crossorigin="anonymous">
Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

Gaya renang terbagi menjadi beberapa gaya utama, yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada yang setiap gayanya memiliki teknik yang berbeda-beda. Biasanya untuk Anda yang baru pertama kali belajar berenang akan di fokuskan terlebih dahulu pada renang gaya bebas. Sehingga lebih mudah untuk mempelajari bagaimana pergerakan tangan dan kaki pada saat berenang hingga cara bernafas supaya tidak mudah kelelahan. Di antara 4 gaya renang utama itu, tentu saja gaya berenang kupu-kupu ialah yang paling sulit. Namun semuanya tidak akan sulit apabila Anda langsung mengikuti les renang yang dipandu dengan instruktur berpengalaman.

Olahraga berenang memiliki fungsi utama untuk membangun kekuatan stamina, otot, dan jantung Anda supaya lebih sehat dan tentunya agar badan dapat bergerak aktif secara keseluruhan. Sehingga bagi Anda yang memiliki berat badan yang tidak ideal, tentu olahraga renang menjadi salah satu olahraga paling seru untuk dilakukan. Selain dapat menyehatkan, olahraga renang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih ideal.

Berikut ialah beberapa gaya renang beserta penjelasannya.

Gaya Renang Bebas

Renang dengan gaya bebas adalah teknik berenang paling dasar daripada teknik berenang lainnya. Terdapat 3 cara yang harus dipahami supaya bisa berenang dengan gaya bebas secara sempurna, yaitu belajar gerakan kaki yang mengepakkan air, gerakan lengan tangan, serta mengatur pernapasan supaya tidak mudah kelelahan pada saat berenang. Cukup mudah bukan? Maka dari itu renang gaya bebas adalah teknik berenang paling dasar apabila Anda baru berlatih renang. Untuk dapat melatih pergerakan berenang gaya bebas Anda, silakan ikuti panduannya di bawah ini.

  • Posisi badan agak telungkup, bagian dada dan perut menghadap ke bawah air (lantai kolam).
  • Menggerakkan kaki dari atas ke bawah dengan cara mengepakkannya ke air.
  • Di waktu yang sama juga Anda harus menggerakkan lengan tangan kanan dan kiri secara bergantian ke air seperti layaknya kincir air.
  • Mendorong seluruh bagian tubuh ke depan dengan kecepatan yang sedang.
BACA JUGA :  Kerajaan Pajajaran - Sejarah, Peninggalan, Silsilah, Lokasi, Prasasti, Raja

Apabila teknik berenang gaya bebas ini dilakukan dengan benar, maka Anda bisa renang jarak jauh tanpa merasa lelah dan tentu saja dengan waktu yang cepat. Lantas apa saja manfaat renang gaya bebas jika dibandingkan dengan renang gaya yang lainnya? Berikut beberapa manfaat berenang gaya bebas.

  • Membakar lemak dan kalori dalam jumlah yang banyak secara singkat
  • Melatih pergerakan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki
  • Mampu membentuk otot punggung dengan cepat

Gaya Renang Kupu-Kupu

Gaya berenang kupu-kupu ini diberikan nama demikian karena pergerakan renang dengan gaya ini mirip seperti hewan kupu-kupu. Teknik berenang gaya kupu-kupu ialah yang paling sulit, karena membutuhkan stamina yang prima dan koordinasi tubuh yang baik. Jadi tidak heran jika banyak sekali tes masuk polisi atau tentara yang wajib di tes menggunakan gaya berenang kupu-kupu. Untuk Anda yang mau mempelajari gaya berenang kupu-kupu bisa langsung ikuti langkah-langkah selanjutnya ini.

Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

  • Lengan harus digerakkan secara lurus dan bersamaan dengan melewati bagian atas kepala
  • Kaki digerakkan terus menerus agar dapat berenang dengan optimal
  • Badan harus telungkup saat berenang
  • Mengatur pernapasan ekstra karena bagian dada akan menjadi tumpuan beban Anda
  • Menjaga kestabilan berenang dengan cara menggerakkan seluruh bagian tubuh berirama secara kompak

Sulitnya gaya renang kupu-kupu ini tentu mewajibkan Anda untuk berenang didampingi dengan instruktur renang agar cepat bisa, karena biasanya hanya perenang yang sudah berpengalaman saja yang bisa berenang menggunakan teknik ini. Sehingga apabila Anda berhasil mempelajari teknik berenang gaya kupu-kupu, maka Anda bisa dikatakan sebagai perenang yang sudah cukup mahir. Berikut ialah manfaat berenang gaya kupu-kupu.

