer hingga 11 kilometer.

Inilah 4 mitos gunung semeru,  Lumajang, Jawa Timur sebagai berikut:

1. Kuncen Gunung Semeru Mbah Dipo

Masyarakat sekitar percaya bahwa Mbah Dipo memiliki keahlian menangkap pesan dari makhluk tak kasat mata di Gunung Semeru.

Ada sebuah mitos yang menyebut kalau Gunung Semeru meletus, maka disarankan untuk pergi ke arah sungai, jangan ke arah Gunung Sawur.

2. Misteri Kawasan Kelik

Kawasan Kelik adalah lokasi di mana terletak beberapa batu sebagai semacam “nisan” orang-orang yang meninggal dunia di Gunung Semeru.

Salah satunya milik Soe Hok Gie. Konon, di kawasan Kelik para pendaki sering mengalami kesurupan oleh roh manusia atau roh binatang.

3. Tanjakan Cinta

Mitos paling populer di Gunung Semeru yakni adanya Tanjakan Cinta. Konon tanjakan yang tak terlalu curam ini memiliki mitos yang dikaitkan dengan kisah percintaan.

Jika pendaki yang datang berjalan melewati Tanjakan Cinta tanpa istirahat dan tidak menoleh ke belakang, maka kisah percintaan yang diharapkan akan terkabul.

4.Dewi Penunggu Ranu Kumbolo

Konon, ada sebuat mitos yang menyebut ada seorang dewi yang menyerupai seorang wanita yang kerap muncul dengan mengenakan pakaian kebaya kuning dan kemunculannya ditandi dengan kepulan asap saat bulan purnama datang.

  • Bagikan