Cara Membuat VPN 2022

  • Bagikan

Cara membuat VPN sangatlah mudah dan hampir dapat dilakukan oleh semua orang meski kalian masih pemula.

Pada artikel ini kami menggunakan salah satu layanan cloud server yang sudah terkenal yaitu Vultr. Vultr sendiri merupakanperusahaan penyedia layanan cloud server yang sangat baik mulai dari hardware yang mereka gunakan hingga biaya yang tergolong murah mulai dari $5/bulan.

Vultr juga menyediakan berbagai macam tipe Operating Sistem Linux hingga Windows serta ada banyak sekali aplikasi yang disediakan.

Sebelum kita memulai ada baiknya kita mengetahui dulu megenai VPN serta fungsi dan manfaatnya.

Apa itu VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah layanan yang memungkinkan kalian sebagai pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain.

Dapat dikatakan, VPN menghubungkan komputer atau HP ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga kalian dapat mengakses internet secara pribadi.

Tanpa menggunakan VPN maka koneksi kita harus melalui local network – public nerwork barulah ke server atau situs tujuan.

Dalam artian sederhana, ketika kita membuka suatu situs, terlebih dahulu kita harus melewati jaringan dari provider yang kita gunakan ( pada tahap inilah dibuat rules-rules tertentu hingga pemblokiran situs ) barulah kita sampai pada situs yang ingin kita kunjungi.

Jika kita menggunakan VPN , maka kita membypass jalur koneksi dan langsing menuju situs yang ingin kita kunjungi.

Dengan menggunakan VPN tentunya kecepatan akses kita lebih cepat ketimbang tanpa menggunakan VPN.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain untuk menyembunyikan identitas asli, VPN juga berguna untuk membatasi riwayat penelusuran kalian oleh ISP dan pemerintah. Meski demikian ada beberapa kekurangan penggunaan VPN, salah satunya adalah koneksi yang terkadang lebih lambat.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan VPN.

KELEBIHANKEKURANGAN
Kerahasiaan data lebih aman.Koneksi lebih lambat.
Bisa mengakses website terblok.Koneksi tidak stabil.
Identitas IP asli tidak langsung diketahui.Konfigurasi manual cukup rumit.
Akses jaringan dari lokasi yang berbeda.Ada batasan penggunaan.

Setelah bicara panjang lebar mengenai VPN, kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat VPN menggunakanVULTR secara lengkap. Simak terus ya,

Langkah membuat VPN di VULTR

Setelah kalian membuat akun atau kalian yang telah memiliki akun tentunya login terlebih dahulu dan ikuti langkah berikut ini :

1. Membuat Server VPN

  1. Klik logo +
  2. Klik Deploy New Server
  3. Pilih tipe server ( untuk harga yang murah kalian dapat memilih Cloud Compute atau High Frequency)
  4. Pilih lokasi server sesuai keinginan kalian
  5. Pada menu Server Type kalian pilih Marketplace Apps
  6. Pilih OPENVPN
  7. Klik Deploy Now
  8. Tunggu hingga proses pembuatan server selesai ditandai dengan munculnya IP Address seperti gambar diatas.

2. Mengakses server VPN

Setelah server VPN kalian selesai, kalian dapat klik server yang kaian buat tadi maka kalian akan melihat keterangan server VPN mulai dari IP, username, Password.

Untuk setting VPN yang kalian buat, kalian cukup klik URL IP kemudian login menggunakan user dan password yang ada pada panel VULTR.

Ketika pertama kali mengakses Control panel VPN akan muncul peringatan koneksi Anda tidak pribadi. Kalian cukup klik tombol advance atau lanjutan kemudian klik lanjutkan ke ipvpn kalian

3. Setting VPN

Sebelum kalian dapat menggunakan VPN yang kalian buat, sebelumnya kalian harus setting terlebih dahulu VPN kalian. Berikut langkahnya

  1. Login menggunakan url, user dan password yang telah diberikan
  2. Klik Menu Profiles Management
  3. tulis comment kemudian klik Create
  4. Setelah klik create maka akan otomati mengunduh file configurasi VPN kalian yang dapat kalian gunakan untuk mengakses VPN menggunakan aplikasi Openvpn
  5. Klik Back
  6. Klik Go to admin panel ( login menggunakan user dan password yang ada pada dashboard vultr tadi.
  7. klik Agree
  8. Masukkan kode aktifasi kemudian klik Activate (langkah mendapatkan kode aktifasi ada pada akhir artikel)
  9. VPN kalian sudah siap digunakan (silahkan download aplikasi OPENVPN di Playstore atau untuk komputer kaliankemudian buka file konfigurasi yang telah kalian download tadi maka otomatis membuat profile)
  10. Silahkan konekkan VPN kalian dan selamat kalian sudah menggunakan VPN

Itulah tadi cara membuat VPN yang dapat kalian coba lakukan sendiri. Tapi apabila kalian tidak ingin repot-repot membuatnya kalian bisa menggunakan aplikasi VPN Android Gratis dari Newbie VPN yang sangat direkomendasikan karena kecepatan serta kemananannya yang terjamin dan tentunya memiliki server indonesia.

  • Bagikan