  • Membakar paling banyak kalori dibanding berenang gaya lainnya
  • Sangat efektif untuk melatih otot perut dan badan bagian atas
  • Meningkatkan kelenturan tubuh secara menyeluruh
BACA JUGA :  Kerajaan Pajang - Sejarah, Letak, Peninggalan, Masa Kejayaan, Pendiri

Gaya Renang Punggung

Renang gaya punggung memiliki tantangan lebih sulit jika dibandingkan dengan berenang gaya bebas. Berenang dengan gaya punggung ini juga kurang lebih mirip dengan berenang gaya bebas, namun terdapat perbedaan pada posisi badan serta gerakan tangan yang diayunkan secara terbalik. Berikut cara berenang gaya punggung dengan benar.

  • Badan diposisikan terbalik / terlentang, sehingga dada dan perut menghadap ke atas
  • Menggerakkan lengan tangan ke belakang
  • Gerakkan kaki dilakukan dengan cara mengepak air dari atas kebawah

Gaya berenang ini sangan direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah penyakit di area punggung agar dapat melatih punggung supaya lebih kuat dan tentunya lebih sehat dari biasanya. Jika Anda baru mempelajari gaya renang ini, alangkah baiknya mempelajari berenang gaya bebas terlebih dahulu agar bagian punggung tidak mudah mengalami keram dan sangat dianjurkan untuk didampingi dengan pelatih renang. Ketika Anda sudah bisa renang gaya punggung, maka Anda akan merasakan beberapa manfaat renang dengan teknik ini sebagai selanjutnya.

  • Meningkatkan kelenturan area pinggul dan punggung
  • Membakar kalori yang banyak di sekitar area punggung
  • Membentuk otot punggung agar postur tubuh menjadi lebih baik
  • Melatih otot kaki dan tangan agar lebih kuat dan berenergi

Gaya Renang Dada

Renang dengan gaya dada dinilai lebih ringan daripada renang dengan teknik lainnya karena dengan teknik ini bagian kepala akan selalu berada di atas air. Jadi berenang gaya dada adalah teknik berenang paling hemat energi dan mudah untuk mengatur pernapasan dengan santai. Jadi apabila Anda hendak berenang jarak jauh, tentu berenang gaya dada yang paling di rekomendasikan. Berikut cara berenang dengan menggunakan gaya dada.

  • Mencoba untuk mendorong bagian badan ke atas dan ke depan agar posisi kepala bisa selalu berada di atas air
  • Meringankan tubuh dengan cara perut menghadap ke bawah atau dasar kolam
  • Menggerakkan lengan tangan dengan cepat dan berirama agar dapat berenang dengan optimal dan stabil
  • Menekuk bagian kaki kemudian menendang ke belakang dengan terus-terusan
BACA JUGA :  Shopee Indonesia | Jual Beli di Ponsel dan Online

Berenang gaya dada ini tentu menjadi teknik berenang kedua yang direkomendasikan untuk para pemula yang baru saja belajar berenang. Selain mudah dipahami dan di ikuti, renang dengan gaya dada mampu memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti di bawah ini.

  • Mampu membakar banyak lemak dan kalori dengan cepat
  • Melatih otot paha dan dada dengan sangat baik agar cepat memproses pembentukan otot di area tersebut
  • Salah satu jenis olahraga yang baik untuk melatih jantung supaya dapat selalu sehat

Berenang bisa memberikan banyak sekali manfaat ke tubuh Anda, karena sudah banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa berenang bisa membakar banyak lemak dan kalori dengan jumlah yang besar secara singkat. Tidak hanya itu saja, berenang juga mampu menurunkan risiko sakit jantung.

Nah itulah pembahasan artikel mengenai macam-macam gaya renang yang paling populer di Indonesia, semoga artikel di blog pendidikan untuk semua ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

About Bangkit Sri lugina

Macam-Macam Gaya Renang dan Penjelasannya

Check Also

Kerajaan Pajang - Sejarah, Letak, Peninggalan, Masa Kejayaan, Pendiri

Kerajaan Pajang – Sejarah, Letak, Peninggalan, Masa Kejayaan, Pendiri

Kerajaan Pajang ini juga disebut dengan istilah kesultanan yang pusat kekuasaannya di Jawa Tengah untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *