Hal Wajib Diperhatikan Untuk Membuat Website Commerce Menggunakan WordPress

  • Bagikan
ecoomerce

Membuat website e-commerce atau jualan online menggunakan WordPress sangat memungkinkan karena WordPress sendiri dapat dibuat untuk berbagai macam jenis situs.

Memiliki website untuk bisnis kalian tentunya sangat bermanfaat baik dari segi kepercayaan dan kemudahan bertransaksi bagi pembeli karena pembeli cukup melakukan order melalui website yang kalian miliki tanpa harus mendatangi Toko kalian.

Bagi kalian yang ingin membuat sebuah website untuk menjual bermacam produk, kalian bisa menggunakan Content Management Sistem ( CMS ) WordPress. WordPress sendiri support loh untuk jenis website e-commerce.

Membuat website dengan jenis e-commerce atau jualan online pun sangat mudah dilakukan bahkan kalian dapat membuatnya sendiri. Meski demikian ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika kalian akan membuat website e-commerce menggunakan WordPress.

Hal Wajib Diperhatikan Untuk Membuat Website Commerce Menggunakan WordPress

1. Hosting

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah pemilihan hosting, ada banyak sekali penyedia layanan hosting yang dapat kalian temukan mulai dari yang harganya murah hingga mahal.

Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan tapi kalian harus lebih teliti dalam memilihnya, adapun hal yang wajib kalian perhatikan ketika memilih hosting sebagai berikut :

  1. Pastikan Layanan Yang kalian gunakan terpercaya.
  2. Harga berlangganan hosting itu sendiri
  3. Spesifikasi hosting mulai dari penyimpanan, batas user perbulan, bandwith dan syarat rinci lainnya.

2. Domain

Hal kedua yang wajib diperhatikan adalah pemilihan nama domain, Domain sendiri mencermikan isi dan tujuan dari website yang kalian buat. Jadi gunakanlah nama domain yang terbaik sesuai dengan pilihan kalian.

3. Tema

Setelah kalian memilih hosting, domain dan membuatnya hal ketiga yang wajib kalian perhatikan adalah pemilihan tema, untuk tema kalian dapat menggunakan jasa pembuatan website atau yang lebih mudah kalian dapat membeli tema e-commerce pada jasa ataupun layanan penjualan tema.

Pastikan tema yang kalian gunakan merupakan tema khusus e-commerce ya, karena tema yang dikhususkan untuk e-commerce berbeda dengan tema website berjenis lainnya mulai dari fitur dan fungsinya.

Jika kalian menggunakan tema yang berbasis e-commerce tentunya kalian hanya perlu melakukan setting yang tidak terlalu rumit dalam hal mengupload produk dan lainnya.

4. Plugin Ongkos Kirim

Yang ke empat adalah menggunakan plugin ongkos kirim, Dengan menggunakan plugin ongkos kirim akan memudahkan pembeli mengetahui total biaya yang harus dibayarkan hingga barang ataupun produk yang dibeli sampai dirumah.

Selain memudahkan pembeli, plugin ongkos kirim juga membuat kalian sebagai penjual lebih mudah loh, kalian hanya perlu menginput harga barang yang kalian jual saja tanpa repot menambahkan biaya pengiriman.

5. Plugin Cek Resi

Plugin cek resi boleh dikatakan penting tidak penting, menggunakan plugin cek resi tentunya akan membuat pelanggan lebih mudah dalam melacak keberadaan barang yang dibelinya langsung melalui website yang kalian miliki tanpa harus melakukan pengecekkan ke situs jasa pengiriman.

6. Metode Pembayaran

Yang terakhir dan paling penting adalah metode pembayaran. Sebagai toko online tentunya kalian harus memiliki banyak sekali metode pembayaran untuk mempermudah pembeli dalam melakukan pembayaran.

Ada banyak sekali metode peembayaran yang tersedia saat ini, normalnya kalian harus melakukan registrasi satu persatu untuk menggunakan metode pembayaran yang akan kalian gunakan.

Eitss, untuk mempermudah kallian dalam menggunakan metode pembayaran, kalian dapat menggunakan Payment Service Provider seperti Durianpay yang menyediakan layanan Payment Aggregator.

Dengan menggunakan layanan Durianpay, kalian bisa menerima berbagai metode pembayaran dengan satu akun loh gak perlu lagi deh buat akun masing-masing metode pembayaran.

Dengan menggunakan layanan Durianpay kalian juga akan lebih mudah dalam melakukan pengecekkan keuangan dari penjualan melalui website yang kalian miliki.

Itulah tadi Hal Wajib Diperhatikan Untuk Membuat Website Commerce Menggunakan WordPress, semoga membantu kalian

  • Bagikan